Lebaran adalah momen yang spesial bagi masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim. Tidak ada momen yang lebih istimewa dibandingkan lebaran bagi umat muslim di Indonesia karena pada saat itu, umumnya semua anggota keluarga akan berkumpul. Tidak ada yang lebih indah dibanding berkumpul dengan keluarga besar. Untuk menyambut momen yang spesial tersebut tak jarang mereka mempersiapkan dengan sangat matang. Persiapan mental-spiritual sudah jelas karena sebulan penuh berpuasa. Selain itu, persiapan fisik-material pun tak kalah matangnya dipersiapkan. Salah satu persiapan untuk menyambut lebaran yang dilakukan masyarakat adalah merias rumah. Ya, tidak di desa tidak di kota, masyarakat cenderung akan merias rumahnya, paling tidak bersih-bersih, untuk menyambut lebaran.

Untuk menghias rumah, biasanya mereka mengecat ulang rumah mereka selain menambahkan beberapa hiasan rumah agar terlihat lebih menarik. Hiasan dan aksesoris inilah yang sering digunakan masyarakat untuk menghias rumah mereka saat lebaran tiba. Dari banyak sekali hiasan yang biasa digunakan untuk mempercantik rumah saat lebaran, ada satu jenis hiasan yang hampir selalu ada di dalam sebuah rumah saat lebaran. Bahkan bisa dikatakan hiasan ini adalah hiasan yang wajib dimiliki saat lebaran. Nah, apakah hiasan tersebut? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Hiasan Rumah yang Cocok untuk Sambut Lebaran

Hiasan Dinding

Ya, salah satu hiasan wajib untuk mempercantik rumah saat lebaran adalah hiasan dinding. Inilah ‘hiasan wajib’ saat lebaran. Orang sering menggunakan hiasan dinding karena dirasa hiasan ini paling mudah, murah dan tidak sulit ditemukan. Selain itu, efeknya untuk ruangan juga cukup signifikan. Sementara itu, kita tahu, banyaknya jenis hiasan dinding tidak hanya dua atau tiga buah saja. Orang sering mempergunakannya tergantung selera dan kebutuham mereka. Kita banyak tahu tentang hiasan dinding yang biasa dipakai masyarakat untuk menghias rumah mereka saat lebaran, misalnya saja lukisan dinding, kaligrafi, aksesoris keramik, dan masih banyak lagi macamnya, Kita akan bahas satu-satu

Pertama adalah lukisan. Bagaimanapun lukisan telah digunakan orang untuk menghias rumah mereka tidak hanya saat lebaran. Namun, momen spesial tersebut tentunya memiliki cirri khas lukisan tersendiri. Biasanya yang dipasang di dinding adalah lukisan yang berbau islam, seperti gambar masjid, kakbah, hingga lukisan alam yang menggambarkan kebesaran Tuhan YME. Biasanya mereka hanya menggunakan lukisan-lukisan yang dijual di toko yang harganya hanya ratusan ribu rupiah. Bukan lukisan eksklusif memang, namun sudah cukup untuk menghias ruangan agar terlihat makin cantik.

Hiasan Rumah

Kedua adalah Kaligrafi. Mungkin inilah yang paling populer di kalangan masyarakat. Nuansa kaligrafi sangat Islami sekali tanpa menghilangkan sisi artistiknya. Kumpulan huruf yang biasannya membentuk sebuah ayat dibentuk dalam kerangka tertentu sehingga menghasilkan karya yang luar biasa. Di Indonesia sendiri seni kaligrafi sudah cukup populer sejak dulu sehingga bila anda ingin memilikinya tidak perlu repot-repot mencari. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kerajinan kaligrafi tersendiri.

Hiasan Rumah

Ketiga adalah aksesoris keramik. Aksesoris kemarik ini pun banyak digunakan masyarakat saat lebaran tiba. Mereka akan menggunakannya untuk menghias interior rumah. Kita tahu banyak sekali hiasan dinding yang berupa keramic, seperti piring keramik. Macam dan jenisnya cukup beragam sehingga akan membuat semua orang menyukainya. Biasanya tidak hanya terbuat dari keramik, aksesoris penghias dinding bisa saja terbuat dari Kristal. Namun biasanya harganya lebih mahal daripada yang keramik. Beberapa hiasan dinding yang terbuat dari Kristal diantaranya adalah gelas dan vas bunga.

