Lemari es memang adalah salah satu barang elektronik yang hampir pasti ditemukan di kebanyakan rumah, namun kalau mengenai fungsi dan kegunaan, pastinya masih banyak kulkas yang masih kurang maksimal penggunaanya. Ada banyak hal tentang lemari es yang jarang diketahui oleh banyak orang dan hal-hal itu antara lain adalah:

1. Sebagai Penyimpan Kosmetik

Banyak orang yang tidak tahu bahwa lemari es bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan kosmetik dan alat kecantikan yang sangat baik. Selain bisa memperpanjang usia penggunaan kosmetik, lemari es juga mampu memaksimalkan kinerja kosmetik meskipun kosmetik sudah dibuka. Berbeda saat kita menyimpanya di luar, akan ada sedikit penurunan kualitas yang terjadi di kerenakan oleh udara dan faktor lain, namun saat berada di dalam kulkas, kosmetik akan selalu berada pada kondisi yang sama seperti baru. Kita juga bisa menyimpan parfum dan pewangi lainya di kulkas untuk menjaga kualitas wewangianya.

2. Menyimpan ASI Perah

Hal ini mungkin sudah banyak dipraktekan oleh banyak ibu-ibu. Memang benar, dengan menyimpan di dalam kulkas, kita bisa “mengakali” waktu pemberian ASI. Seperti yang kita tahu bahwa kadang para ibu juga sibuk bekerja jadi tidak bisa selalu ada di sisi buah hati dan memberikan ASI secara langsung, namun dengan bantuan lemari es yang suhunya diatur secara khusus, para buah hati selalu bisa mendapatkan ASI segar. Biasanya suhu yang diperlukan untuk menyimpan ASIP adalah di bawah 4 derajat celcius.

3. Jenis Lemari Es Unik

Saat ini kulkas sudah sangat berkembang dan berbeda dengan lemari es yang kita kenal di tahun 90an. Saat ini kulkas mampu melakukan banyak hal. Sebut saja lemari es standard yang bisa kita temui di banyak toko elektronik yang juga mampu berperan sebagai dispenser dan water purer. Selain itu, saat ini ada produk lemari es di Jepang yang hanya akan terbuka saat kita tersenyum. Hal ini menunjukan bahwa teknologi yang diterapkan pada lemari es semakin hari semakin berkembang.

4. Cara Merawat Lemari Es yang Benar

Ada beberapa hal yang harus sangat diperhatikan saat merawat kulkas. Hal pertama adalah pada saat penyimpanan makanan. Perhatikan ukuran lemari es dan usahakan selalu menyesuaikan dengan ukuran lemari es yang kita miliki. Hal lain yang sangat perlu diingat dalam perwatan lemari es adalah pembersihan rutin. Usahakan selalu membersihkan lemari dengan air secara berkala. Kita bisa melakukanya sebulan sekali atau mungkin dua minggu sekali untuk memberikan hasil yang lebih baik.

5. Barang yang Tidak Boleh Masuk Lemari Es

Perhatikan barang-barang yang akan kita masukan ke dalam kulkas. Selain bisa memberikan bau yang tidak sedap, barang yang kita masukan juga akan rusak. Kopi misalnya, sangat dilarang untuk kita memasukan kopi ke dalam kulkas karena bau kopinya akan hilang. Selain itu usahakan jangan memasukan buah atau bahan makanan yang memiliki bau yang kuat seperti durian ke dalam kulkas karena baunya akan susah dihilangkan.

Comments

comments