Jepret..jepret..!! Setiap saat Anda dikelilingi oleh beragam kejadian menarik. Namun pernahkah Anda melihat kalau anak-anak pun terkadang ingin ikut andil mengambil foto apa saja yang mereka sukai? Biasanya mereka suka mengutak-atik gadget milik kita dan dengan cerdasnya mengetahui aplikasi kamera lalu dengan iseng memotret benda-benda di sekitarnya. Nah, seperti apa sih kamera digital terbaik untuk Anak? Simak ulasannya di artikel ini.

Sayang rasanya bila setiap momen yang terjadi tak diabadikan dengan kamera, karena belum tentu momen tersebut akan terulang kembali. Terutama ketika tumbuh kembang si kecil, tak ayal, seringnya kita mengabadikan momen maka objek kamera yakni si anak akan penasaran untuk mulai menggapai dan penasaran seperti apa benda yang namanya digital camera.

Pasalnya, tak bisa disadari jika semakin tinggi kesadaran manusia untuk mengabadikan tiap detik dalam hidupnya maka boleh jadi perlu diimbangi dengan teknologi fitur kamera yang apik pula. Bahkan memotret sudah menjadi hobi bagi sebagian orang atau malah menjadikannya sebagai profesi.

Jangan Larang Si Kecil Memotret

Berbeda untuk anak-anak tentu, melarang mereka untuk tak sembarangan memotret bukanlah langkah yang bijak. Anda tak perlu bingung lagi, karena sekarang sudah ada kamera digital terbaik untuk anak yang memang khusus diciptakan beberapa vendor ternama.

Ada kelebihan dan kekurangan tentu saja, namun jika ayah dan bunda bisa dengan bijak memberikan arahan tentang kegunaan dan kapan perangkat fotografi tersebut digunakan, maka bukan tidak mungkin malah menjadi kelebihan tersendiri karena si kecil mendapatkan pengalaman baru untuk dirinya. Bisa dikatakan ‘dpat mainan baru’.

Nah, apa saja jenis kamera yang layak untuk si kecil, berikut adalah beberapa rentetan yang sengaja Kami suguhkan untuk Anda tentang kamera digital terbaik untuk anak;

USIA 5-8 TAHUN

Memulai belajar sejak usia dini sangatlah dianjurkan, karena pada masa ini anak-anak cepat menangkap setiap memori. Belajar memotret pun bisa dilakukan pada anak umur 5-8 tahun. Tak perlu membelikannya perangkat mahal, berikut adalah kamera murah yang cocok untuk mereka:

1. VTech KidiZoom

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
VTech-KidiZoom

Beresolusi 1.2 MP, kapasitas memori internal 128MB, 4x digital zoom, dan daya menggunakan baterai AA, kamera VTech KidiZoom didesain unik dan ceria dengan warna orange cerah. Melihat dari harganya yang hanya $40, bisa diasumsikan kalau material yang digunakan tidak mahal dan pastinya aman bagi anak Anda.

2. Nikon Coolpix S31

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Nikon-S31

Didesain sebagai kamera anti air hingga kedalaman 16.4 ft (± 4.92 m), Nikon Coolpix S31 memiliki fitur yang lebih lengkap untuk menghasilkan foto yang lebih baik bahkan di dalam air. Resolusi 10 MP nya disupport dengan 3x optical zoom lens, diorama mode, dan Highlight Color Mode. Anak anda bisa merekam video, sedangkan 720p 80-1600 ISO rangenya memungkinkan mereka bisa memotret objek dalam cahaya lemah.  Selain waterproof, kamera yang dibekali dengan baterai isi ulang lithium-ion ini juga shockproof dan dustproof. Tersedia dalam warna pink, kuning, dan biru dengan harga $106.

USIA 8-10 TAHUN

Pada usia 8-10 tahun, anak sudah akan memasuki masa remaja. Keingintahuan mereka akan semakin tinggi, begitu pula daya tangkap dan imajinasinya. Mereka memerlukan kamera yang lebih apik untuk mengimbanginya. Inilah produk yang tepat untuk mereka:

1. Pentax WG-10

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Pentax-WG-10

 

Foto yang mereka ambil dengan Pentax WG-10 akan menghasilkan kualitas yang jernih, karena resolusi yang mencapai 14MP dan disupport dengan CCD sensor. Di tempat remang pun ISO range 80-6400 membuat hasilnya juga tetap bagus. Fitur lainnya adalah 5x optical zoom (28-140mm equivalent), 2.7in, 230k-dot rear LCD, 720p HD video, Waterproof, shockproof, dustproof, ‘freezeproof’, dan baterai isi ulang lithium-ion. Adanya 5 lampu LED di sekeliling lensa diciptakan untuk mode Digital Microscope yang membantu mereka untuk mengambil objek berukuran sangat kecil. Selain mode tersebut, masih ada 25 pilihan mode yang meliputi program auto, panorama, underwater, and underwater movie. Pilihan warna yang ada adalah merah dan abu-abu yang dijual dengan harga $180.

