Bagi Anda yang baru saja mendirikan perusahaan, mengatur tata kantor hingga mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengannya adalah tantangan tersendiri. Untuk itu ada baiknya Anda memikirkan baik-baik merencanakan pengeluaran untuk pengaturan kantor baru Anda. Jangan sampai pengeluaran Anda membengkak karena membeli hal-hal yang tidak penting. Selain itu satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah perlakuan dan fasilitas yang Anda berikan pada orang-orang yang Anda pekerjakan di kantor tersebut. Salah satunya adalah dengan menyediakan mesin esspresso atau mesin pembuat kopi.

Ini Alasan Mengapa Kantor Sediakan Mesin Esspresso
Mesin Kopi Canggih

Seringkali pemilik perusahaan didapati kurang perhatian atau malah sebaliknya yakni cukup bermurah hati dalam memperlakukan karyawannya. Kecuali Anda berada pada bagian produksi, investasi pada sumber daya manusia adalah yang dianggap paling penting. Hal tersebut bisa mencangkup gaji, bonus, perekrutan, event perusahaan, dan masih banyak lagi. Karena sumber daya manusia inilah yang setiap harinya mengembangkan dan menjual produk, serta melakukan perekrutan terhadap karyawan lain, Anda harus benar-benar memperhatikan kebahagiaan dan produktifitas mereka. Alih-alih menghabiskan banyak pengeluaran untuk membeli furniture kantor Anda, pergilah mengunjungi situs seperti pricearea.com untuk mengatasi permasalahan tersebut secara efektif dan efisien, kemudian gunakan sisa dana Anda yang cukup besar tersebut untuk hal-hal yang penting, yaitu untuk mereka yang bekerja dibalik meja kantor Anda.

Salah satu saran yang dapat diikuti berkaitan dengan perhatian terhadap karyawan adalah dengan menyediakan mesin pembuat kopi untuk kantor Anda. Mungkin saran ini cukup menggelikan, akan tetapi saran ini harus Anda pertimbangkan. Karena kebanyakan pekerja selalu ditemani secangkir minuman, kopi salah satunya. Untuk memenuhi kebutuhan karyawan tersebut, nampaknya sangat cocok untuk kantor Anda untuk membeli atau menyediakan mesin esspresso (mesin pembuat kopi). Jika tanpa mesin pembuat kopi tersebut yang secara singkat dan praktis untuk menyajikan secangkir kopi, mungkin karyawan akan pergi ke Starbuck atau Blue Bottle ataupun ke warkop terdekat setidaknya sekali atau mungkinbahkan bisa berkali-kali dalam sehari hanya untuk mendapatkan espresso kesukaanya.

Bayangkan saja, dengan kemampuan analisis perhitungan, jika Anda memiliki seorang karyawan yang menghasilkan Rp100,000,000 setahun atau Rp 50,000 per jam (Rp 65,000 per jam ‘kerjapenuh’), maka dari itu berarti pergi meninggalkan kantor hanya untuk pergi membeli kopi ke Starbuck selama 15 menit, maka akan membuat Anda kehilangan produktifitas sebesar Rp 16.000.

Jika karyawan tersebut melakukan ijin membeli kopi sebanyak dua kali setiap harinya, maka Anda akan kehilangan Rp 160.000 per minggu. Jadi jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka mesin esspresso yang seharga Rp 5.000.000 tersebut akan tergantikan dalam kurun waktu kurang dari sebulan dengan jumlah yang dihasilkan hanya dari 10 orang karyawan yang suka minum kopi. Namun jika Anda butu mesin kopi murah, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda bisa membelinya di toko terdekat.

Hal ini tentunya sepadan mengingat efek kopi pada satu cangkir kopi cantik dalam memacu tingkat produktifitas secara langsung. Jadi ada baiknya mulai sekarang Anda memikirkan hal tersebut untuk ditempatkan di kantor Anda.

Comments

comments