MPV
MPV 

Kendaraan multi guna atau yang lebih popular disebut sebagai Multi-Purpose Vehicle (MPV) selalu menjadi mobil yang dipilih kebanyakan masyarakat Indonesia. Model tersebut dianggap sebagian besar konsumen Indonesia, mencerminkan mobil keluarga, lapang, bisa mengangkut orang banyak, tapi tetap irit bahan bakar. Maka tak heran bila banyak mobil semacam ini yang wara-wiri di jalanan Tanah Air.

Secara garis besar ada tiga kategori utama MPV yang dominan diisi oleh merek-merek asing di pasar domestik, yakni low MPV, middle MPV dan Upper MPV. Kategori ini dibagi berdasarkan segi ukuran kendaraan, kapasitas mesin, dan harga jual.

Untuk mengetahui model mana saja yang juara di masing-masing segmen, data wholesales terkini dari Gaikindo 2014 akan memberikan pemaparan MPV terlaris di Indonesia.

LOW MPV

Segmen MPV bawah merupakan kendaraan dengan porsi penjualan mobil terbesar di Indonesia. Model-model kawakan seperti Toyota Avanza sampai Suzuki APV berada di segmen ini. Lantas bagaimana pemetaan model di segmen ini?

Toyota Avanza masih belum tergoyahkan sebagai jawara bukan cuma di segmen ini, tetapi juga model terlaris di Indonesia dengan jumlah penjualan hingga 162.070 unit. Peringkat kedua terlaris, ada pendatang baru Honda Mobilio dengan torehan 79.288 unit. Posisi ketiga diisi Suzuki Ertiga dengan 47.015 unit, terpaut tipis di belakangnya ada Daihatsu Xenia 46.701 unit. Suzuki APV terjual 10.667 unit, dilanjutkan Chevrolet Spin diperingkat enam dengan 7.475 unit, Daihatsu Luxio 4.304 unit, Nissan Evalia 2.945 unit, dan terakhir Mazda VX-1 dengan 787 unit.

 

MPV MIDDLE

Naik ke segmen MPV menengah, jumlah pemainnya di segmen ini masih relatif terbatas. Toyota Kijang Innova masih mendominasi pasar dengan penjualan 56.157 unit. Peringkat kedua ada Nissan Grand Livina dengan 15.716 unit, disusul Honda Freed 6.517 unit. Posisi keempat, model lawas Isuzu Panther masih bertahan dengan perolehan 2.994 unit, dilanjutkan Proton Exora dengan 400 unit, dan Mitsubishi Delica 165 unit.

 

UPPER MPV

Masuk ke segmen Upper MPV, porsi penjualannya juga semakin sedikit. Namun, ternyata model yang bersaing di kelas ini lebih banyak ketimbang MPV menengah. Nissan Serena merupakan model terlaris di segmen ini dengan penjualan 1.712 unit. Posisi kedua ada Mazda Biante dengan torehan 1.485 unit, diikuti Toyota Alphard dengan hasil 1.156 unit.

Posisi keempat penjualan ada Honda Odyssey dengan hasil penjualan 642 unit, disusul Toyota Nav-1 dengan 535 unit, Hyundai H-1 447 unit, Chevrolet Orlando 150 unit, Nissan Elgrand 122 unit, dan Mazda8 19 unit.

Adakah mobil MPV Anda masuk ke dalam daftar tersebut? Tak masalah mobil apa yang Anda pakai, yang penting telah memenuhi kebutuhan Anda sekeluarga dan pastikan selalu terawat dengan baik supaya mesinnya selalu awet.

Dari daftar di atas tadi, Anda bisa membeli beberapa di antaranya di PriceArea. Cek harga Daihatsu Xenia dan harga Toyota Avanza 2015 yang tersedia dalam pilihan harga sesuai kemampuan Anda. Ketahui juga juga harga mobil baru 2015 lainnya dan miliki untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Comments

comments