2. Sony Cyber-shot DSC-TF1

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Sony-Cyber-shot-DSC-TF1

Sony tak hanya diciptakan bagi mereka orang dewasa, tapi juga bagi anak-anak melalui Sony Cyber-shot DSC-TF1. Fitur yang mereka masukkan ke dalam kamera ini adalah 16MP CCD sensor, 4X optical zoom (27-108mm equivalent), ISO 100-3200, 2.7in, 460k-dot rear LCD, 720p HD video, waterproof, shockproof, dustproof and ‘coldproof’, dan baterai isi ulang lithium-ion. Satu keunggulan yang patut Anda ketahui adalah TF1 records dan MicroSD/MicroSDHC cards yang lebih baik dari SD/SDHC cards. Warna yang tersedia untuk kamera digital seharga $160 ini adalah hitam, merah, dan biru.

3. Fujifilm Finepix XP60

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Fujifilm-Finepix-XP60

Tak kalah kualitasnya dengan Sony, Fujifilm Finepix XP60 menghadirkan kamera anak berspesifikasi 16MP CMOS sensor, 5X optical zoom (28-140mm equivalent), ISO 100-6400, 2.7in, 230k-dot rear LCD, 1080p HD video, waterproof, shockproof and dustproof, serta baterai isi ulang lithium-ion. Bahkan harga yang dipatok lebih tinggi, yaitu $180 dengan pilihan warna lebih banyak yang terdiri dari kuning, hijau, biru, dan merah.

PRA REMAJA

Tak perlu dijelaskan lagi tentang sifat anak-anak remaja. Masa pubertas membuat mereka lebih aktif, ingin tahu segala hal, dan mulai menunjukkan kegemaran mereka. Untuk anak remaja Anda yang menyukai fotografi, dukunglah mereka dengan kamera berikut ini:

1. Canon PowerShot A1400

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Canon-PowerShot-A1400

Memiliki fitur 16MP CCD sensor, 5X optical zoom (28-140mm equivalent), ISO 100-1600, 2.7in, 230k-dot rear LCD, 720p HD video, Built-in optical ‘tunnel-type’ viewfinder, dan AA batteries, Canon PowerShot A1400 akan sangat pas menemani aktivitas anak pra remaja. Fitur tersebut juga didukung oleh beberapa mode, seperti: low light mode, long-shutter mode, fitur seperti Instagram, efek miniatur, simulator lensa fisheye, dan mode Toy camera yang hanya berharga $90 saja.

2. Nikon Coolpix S01

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Nikon-Coolpix-S01

Dengan harga $100, Nikon Coolpix S01 dalam pilihan warna putih, silver, merah, dan pink, sudah mempunyai fitur yang lumayan mumpuni. Di antaranya adalah 10MP CCD sensor, 3X optical zoom (29-87mm equivalent), ISO 80-1600, 2.5in, 230k-dot rear LCD, 720p HD video, dan baterai isi ulang lithium-ion. Berukuran 0.7×3.1×2.1 inci dengan berat 96 gram memudahkan mereka untuk menyimpannya di saku atau tas kecil, sehingga tidak akan membebani.

3. Olympus SZ-15

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Olympus-SZ-15

Kamera Olympus SZ-15 dibuat bagi anak yang menyukai kegiatan outdoor. Dibekali dengan 16MP CCD sensor, 24X optical zoom (25-600mm equivalent), ISO 100-1600, 3in, 460k-dot rear LCD, 1080p HD video, dan baterai isi ulang lithium-ion, SZ-15 akan menghasilkan foto yang tajam. Ditambah lagi spesifikasi Olympus’s ‘Magic Art Filters’, line-art effects, tilt-shift simulators, hingga warped fisheye membantu anak untuk berkreasi dalam mengedit foto. Harga yang ditawarkan adalah $200 dalam pilihan warna hitam, silver, dan merah.

