Perkembangan teknologi informasi seringkali menghasilkan sesuatu yang cukup mencengangkan. Sepertinya para inventor tak hentin-hentinya berinovasi mencipatakan teknologi yang memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal. Salah satu kecanggihan teknologi yang sudah sering kita temui adalah penggunaan smartphone yang semakin hari semakin banyak fungsinya. Maka dari itu tidak heran jika ada kabar bahwa akan ada layar smartphone di masa depan yang dapat menganalisa DNA manusia.

Ilustrasi layar smartphone pendeteksi DNA sumber: www.rapidsofttechnologies.com
Ilustrasi layar smartphone pendeteksi DNA sumber: www.rapidsofttechnologies.com

Kabar yang menyebutkan bahwa bahwa layar handphone nantinya dapat mendeteksi penyakit seseorang melalui suhu tubuh dan bahkan dapat menganalisa DNA ini bukanlah isapan jempol belaka. Sebuah sensor layar tengah dikembangkan oleh para peneliti dari Polytechnique Montreal dan produses gorilla glass Corning. Nantinya sensor ini akan ditanamkan pada layar smartphone dan menggunakan media air liur untuk mendeteksi suhu tubuh hingga mengukur kadar gula dalam darah.

Dikutip dari Mashable, cara kerja teknologi ini bagaikan membuka kotak Pandora. Para peneliti telah melakukan eksperimen dengan menembakkan laser ke dalam gelas untuk membuat jalur pengirim data dalam bentuk balok cahaya kecil yang akan disalurkan melalui sebuah gelombang. Proses ini hampir sama dengan proses penyaluran listrik melalui sebuah kabel. Para peneliti ini9 juga bekerja sama dengan platform seperti Apple’s HomeKit untuk menyediakan lebih banyak informasi kesehatan yang ter up to date.

[listingterkait judul=’smartphone’]

Menurut seorang professor teknik listrik dan teknik fisika di Polytechnique Montreal, teknologi ini sudah layak pakai, tergantung bagaimana aplikasinya. Selain itu penemuan ini, diharapkan dapat dikembangkan sehingga dapat diterapkan pada perangkat lain bukan hanya layar smartphone.

Cukup penasaran bukan dengan bagaimana teknologi semacam ini nantinya akan ada pada smartphone yang kita gunakan setiap hari. Lalu berapa harga smartphone yang telah dilengkapi dengan teknologi ini. Belum ada kabar pasti mengenai perihal tersebut. Kita tunggu saja bagaimana nantinya teknologi ini akan benar-benar memberikan manfaat bagi dunia kesehatan, terutama untuk memudahkan setiap orang untuk mendeteksi kondisi tubuhnya dimanapun dan kapanpun.

Comments

comments