Membeli Handphone Android menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan ponsel Android merupakan ponsel yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia hari ini. Mungkin kejadiannya persis ketika Nokia menjadi raja ponsel era tahun 90an dan awal 2000an. Hari ini, ponsel Android tersedia dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Tentunya perbedaan harga tersebut juga mencerminkan perbedaan kualitas dan fitur-fitur yang dimiliki oleh sebuah ponsel Android.

Setiap orang pasti ingin membeli sesuatu dengan harga murah namun kualitas bagus, termasuk juga dalam membeli handphone Android. Bagi anda yang belum tahu standar harga handphone Android yang ada di pasaran hari ini, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips yang kami sajikan di bawah ini. Dengan mengetahui tips tersebut anda tidak akan tertipu dengan penjual yang nakal dan juga anda mampu menetukan pilihan yang tepat untuk membeli ponsel Android berdasarkan budget yang anda punya. Berikut tips-tips-nya.

Tips Membeli Handphone Android Sesuai Budget

1. Lihat Prosesor

Membeli Handphone Android

Prosesor adalah otak dari semua sistem operasi dari sebuah handphone Android. Sebaiknya jika ingin membeli Handphone Android, pastikan kemampuan prosesor-nya tidak berada di bawah 600 MHz. Apalagi Android sekarang memiliki fitur dan aplikasi yang beragam sehingga membutuhkan prosesor yang cukup besar untuk mencukupi segala kebutuhan yang diperlukan oleh ponsel Android tersebut.

2. GPU

Membeli Handphone Android

Singkatan dari Graphic Processing Unit, GPU adalah chip yang bekerja untuk meningkatkan kualitas grafik yang ditampilkan pada layar ponsel. Fungsinya persis VGA yang ada di komputer. Jika anda suka main game, perhitungkan ponsel dengan kapasitas GPU yang bagus sehingga pada saat digunakan untuk main game kualitas gambarnya bagus dan juga terbebas dari lagging atau tersendat.

3. Kapasitas RAM

Membeli Handphone Android

RAM adalah salah satu komponen penting untuk menjalankan suatu sistem operasi seperti Android. Semakin tinggi kapasitasnya semakin baik pula kinerja dari ponsel. Untuk kebutuhan Android sekarang ini, kami sarankan untuk membeli handphone Android yang memiliki RAM minimal 1GB. RAM yang berkapasitas besar juga memungkinkan anda dapat menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu secara sekaligus atau lebih terkenal dengan multitasking. 

4. Resolusi Layar

membeli handphone android

Layar sekaligus resolusinya juga menjadi elemen penting dalam sebuah ponsel. Jangan mudah terpikat dengan ponsel yang menawarkan layar dengan ukuran lebar 5 – 6 inci. Yang terpenting adalah resolusi dari layar tersebut. Setiap lebar layar sudah mempunyai standar minimal resolusi. Untuk yang 4 inci minimal resolusinya 800 x 480 piksel. Semakin tinggi rasio pikselnya, maka semakin rapat pula piksel di layar tersebut. Hal ini akan berefek pada semakin tajamnya layar dalam menampilkan gambar.

Selain resolusi layar, perhatikan juga apakah handphone incaran anda memiliki perlindungan tersendiri terhadap layarnya. Jika ya, maka hal tersebut menjadi poin plus tersendiri yang akan melindungi layar ponsel anda dari berbagai macam goresan.

5. Penyimpanan

membeli handphone android

Ada dua jenis penyimpanan pada ponsel Android yaitu internal dan eksternal. Setiap seri ponsel Android memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Jika anda akan membeli handphone Android, pastikan kapasitas penyimpanan internalnya minimal 4GB. Semakin besar semakin baik. Selain itu, pastikan pula ada slot untuk penyimpanan eksternal untuk menambah kapasitas memory ponsel anda. 

6. Jenis dan Kapasitas Baterai

membeli handphone android

Setiap ponsel Android memiliki baterai dengan jenis dan kapasitas yang berbeda. Namun, kebanyakan HP sudah menggunakan baterai tipe Li-Ion dan Li-Polimer yang sudah rechargeable. Satu yang membedakan adalah kapasitasnya. Sebuah HP Android memerlukan tenaga dengan kapasitas tinggi agar dapat dioperasikan dalam waktu yang lama. Pastikan ponsel yang anda beli mempunyai kapasitas baterai minimal 1200mAh. Sekarang ini sudah banyak handphone Android yang memiliki kapasitas melebihi 3000mAh. Tentunya dengan kapasitas yang sedemikian besar, anda akan mendapatkan waktu yang lebih lama dalam penggunaan HP Android tersebut. 

7. Konektivitas

membeli handphone android

Sebagai ponsel dengan teknologi modern, tentunya Android sudah dibekali dengan konektivitas internet. Ada beberapa tingkat koneksi internet yang memnentukan cepat atau tidaknya sambungan internet anda. Untuk yang paling mutakhir ada koneksi 4G atau LTE yang lebih cepat dari jaringan 3G ataupun 3.5G HSDPA. Tapi karena ponsel dengan koneksi 4G masih langka dan harganya masih mahal, paling tidak anda membeli handphone Android yang mempunyai konektivitas minimal di jaringan 3G.

Itulah beberapa tips yang anda perlu tahu sebelum membeli ponsel Android. Memiliki pengetahuan barang sedikit dalam membeli handphone Android dapat meminimalisir kerugian yang diakibatkan oleh ketidak-tahuan karena ke-awaman kita akan dunia handphone. Dengan adanya informasi ini, kami harap anda bisa mendapatkan nilai lebih dalam membeli ponsel idaman anda. Semoga bermanfaat. 

Comments

comments