Motor atau Dinamo. Adalah mesin yang di disain untuk mengubah energi listrik dari batere menjadi gerakan mekanik. Motor yang dipakai pada mobil mini 4wd atau tamiya biasa juga disebut sebagai dinamo. Dinamo tamiya berfungsi sebagai mesin penggerak, sehingga gear dapat memutar roda mobil tamiya. Agar mobil tamiya dapat melaju dengan baik, mobil tamiya membutuhkan mesin atau yang tepat. Karakteristik dalam pemilihan motor atau dinamo  tamiya biasanya terdiri atas dua hal, yaitu putaran mesin atau sering disebut sebagai RPM dan tenaga yang mampu dihasilkan mesin atau sering disebut sebagai Torque.

RPM berkaitan langsung dengan top speed yang akan dimiliki mobil. Semakin tinggi nilai RPM-nya semakin tinggi top speed-nya. Sedangkan Torque berkaitan langsung dengan akselerasi (percepatan). Semakin tinggi Torque-nya semakin tinggi pula akselerasi yang akan dimiliki mobil. Dinamo mainan tamiya pada dasarnya terdiri dari sebuah kumparan yang berputar dalam medan magnet.

Kedua ujung kawat dihubungkan menggunakan dua buah cincin tembaga yang di sekat satu sama lain. Pada masing-masing cincin diletakan karbon yang akan menjadi penghubung rangkaian dalam dinamo dengan luar dinamo. Dinamo mobil tamiya arus bolak balik dapat diubah menjadi dinamo arus searah (DC). Pengubahan dilakukan dengan menggunakan dua cincin belah yang disekat satu sama lain. Cincin belah tersebut disebut komutator.

Komutator antara lain digunakan dalam motor listrik (elektromotor). Arus bolak balik dalam kawat kumparan diubah menjadi arus searah dalam rantai aliran luar. Pada motor listrik yang lebih kuat, kumparan yang digunakan lebih banyak lagi. Demikian pula gelang gelang belahnya. Kumparan-kumparan terletak dalam alur-alur silider besi yang berfungsi sebagai jangkar. Ujung tiap kumparan berakhir pada komutator. Kumparan yang berputar harus dilekatkan sedemikian rupa. Bila salah satu sisi kawat berada di depan kutub utara, sisi kawat yang lain berada di depan kutub selatan.

Daftar tipe mesin atau dinamo tamiya original 

 

1. Touch Dash

Touch Dash merupakan tipe mesin tamiya dengan spesifikasi kecepatan putaran mesin 11200 RPM – 15000 RPM dan memiliki torsi sebesar 1,5 – 2 mN-m. Tipe mesin touch dash ini dapat dipilih untuk event dengan rintangan yang cukup rumit dan harus menggunakan kecepatan mobil yang rendah.

2. Torque Tuned Dangun

Tuned Dangun merupakan dinamo tamiya ori yang memiliki kecepatan putaran 12000 – 13600 RPM dengan torsi 1,5 – 2 mN-m. Tipe dinamo tamiya torque tuned memiliki tenaga atau torsi yang besar sehingga cocok untuk lintasan dengan banyak belokan atau lintasan dengan rintangan.

3. Torque Tuned

Torque Tuned pada dasarnya sama dengan dinamo tamiya tipe torque tuned dangun. Pada tipe mesin tamiya tipe torque tuned ini memiliki kecepatan putaran mesin 12000 – 14300 RPM dengan torsi 1,5 – 2 mN-m. Perbedaan mesin torque tuned dengan torque tuned dangun adalah pada keceptapan putaran mesin maksimalnya yaitu 14300 RPM.

4. Atomic Tuned Dangun

Tipe motor atau dinamo tamiya ori atomic tuned dangun adalah mesin yang cocok untuk event dengan kategori taktis. Mesin tamiya ori tipe atomic tuned dangun memiliki spesifikasi teknis kecepatan putaran mesin 13700 – 15700 RPM dengan torsi 1,3 – 1,8 mN-m. Kecepatan mesin ori tamiya atomic tuned ini sedang dan cukup untuk track yang membutuhkan mesin yang tidak terlalu laju di lintasan.

5. Atomic Tuned

Tuned Atomic tuned adalah mesin atau dinamo tamiya ori yang karakternya hampir sama dengan tipe atomic tuned dangun. Kecepatan putaran mesin dinamo tamiya tipe atomic tuned adalah 13700 – 16200 RPM dengan torsi 1,3 1,8 mN-m. Sama dengan tipe atomic tuned dangun, para racer mini 4wd juga memilih dinamo tamiya tipe ini untuk lintasan taktis yang membutuhkan kecepatan sedang.

Baca Lainnya: Cara Mudah Bikin Video Berkualitas Dengan Smartphone Android

Harga dinamo tamiya baik yang di jual online maupun langsung di outlet mainan dapat berbeda karena di online biasanya anda akan mendapatkan harga jual dinamo tamiya yang lebih terjangkau dari harga outlet. Salah satunya di Bukalapak.com, buat kalian yang sedang mencari dinamo tamiya murah marketplace yang satu ini bisa kamu kunjungi. Selamat berbelanja.

Summary
5 Jenis Dinamo Tercepat yang Bikin Tamiya Mu Makin Ngacir
Article Name
5 Jenis Dinamo Tercepat yang Bikin Tamiya Mu Makin Ngacir
Description
Jual dinamo tamiya terbaru , pilih langsung harga paling murah dari ribuan toko online di Indonesia. Dapatkan promo dinamo tamiya terbaru dan harga jual terbaik hanya di Pricearea.com sebagai mesin pencari belanja nomer #1 di Indonesia.
Author

Comments

comments