Produk terbaru yang di duga sebagai penerus iphone 5, nampaknya disinyalir akan diproduksi menggunakan robot. Robot yang diciptakan perusahaan asal China yakni perusahaan Foxconn, mendapat kepercayaan dari Apple untuk memproduksi produk terbarunya. Hal ini terjadi dengan alasan bahwa jika dalam proses produksi menggunakan robot, maka semua pekerjaan dalam memproduksi akan lebih efisien ketimbang menggunakan tenaga manusia sepenuhnya.

Foxconn dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry Co., Ltd., dimana perusahaan yang satu ini merupakan perusahaan raksasa yang merakit komponen untuk berbagai perusahaan terkemuka di dunia, seperti Apple, Microsoft, Nintendo dan Sony. Upaya yang direncanakan untuk menggantikan tenaga manusia dengan robot dalam merakit sebuah iphone meskipun tidak sepenuhnya, tentunya ini merupakan hal yang cukup serius. Dengan begitu, robot yang diduga akan bekerja lebih efisien ketimbang dengan mempekerjakan tenaga manusia sepenuhnya, tentunya akan mengurangi biaya produksi.

iPhone Terbaru Dirakit Oleh Robot Agar Lebih Efisien
Ilistrasi Robot Perakit iPhone Terbaru

Sumber image : apfellike.com
Langkah untuk menggantikan beberapa pekerja pabrik dengan robot itu sendiri merupakan kelanjutan dari sejarah panjang Foxconn yang salah satunya terkait dengan kasus worker abuse yang pernah menimpa perusahaan tersebut. Kondisi buruk tersebut mendatangkan banyak protes dari berbagai pihak sehingga mendorong Apple untuk mendanai perbaikan kondisi kerja di pabrik Foxconn.

Teknologi robot ini nantinya akan dimanfaatkan untuk memproduksi iPhone 6. Penggunaan robot dalam proses produksi produk terbaru ini diharapkan akan membuat produksi lebih cepat dan meminimalisir kesalahan. Karena robot tidak seperti manusia, dimana manusia cenderung mengobrol ketika bekerja, membutuhkan waktu istirahat untuk makan sampai tidur sehingga tidak fokus pada pekerjaannya. Namun jika dilakukan oleh robot, diperkirakan akan jauh lebih konsisten dalam bekerja sehingga produksi dapat berjalan dengan lancar dan memenuhi target karena robot tidak membutuhkan seperti apa yang dilakukan oleh manusia.

Produk yang merupakan generasi penerus dari iphone 4 dan 5 ini tentunya akan lebih canggih dan diharapkan akan lebih memuaskan dari seri yang telah ada. Bagaimana tidak, bantuan pekerjaan dengan menggunakan robot yang telah disetting tentunya kesalahan akan diminimalisir. Sehingga hasil yang diperoleh tentunya akan lebih baik dari sebelumnya.

Tujuannya, robot yang disebut Foxbots ini yang dikerahkan untuk memproduksi handphone keluaran Apple generasi baru, diharapkan produksi yang berjalan dengan baik akan membuat stock barang tetap tinggi sehingga konsumen bisa secepatnya mendapatkan produk baru tanpa harus menunggu waktu lama dan tentunya diharapkan harga iphone terbaru akan lebih terjangkau dari yang telah ada karena mengurangi biaya produksi.  Akan tetapi, pada saat ini sebagian besar pekerjaan untuk sementara waktu, masih dilakukan menggunakan pekerja manusia. Dan perlu Anda ketahui, bahwa teknologi robot ini bukanlah teknologi baru.

Comments

comments