Ketimbang menelantarkan loteng sebagai gudang atau tempat bersarang tikus yang membuat kotor hunian Anda, lebih baik memanfaatkannya sebagai kamar tambahan. Ide ini tentunya jauh lebih baik sekaligus menantang bukan? Menyulap loteng yang terdapat di bagian paling atas interior rumah bukanlah perkara mudah. Terdapat beberapa hal yang mesti dipertimbangkan dan persiapkan bila ingin mendapatkan hasil terbaik.

Terbaik bukan berarti indah, tapi nyaman. Bentuk dan letak loteng yang tak biasa ini membutuhkan trik khusus, tak seperti bagian rumah lainnya. Bila kediaman Anda termasuk yang sempit sedangkan Anda membutuhkan kamar lagi, tak ada salahnya untuk mencoba ide ini. Yuk simak trik mendesain kamar loteng yang nyaman berikut!

1. Perhatikan Strukturnya

Tak semua loteng bisa diubah menjadi kamar, tapi loteng yang memiliki struktur kuat lah yang bisa. Ini merupakan faktor yang sangat penting, karena ruangan tersebut nantinya akan diisi dengan bermacam properti pendukung seperti tempat tidur, meja, almari, dan perabot lainnya yang mempunyai berat yang berbeda-beda. Untuk itu struktur ketahanan pondasi loteng menjadi penting dalam hal ini.

 

2. Ketinggian

Bentuk disini bisa diartikan sebagai ketinggian. Perhatikan ketinggian antara langit-langit dan posisi Anda saat berdiri di sana. Agar hasilnya maksimal, tinggi loteng harus lebih tinggi dari saat Anda berdiri di tempat tersebut agar kepala Anda tak terantuk dinding langit rumah.

 

3. Akses Lalu Lintas ke Loteng

Kemudahan akses yang dimaksud adalah bagaimana Anda masuk ke loteng, seperti menggunakan tangga. Jenis tangga yang lebih baik yaitu menggunakan tangga built-in untuk memudahkan Anda membawa barang-barang. Selain itu Anda juga harus memiliki cukup ruang untuk berlalu lalang di sekitar loteng. Sebagai kemanan di sekitar tangga, diperlukan pula teralis. Buatlah teralis yang tak terlalu memakan tempat dan sesuaikan dengan luas loteng.

 

4. Jendela Loteng Kamar

Pemasangan-Jendela-Pada-Kamar-Loteng
Pemasangan-Jendela-Pada-Kamar-Loteng

Jendela ini berfungsi memberikan akses masuknya sinar matahari ke loteng kamar. Perhatikan di mana Anda akan meletakkannnya, menghadap ke arah utara dan timur atau barat dan selatan. Jika menghadap utara dan timur Anda akan mendapatkan cahaya lembut. Jika menghadapi ke arah barat dan selatan, Anda akan mendapatkan terlalu banyak panas matahari ketika sore hari.

 

5. Suhu dan Cuaca di Loteng

Perhatikan bagaimana suhu udara di loteng kamar Anda, karena ruangan ini yang akan pertama terkena paparan cuaca dari luar. Musim kemarau, suhu di loteng pasti akan panas, begitu juga saat turun hujan, suhu pun berubah jadi dingin.  Untuk menyiasatinya Anda dapat memiliki sistem pengatur suhu di loteng sehingga Anda dapat mengatur suhu sesuai dengan kondisi yang Anda inginkan. Cara lainnya adalah genting rumah harus dipasang semacam alumunium foil agar bisa mereduksi panas.

 

6. Pemilihan Material

Agar tidak membebani struktur di bawahnya, pilihlah material lantai yang ringan, misalnya kayu yang dilapisi anti rayap. Jangan menggunakan keramik atau granit. Lantai kayu juga mampu memberikan kehangatan saat cuaca agak dingin.

 

7. Ukuran Furnitur

Sewaktu pengisian perabotan, Anda perlu mempertimbangkan ukuran loteng dan perabotan itu sendiri, khususnya almari yang biasanya didesain cukup tinggi. Sebagai solusi, Anda bisa merancang sendiri almari untuk kamar loteng Anda ini yang pas dengan tinggi loteng.

 

Bila sudah menjalankan ketujuh trik di atas, terserah bagaimana Anda akan mendesainnya nanti. Untuk mendapatkan perabotan rumah yang bagus dan ramah di kantong, Pricearea memiliki penawaran menarik untuk Anda mulai dari perabot rumah dan taman serta berbagai perlengkapan dekorasi rumah. lainnya. Semoga trik mendesain kamar loteng dari kami bisa membantu Anda. Selamat mencoba!

Comments

comments