Android Generasi Pertama – Android buatan Google adalah salah satu OS paling banyak yang digunakan oleh smartphone masa kini. Tahukah anda kapan pertama kali Android digunakan sebagai OS pada sebuah ponsel? Awalnya, pada tahun 2005, Google mengakuisisi perusahaan yang masih berkembang pada waktu itu, bernama Android. Dengan nama besar dan tangan dingin Google, akhirnya Android berkembang hingga menjadi besar seperti sekarang ini. Sebenarnya, ponsel pertama berbasis Android diluncurkan pada tahun 2008. HTC menjadi vendor pertama yang diberi ‘mandat’ untuk menggunakan OS robot hijau ini.

Setelah itu, mulai lah para vendor ponsel dunia berlomba untuk menggunakan OS Android yang pada waktu itu masih OS 1.0 atau Apple Pie. Nah, selain HTC Dream berikut ini beberapa ponsel yang pernah menggunakan Android generasi pertama:

5 Ponsel Android Generasi Pertama di Dunia

1. T-Mobile Mytouch 3G

Android Generasi Pertama

Salah satu provider seluler terbesar di Amerika dan Eropa, T-mobile, meluncurkan ponsel Android generasi pertama pada pertengahan tahun 2009 lalu dengan menggunakan OS 1.5 Cupcake. Namun, karena bukan merupakan pemain utama dalam produksi handset, ponsel milik T-mobile ini tidak terlalu sempurna fiturnya. Tidak ada jack headset, file manager dan kamera editing di dalamnya. Tapi, sebagai langkah awal dimulainya era ponsel Android, ponsel ini adalah start yang tidak buruk.

2. Samsung i7500

Android Generasi Pertama

Di awal kehadirannya, Samsung melalui i7500 tidak menuai banyak kesuksesan. Namun, bisa diakui bahwa langkah awal ‘perjodohan’ Samsung dengan Android adalah sebuah jembatan emas menuju kesuksesan yang diraih sekarang ini. Smartphone Android generasi pertama dari Samsung ini sudah menggunakan layar touchscreen full Amoled. Dengan menggunakan OS 1.5 Cupcake, ponsel ini menjadi salah satu cikal bakal hadirnya Android Samsung selanjutnya. Mungkin jika tidak ada produk ini, Samsung tidak akan sesukses sekarang dari segi produksi ponsel dan juga penjualannya.

3. Motorola Cliq

Android Generasi Pertama

Ini adalah ponsel Android generasi pertama dari Motorola. Dengan menggunakan OS 1.5 Cupcake, Motorola pun sudah menggunakan prosesor tenaga tinggi pada saat itu sebesar 528 MHz. Seri ini ternyata cukup sukses dan menjadi pijakan bagi Motorola untuk menciptakan Android generasi selanjutnya seperti Motorola Droid. Desain dari smartphone ini juga bisa tergolong ke dalam hybrid phone. Hal ini dikarenakan adanya keyboard fisik yang dapat digeser-geser untuk menggunakannya. Namun dnegan adanya keyboard tersebut membuat dimensi ponsel ini terlihat tebal.

4. LG GW620

Android Generasi Pertama

November 2009 menjadi sejarah bagi LG karena mereka telah meluncurkan ponsel pertama berbasis Android pada LG GW620 ini. Ponsel ini masih menggunakan model yang tren saat itu, yaitu model slide. Tombolnya masih menggunakan qwerty, sementara layarnya sudah touchscreen. Ponsel Android generasi pertama ini menggunakan prosesor 528 Mhz. yang merupakan salah satu yang tertinggi saat itu. Di jamannya ponsel ini tergolong ponsel mahal yang hanya beberapa kalangan saja yang dapat memilikinya. Namun jika dibandingkan dengan sekarang, harga ponsel ini pastilah sudah sangat jauh dibandingkan ponsel Android terbaru.

Baca Juga: 5 Handphone Android Terbaik untuk Bermain Game

5. Sony Xperia X10

Android Generasi Pertama

Mungkin ini adalah ponsel Android generasi pertama yang paling canggih. Saat itu Sony masih menggandeng Ericsson sebagai brand partner-nya. Saat itu spesifikasi Xperia X10 sudah menggunakan prosesor 1 Ghz dan kamera 8 megapiksel yang merupakan unggulan utamanya. Ponsel ini menjadi cikal bakal kesuksesan Xperia yang sangat terkenal dengan fitur tahan airnya. Hingga saat ini, Sony masih setia dengan brand Xperia-nya sebagai ponsel berbasis Android dari pabrikan asal Jepang tersebut.

Itulah 5 ponsel Android pertama yang pernah populer di zamannya. Jika dibandingkan dengan Android yang ada hari ini, tentu spesifikasi dan fiturnya jauh ketinggalan. Tapi sebagai langkah awal dimulainya sebuah era baru untuk sistem operasi sebuah ponsel, beberapa ponsel diatas bisa dibilang ponsel bersejarah. Mungkin tanpa ponsel-ponsel tersebut, tidak akan pernah lahir Android seperti yang sekarang ini.

Walaupun spesifikasinya tidak istimewa, harga handphone Android pada saat itu cukup mahal. Hal ini karena persaingan antar vendor ponsel belum seperti sekarang ini. Kurun waktu 6 – 7 tahun lalu, Android masih menjadi barang langka dan istimewa yang hanya dimiliki oleh orang berduit saat itu. Adakah dari anda yang masih memiliki handphone Android generasi pertama seperti pada daftar di atas?

Comments

comments