Kemajuan Teknologi Bagaikan Pisau Bermata Dua – Kalau kita melihat judul seperti diatas mungkin ada yang bertanya-tanya, maksudnya seperti apa sih? Hmm, sebelum kita melangkah jauh mari kita bahas, apa sih teknologi itu?

Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ yang artinya cara dan  “logos” artinya pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Namun pengertian teknologi  secara  bahasa adalah suatu alat yang mampu untuk mempermudah atau memperlancar suatu pekerjaan manusia.

Kemajuan teknologi memang tak bisa dihindari. Kemajuan teknologi telah membawa dampak bagi kehidupan kita baik dampak positif maupun  dampak negatif yang diperoleh akibat kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh teknologi kepada kita dan meminimalisasikan waktu dan tenaga yang diperlukan untuk mendapatkan/memenuhi kebutuhan manusia.

Ilustrasi Kemajuan Teknologi Bagaikan Pisau Bermata Dua
Ilustrasi Kemajuan Teknologi Bagaikan Pisau Bermata Dua

Beberapa orang ada yang menilai bahwa kemajuan teknologi merupakan hal yang merugikan. Sebenarnya itu persepsi yang salah. Mereka yang menilai seperti itu karena tidak siap menghadapi kemajuan teknologi atau biasanya mereka yang bertipe seperti itu dinamakan orang ‘kolot’ (Menurut orang Jawa).

Berikut ini adalah berbagai dampak positif dan dampak negatif dari kemajuan teknologi jika dilihat dari berbagai bidang :

A. Bidang Informasi dan Komunikasi

Dampak Positif :

1. Mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat.

Dahulu jika kita ingin mendapatkan sebuah informasi kita harus terjun ke area kejadian. Namun berbeda dengan sekarang, kita tak perlu jauh-jauh cukup dengan menonton televisi, mendengarkan radio, membuka internet ataupun cara lainnya.

2. Melakukan komunikasi dengan praktis dan mudah.

Sekarang ini komunikasi tak hanya sebatas sms atau telpon, karena sudah diciptakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Bahkan berbagai aplikasi chat sudah sangat banyak yang beredar  dan saling bersaing untuk mempermudah komunikasi antar manusia dengan menawarkan berbagai keunggulan masing-masing seperti video call gratis.

Dampak Negatif :

1. Beredar informasi hoax.

Karena kemudahan yang diberikan, siapapun bisa menyebarkan informasi melalui internet melalui blog salah satunya. Pihak yang tak bertanggung jawab tidak memedulikan apa dampak nantinya. Padahal informasi yang berada di internet dapat diakses dari berbagai penjuru dunia.

2. Privasi tak terjaga.

Adanya jejaring sosial memberikan kebebasan untuk mengakses segala infomasi seseorang baik itu yang privasi maupun  yang bukan privasi. Maka dari itu, menyebabkan maraknya kasus penculikan akibat jejaring social.

B. Bidang Pendidikan

Dampak positif :

1. Mengajar tak harus tatap muka

Banyak situs pendidikan online di internet dimana kita bisa mendapatkan pelajaran-pelajaran seperti yang ada di sekolah yang dapat diakses pada situs tersebut. Tentu menyenangkan bukan? Tanpa harus bergantung kepada seorang guru.

2. Perangkat multimedia yang membantu peran guru.

Dengan adanya peralatan multimedia seperti LCD proyektor, sound, dan sebagainya setidaknya membantu mengurangi kelelahan guru saat mengajar.

3. Bank Soal Gratis

Di internet sudah banyak kumpulan soal-soal beserta pembahasan yang GRATIS yang sangat berguna bagi siswa ataupun mahasiswa yang sedang berlatih atau ingin menguji kemampuannya.

4. Mengolah data nilai cepat dan akurat

Dahulu ketika ingin menghitung nilai rapor, kita harus menghitung satu per satu. Itu membutuhkan waktu yang lama dan belum tentu akurat. Berbeda dengan sekarang dengan adanya aplikasi pengolah data, semua masalah dapat cepat terselesaikan dan tentunya akurat.

5. Pendukung pemenuhan kebutuhan fasilitas pendidikan

Saat belum ada mesin fotokopi, mungkin kita harus menulis soal ujian satu per satu. Itu membuang waktu dan tenaga . Namun ketika mesin fotokopi hadir, ketika ingin memperbanyak soal ujian cukup memakai mesin fotokopi. Sangat mengurangi waktu dan tenaga yang terbuang.

