Bukan Samsung namanya jika tidak mampu mengeluarkan varian Smartphone baru secara berkala. Bahkan, salah satu produk terbarunya yakni Samsung A01 Core bahkan mencatat penjualan terbanyak di awal kemunculannya semenjak bulan Juli lalu. 2 jenis yang diusung oleh A01 yakni RAM 2 Gb dan ROM 32 Gb serta RAM 1 Gb dan ROM 16 Gb berhasil dilirik banyak orang.

Apalagi di saat kondisi keuangan yang kurang stabil. Dimana harga smartphone tersebut terjangkau dan diminati banyak orang. Namun, bagi anda yang masih mempertimbangkan ingin menggunakan perangkat ini, tentu membutuhkan reviewnya, kan? Untuk itu kali ini anda akan diberikan fakta-fakta terkait Samsung A01 Core tersebut.

Spesifikasi Samsung A01 Core

Jika melihat dari sisi layar, maka menggunakan perangkat ini sudah cukup memuaskan. Dimana lebar layarnya sendiri adalah 5.3 inci. Cukup lebar bagi penikmat game dan video. Dengan harga yang terjangkau, perangkat ini sudah dilengkapi dengan kamera utama dengan kapasitas 8 Mp. Dan kamera selfie atau kamera depan dengan kapasitas 5 Mp. Hasil jepretannya? Tentu masih jernih dan stabil untuk perbandingan di kelasnya.

Untuk prosesornya sudah dibekali dengan MediaTek MT 6739. Prosesor ini masih mampu untuk digunakan dalam pemakaian HP sehari-hari. Juga mampu untuk menjalankan game-game yang tidak terlalu berat. Mengingat produk ini hanya dibekali dengan RAM 1 dan 2 Gb saja. Untuk masalah daya tahan, smartphone ini juga sudah dibekali dengan baterai 3.000 mAh. Ya, untuk harga yang ditawarkan Samsung, kapasitas baterai ini tergolong cukup mumpuni.

Untuk pilihan warna, varian A01 ini hanya terdiri dari 3 warna yaitu biru, merah dan hitam. Namun, desain yang digunakan oleh Samsung tergolong trendi dan kekinian. Dimana produsennya menggunakan jenis rhythmical pattern. Tidak hanya itu, jenis konektivitas yang tersedia juga tergolong lengkap. Dimana perangkat ini sudah mendukung jaringan 4G. Setelah mengetahui spesifikasinya, anda pasti tertarik juga untuk mengupas tentang kelebihan dan kekurangan Samsung A01 Core, kan? Jangan khawatir, kita akan menjabarkan nya di bawah ini.

Kelebihan

Beberapa kelebihan perangkat teranyar Samsung ini adalah :

  • Sistem Operasi Terupdate : siapa sangka sistem operasi yang digunakan oleh perangkat ini sudah menggunakan Android 10 Go Edition. Walaupun ada limit hardware, namun tetap saja dengan dukungan sistem operasi ini anda bisa melakukan kegiatan multitasking menggunakan perangkat tersebut.
  • Kamera : seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kamera Samsung varian ini hanya 2 saja. Namun, hasil foto maupun video yang didapatkan tetap stabil dan jernih.
  • Body Compact : untuk ukurannya, varian A01 sudah tergolong luas dan memanjakan pengguna. Apalagi dengan berat 150 gr yang tergolong ringan.
  • Slot Memori : jika kebanyakan ponsel sekarang menggunakan satu tempat memori saja. Berbeda dengan A01 Core ini. Dimana tempat SIM dan memori eksternal berada ditempat yang terpisah.

Kekurangan

Setelah mengetahui daftar kelebihannya, anda juga berhak tahu kekurangannya, yaitu :

  • Ukuran RAM : seperti yang anda ketahui, kebanyakan smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan kapasitas RAM minimal 3 hingga 8 Gb. Sedangkan dua varian A01 Core hanya dilengkapi dengan RAM 1 dan 2 Gb saja.
  • Chipset Kurang Mumpuni : untuk jenis smartphone menengah ke bawah tentu pilihan chipset yang dipilih oleh Samsung terasa kurang bertenaga. Bahkan ada perbandingan dengan jenis smartphone lainnya yang selisih harga tidak terlalu banyak namun chipset yang digunakan jauh lebih baik.
  • Sensor Sidik Jari Tidak Ada : untuk jenis smartphone yang dikeluarkan belakangan ini, sangat jarang sekali yang tidak menggunakan sensor sidik jari. Jadi, sangat disayangkan Samsung tidak mempertimbangkan fitur kekinian tersebut.
  • Ketebalan Bezel : banyaknya smartphone keluaran baru sekarang ini sudah menggunakan jenis layar yang hampir penuh. Namun, sayangnya Samsung masih setia dengan jenis bezel atas bawah yang tergolong tebal.
  • Kapasitas Baterai Sedikit : untuk pengguna smartphone tentu kapasitas 3.000 mAh tergolong sedikit. Dimana anda harus setidaknya melakukan pengisian daya baterai hingga 2 kali sehari jika aktif menggunakannya.

Baca Juga >> Spesifikasi Lengkap Samsung Note20 Series Beserta Harganya

Layakkah Perangkat Ini Untuk Digunakan?

Walaupun tidak memberikan fitur luar biasa yang mencengangkan. Tapi jenis ini cukup pas jika digunakan untuk anak-anak remaja yang masih belum membutuhkan banyak fitur unggulan. Apalagi dengan kisaran harga jualnya yang hanya di angka 1 jutaan saja. Demikian review Samsung A01 Core ini, semoga informasi ini bermanfaat.

Comments

comments