Sistem operasi mobile kini dikuasai oleh Android dan iOS. Masing-masing dari vendornya telah memiliki versi terbaru, yakni Android 5.0 Lollipop dan iOS 8.

Android-Lollipop
Android-Lollipop 

Walau Google dan Apple sama-sama sudah memaksimalkan pemberian fitur teranyar dalam OS masing-masing, tapi kekurangan akan tetap ada. Kelebihan Android tidak dimiliki iOS, begitu pula sebaliknya. Untuk memilih yang mana itu semua tergantung kebutuhan dan keputusan Anda.

Sebagai bahan referensi Anda, inilah kecanggihan 8 fitur Android L yang tidak dimiliki iOS 8:

  1. Battery Saving

Di Android 5.0, Google untuk pertama kalinya memperkenalkan fitur pengirit baterai yang bisa menambah sekitar 90 menit masa pakai perangkat Anda, yang belum diberikan Apple belum di iOS 8. Fitur yang sebelumnya bernama Project Volta ini bekerja dengan menonaktifkan konektivitas, mengurangi performa, dan lainnya.

[listingterkait judul=’Android L’]

  1. Smart Lock

Saat ini Android adalah satu-satunya OS yang membolehkan pengguna untuk membuka kunci perangkat dengan mem-pairing-nya dengan perangkat seperti smartwatch, ataupun ponsel dan tablet lain. Sementara untuk membuka kunci perangkat iOS saat ini hanya bisa menggunakan swipe, pin 4 digit, ataupun menggunakan sensor sidik jari.

 

  1. Manajemen Aplikasi

Mengenai aplikasi tambahan, sampai saat ini pengguna hanya bisa menginstal, membuka, atau menghapus di perangkat iOS. Sementara di Android, penggunanya bisa dengan bebas mengotak-atik berbagai macam aspek dari aplikasi di perangkatnya.

 

  1. Fitur Guest Mode

Google membuat sebuah perangkat Android yang bisa digunakan oleh banyak orang melalui fitur Guest Mode, contohnya oleh keluarga. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunci fitur tertentu agar tidak digunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Sementara Apple sepertinya masih menganggap bahwa perangkat mobile adalah sebuah perangkat pribadi, bukan untuk digunakan secara beramai-ramai.

 

  1. USB Mass Storage

Hingga saat ini, iPhone sudah tujuh tahun eksis sejak pertama diluncurkan, tapi ponsel itu tetap tidak bisa terhubung dengan Windows PC. Ia masih terbaca sebagai kamera digital, sementara jika perangkat Android yang dihubungkan, akan terdeteksi layaknya penyimpan portabel seperti flashdisk dan sejenisnya. OS Android pun mendukung ekspansi storage dengan menggunakan kartu microSD, fitur yang sampai saat ini belum ditemukan di iOS.

Comments

comments