4.  Canon Powershot SX160 IS

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Canon-Powershot-SX160-IS

Satu lagi produk dari Canon untuk anak, yaitu Canon Powershot SX160 IS. Walaupun hanya seharga $130, tapi kamera ini menghadirkan fitur 16MP CCD sensor, 16X optical zoom (28-448mm equivalent), ISO 80-1600, 3in, 230k-dot rear LCD, 720p HD video, dan AA batteries. Mode yang tersedia adalah full-manual, aperture-priority, dan shutter-priority. Selain mode, ada juga menu Creative Filters yang mencakup Miniature Effect, Fisheye, dan Toy Camera untuk memberi efek pada foto. Pilihan warnanya hanya 2, hitam dan merah.

REMAJA

Anak usia 15-18 tahun sudah lebih fokus terhadap suatu hobi. Bila mereka memang menyukai fotografi dan ingin lebih jauh ‘menyelaminya’, maka lebih baik Anda memfasilitasi mereka dengan kamera yang lebih baik. Kami memiliki beberapa referensi tentang kamera yang sesuai untuk usia anak remaja:

1. Nikon 1 S1 (inc 11-27mm zoom)

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Nikon-1-S1

Dengan bentuk yang seperti kamera saku, Nikon 1 S1 menghadirkan spesifikasi yang menyerupai kamera EOS dengan lensa yang dapat diganti. Selain lensa, fitur unggulan lainnya 10MP CMOS sensor, Nikon 1 lens mount, ISO 100-6400, 3in, 460k-dot rear LCD, Maximum 60fps continuous shooting (15fps with autofocus), 1080p HD video, baterai isi ulang lithium-ion, dan 4 pilihan warna: putih, hitam, merah, dan khaki. Dijual di pasaran dengan harga $446.

2. Olympus E-PM2 (inc 14-42mm zoom)

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Olympus-E-PM2

Tipe yang hampir sama dengan Nikon 1 S1 adalah kamera mirrorles Olympus E-PM2. Kamera seharga $424 ini sudah dilengkapi dengan 16MP CMOS sensor, Micro Four Thirds lens mount, ISO 200-25600, 3in, 460k-dot rear LCD (touch-sensitive), 1080p HD video, dan 3 pilihan warna: silver, hitam, dan merah. Fitur E-PM2’s Live Guide menawarkan pengaturan yang meliputi aperture, exposure compensation, shutter speed, white balance, color saturation, dan lain-lain. Anak Anda juga bisa mengambil foto dengan efek  ‘Blur Background’ dan ‘Express Motion’.

3. Canon EOS Rebel SL1 (inc 18-55mm zoom)

Ini Kamera Digital Terbaik Untuk Anak
Canon-EOS-Rebel-SL1

Lain hal dengan dua kamera sebelumnya, Canon EOS Rebel SL1 merupakan kamera DSLR yang memiliki ukuran yang hampir sama dengan kamera mirrorless. Bahkan dengan bangga Canon mengumumkan bahwa kamera ini adalah kamera DSLR terkecil dan terringan. Kita lihat saja bagaimana spesifikasinya…

Dibandingkan dengan kedua kamera tadi, Rebel SL1 jauh lebih mahal, yaitu $750. Wajar saja bila harganya cukup tinggi bila melihat fitur-fiturnya yang meliputi 18MP CMOS sensor, Canon EF/EF-S lens mount, ISO 100-25600, 3in, 1.4 million-dot touchscreen LCD, 1080p HD video, dan baterai isi ulang lithium-ion.

Wah…ternyata banyak juga kamera digital terbaik untuk anak yang sengaja diciptakan, selama ini kita menganggap kalau kamera hanya bagi orang dewasa saja. Memberikan mereka kamera sesuai dengan umur mereka dapat membantu perkembangan kreativitasnya, tak hanya melulu menggambar, mewarnai, dan bermain susun balok saja.

Biarkan hobi memotretnya tersalurkan dengan kamera lucu-lucu tadi, siapa tahu dia bisa sukses menjadi seorang fotografer profesional. Berencana membeli kamera? Silahkan singgah di situs ini http://www.pricearea.com/promo/result/kamera+digital/, sedangkan untuk Anda yang memiliki keinginan untuk menjajal fitur kamera anti air Anda bisa berkunjung lewat situs berikut ini salah satunya http://www.pricearea.com/result/kamera+anti. Semoga bermanfaat.

Comments

comments