Dampak Negatif :

1. Siswa tidak berpikir kreatif

Ketika siswa mendapat tugas sekolah, ada yang malas berpikir dan dengan mudahnya cari jawaban tugas di internet.

2. Malas belajar

Siswa akan malas belajar karena ketika ujian mereka dapat dengan mudahnya cari jawaban lewat sms ataupun internet. Cukup satu klik semua sudah tuntas.

3. Privasi penunjang pendidikan tak aman

Kebocoran soal ujian sering terjadi. Canggihnya teknologi rupanya disalahgunakan.

C. Bidang Sosial dan Budaya

Dampak Positif :

1. Komunikasi semakin dekat

Seiring berkembangnya jejaring soal dan aplikasi chatting yang gratis dan menawarkan berbagai keunggulan rupanya membuat manusia senang berinteraksi dengan sesamanya dan membuat semakin dekat.

2. Semakin beragam kebudayaan

Dengan mudahnya akses informasi, kita dapat menemukan berbagai budaya dari daerah lain ataupun negara lain.

Dampak Negatif :

1. Kurang peduli terhadap lingkungan

Iya memang pada zaman sekarang, komunikasi semakin praktis dan mudah apalagi di dunia maya. Di dunia maya semua terlihat sangat akrab padahal pada kenyataannya belum tentu seakrab itu. Hal itulah yang menimbulkan kita  kurang peduli terhadap lingkungan nyata.

2. Mudah terpengaruh budaya asing

Kebudayaan yang kita terima semakin beragam namun sayangnya terkadang kita tidak bisa memilih mana yang baik dan mana yang kurang baik. Seharusnya kita selektif terhadap berbagai budaya yang masuk.

D. Bidang Pertanian

Dampak Positif :

1. Mengolah tanah dengan mudah dan cepat

Dahulu ketika ingin membajak tanah menggunakan sapi atau kerbau. Namun sekarang kita tak perlu menggunakan salah satu hewan tersebut karena cukup dengan menggunkan traktor yang begitu efektif dan efisien.

Dampak Negatif :

1. Rusaknya tanah oleh pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan.

Penggunaan jenis pupuk kimia dan pestisida tertentu yang terus menerus tanpa memperhatikan kandungan kimia tanah maka akan terjadi penumpukan kadar kimia, sehingga keadaan kimia tanah tidak seimbang yang akan berakibat kurang baiknya pertumbuhan tanaman.

E. Bidang Kesehatan

Dampak Positif :

1. Ditemukannya keahlian dalam bidang operasi plastik.

Operasi plastik pada zaman sekarang ini mulai banyak yang menggemari. Mulai yang bertujuan untuk memancungkan hidung, operasi wajah, ataupun yang lainnya.

2. Ditemukannya alat-alat pengganti organ tubuh manusia yang telah rusak.

Sekarang ini sudah ada beberapa alat pengganti organ tubuh manusia seperti mata buatan atau mata donor.

Dampak Negatif :

1. Efek Radiasi

Alat komunikasi yang sering kita gunakan, HP ternyata berakibat buruk terhadap manusia.

Sebenarnya dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi tak hanya itu saja melainkan masih sangat banyak. Namun, asal Anda tahu, coba perhatikan antara dampak positif dan negatif memiliki jumlah yang seimbang. Hal inilah yang menunjukkan bahwa kemajuan teknologi bagaikan pisau bermata dua. Oleh karena itu, semua tergantung pada individu masing-masing. Jadi memang jelas bukan, jika ada yang mengatakan “kemajuan teknologi merupakan hal yang merugikan” itu sangat salah besar.

Untuk membentengi semua itu caranya cukup mudah kok. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kita harus mengingat siapa yang menciptakan. Untuk itu, mari mempertebal iman dan takwa kita. Tak hanya itu, pengawasan orang tua terhadap anak dalam menghadapi kemajuan teknologi sangat diperlukan. Dan yang terakhir, orang tua juga harus mengikuti kemajuan teknologi untuk melakukan kontrol sosial terhadap anaknya. Ayo pemuda bangsa, berpikir maju dengan teknologi! Karena kemajuan teknologi bagaikan pisau bermata dua.

Rosa Nur

Latest posts by Rosa Nur (see all)

Comments

comments