Hiasan Rumah

Keempat adalah wallpaper. Hiasan ini sifatnya lebih alternatif ketimbang hiasan utama. Wallpaper bisa bersifat temporary karena suatu saat kita tidak membutuhkan lagi bisa langsung dicopot. Akhir-akhir ini marak juga penjualan wallpaper untuk hiasan dan lebaran sepertinya akan menjadi momen spesial bagi penjual wallpaper. Jenis wallpaper bisa sangat beragam mulai dari tulisan ataupun gambar. Tentunya untuk menyambut lebaran, tulisan ataupun gambar yang tertera pada wallpaper haruslah yang bernuansa Islami. Wallpaper bisa berupa ucapan hari raya idul fitri sesuai tahunnya ataupun juga gambar bernuansa lebaran seperti masjid ataupun ketupat lebaran.

Hiasan Rumah

Kelima adalah ukiran kayu. Indonesia adalah tempatnya para maestro seni ukir dan pahat. Jepara menjadi kota yang populer karena karya ukirannya. Ukiran kayu tidak hanya terdapat pada mebel, tetapi juga hiasan dinding untuk menghias rumah saat lebaran. Kita tentunya sudah banyak melihat hiasan dinding dalam bentuk ukiran yang unik, seperti replika sendor garpu, replika kapal tradisional, replika kendaraan tradisional (becak dan andong) dan untuk spesial lebaran biasanya replika masjid. Seni ukiran ini biasanya dijual dengan harga yang terjangkau, hanya ratusan ribu. Namun itu juga tergantung dari ukuran, tingkat kerumitan dan material kayu yang digunakan.

Hiasan Rumah

Keenam adalah karpet dan sajadah. Kita biasanya melihat karpet dan sejadah digunakan di lantai. Namun, pasti anda juga pernah melihat sajadah dan karpet yang menempel di dinding. Tidak untuk sholat tentunya, akan tetapi hanya untuk hiasan. Seni hiasan ini sudah terkenal sejak dulu dan mengadopsi dari gaya timur tengah. Ukuran sajadah biasanya sedang saja, sekitar 75 cm x 150 cm. berbeda dengan ukuran karpet yang biasanya cukup besar, bisa mencapai 200 cm x 400 cm. Biasanya karpet dan sajadah tersebut dihiasi dengan gambar bernuansa Islami seperti gambar masjid hingga lafadz Allah.

Hiasan Rumah

Itulah beberapa hiasan rumah yang biasa digunakan untuk menghias rumah saat lebaran. Sebenarnya bukan hanya hiasan dinding yang digunakan untuk mempercantik rumah, akan tetapi juga bisa hiasan yang lain, seperti yang ada di lantai ataupun meja. Berikut ini hiasan rumah selain hiasan dinding yang biasa digunakan saat lebaran.

Vas bunga

Vas bunga sudah lazim digunakan di interior rumah. Akan tetapi saat lebaran, vas bunga dapat membuat dekorasi menjadi tambah menarik. Vas bunga biasanya terbuat dari keramik ataupun gelas. Material keramik menjadi yang paling digemari masyarakat karena warna dan motinya sangat beragam. Vas bunga ini biasa diletakkan di atas meja. Akan tetapi bisa juga diletakkan di dinding dengan ukuran kecil untuk menghias rak buku. Vas bunga bisa juga berukuran sangat besar yang biasa digunakan di lantai.
Hiasan Rumah

 

Toples Kue dan Tempat Gelas

Saat lebaran adalah saat tersedianya banyak sekali kue. Bahkan saat kita pergi berkunjung ke tempat seseorang pasti kita akan menemukan banyak sekali kue. Biasanya mereka memanfaatkan ini sebagai hiasan. Hari ini banyak sekali toples yang didesain agar bisa juga menjadi hiasan, biasanya bentuk toples-toples tersebut sangat unik kalau tidak seragam. Selain toples kue bisa juga tempat gelas. Saat kita berkunjung dan bertamu ke rumah kerabat biasanya akan disajikan minuman gelas kemasan air mineral. Gelas mineral tersebut diletakkan di dalam tempat yang cantik sehingga bisa juga menjadi hiasan di meja. Biasanya tempat air mineral ini pun dihiasi dengan ornament bunga-bunga.

Hiasan Rumah

Baca Juga: 10 Produk yang Wajib Dimiliki Ketika Mudik Lebaran

Hiasan-hiasan rumah di atas menjadi pernak-pernik yang dapat mempercantik interior dan juga suasana rumah anda. Dengan begitu, suasana lebaran anda akan semakin semarak sesuai dengan tema interior rumah anda.

 

Comments

comments