Tentu saja sudah banyak orang yang pernah merasakan dingin sejuknya AC dalam ruangan. Indonesia adalah negara tropis dan oleh karena itu penggunaan pendingin ruangan bisa dibilang sangat tinggi di negara ini. Pasar AC merupakan salah satu pasar terbesar dalam keseluruhan pasar elektronik rumah tangga di negara ini. Oleh karena itu tidak heran bila ada banyak merek yang bersaing di dalam pasar ini. Adapun beberapa merek AC ternama yang saat ini menjadi “raja” di pasar Indonesia antara lain adalah:

1. Daikin

AC Daikin

Pabrikan asal negeri sakura ini tidak hanya disebut sebagai salah satu penguasa pasar AC di Indonesia saja, namun juga di dunia. Daikin memiliki produk AC lengkap mulai dari yang kecil sampai yang berkelas industri. Saat ini Daikin menjadi salah satu merek paling dipercaya oleh banyak kantor di Indonesia karena selain tangguh, terbukti AC daikin memang mampu memberikan kesejukan yang luar biasa. Daikin memiliki produk khusus untuk setiap kontinen. Jadi produk yang kita temui di Indonesia akan sangat berbeda dengan yang bisa kita temui di Eropa atau Amerika.

2. Panasonic Gobel

AC Panasonic

Brand ini adalah kebanggan industri elektronik Indonesia. Sebagai pemegang salah satu share market terbesar di Indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Panasonic adalah produk lokal yang mampu mengimbangi invasi dari produk asing. Dengan teknologi inverter yang menjamin keiritan listrik dan sistem pendinginan yang ramah lingkungan, brand ini mampu menjadi salah satu raja di pasar Indonesia dan bahkan Asia. Selain itu, jika kita mau melakukan banding harga, mungkin produk dari Panasonic bisa dibilang sebagai produk yang memiliki harga paling murah diantara lainya.

3. Mitsubishi Electrics dan Mitsubishi Heavy Industry

AC Mitsubishi

Dua nama diatas adalah dua nama yang sangat berbeda. Masing-masing memiliki produk AC sendiri dan bahkan masing-masing memiliki menejemen yang berbeda pula. Mitsubishi Heavy Industry yang di Indonesia diwakili oleh PT Berkat Graha Trading sempat mengenalkan produk yang dianggap sebagai salah satu AC ruangan terkecil di dunia. Sementara itu Mitsubishi Electrics baru saja melakukan investasi besar-besaran untuk mendirikan pabrik di asia yang nilai investasinya mencapai 400 juta Bath.

4. Sharp Electronic

AC Sharp

Satu lagi pabrikan asal negeri sakura yang menjadi dominator di pasar Indonesia. Sharp adalah salah satu produk paling tua yang berpartisipasi di pasar elektronik nasional. Saat ini Sharp memiliki produk seperti Sharp Plasmacluster yang bisa kita temui di banyak ruangan kantor dan rumah-rumah di Indonesia. Selain dikenal dengan produk yang ramah lingkunga, produk Sharp juga dikenal memiliki daya tahan yang sangat tinggi sehingga tidak salah bila ada banyak orang menyukainya.

5. LG dan Samsung

AC LG

Dua raksasa Korea Selatan ini memang akhir-akhir ini menjadi salah satu perusahaan elektronik yang sangat disegani di dunia. Kedua perusahaan ini memiliki produk AC yang luar biasa bagus dan tentu saja sangat ramah lingkungan. Kedua brand ini selalu mampu menunjukan inovasi baru yang menarik perhatian banyak konsumen baik di Indonesia maupun di dunia.

Comments

comments