Banyak hal tentang Smartphone yang sesungguhnya belum bisa dimaksimalkan oleh banyak orang. Salah satunya adalah penggunaan smartphone sebagai CCTV. Hal ini sesungguhnya bukan hal baru, namun tidak banyak orang yang mengetahui hal ini. Tentu saja ada beberapa langkah yang harus ditempuh dan kamu harus memiliki laptop sebagai receiver untuk hal ini. Alih-alih menggunakan kamera CCTV yang biasa yang tentu saja memiliki harga yang cukup mahal, kamu bisa menggunakan handphone Android kamu untuk melakukan hal ini. Hal yang sangat membantu bukan?

Nah berikut langkah – langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah Handphone Android menjadi CCTV handal

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin melakukan hal ini. Kmu bisa menggunakan handphone Android tipe apapun. Kmu bisa saja menggunakan samrtphone lokal yang lebih murah, hasilnya akan tetap sama bagusnya. Langkah yang perlu dilakukan untuk bisa merubah handphone Android kamu menjadi kamera CCTV adalah sebagai berikut:

1. Alat-alat
Hal pertama yang harus dikumpulkan adalah alat-alat yang kamu butuhkan. Kamu harus memiliki handphone yang bisa melakukan tethering dan laptop yang bisa menerima tethering dari handphone.

2. Download Aplikasi IPCam
Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi IPCam dari Google Play. Setelah terinstall atur aplikasi IPCam dengan memilih kualitas gambar yang kamu kehendaki, semakin rendah kualitas gambar maka semakin awet baterai handphone kamu. Aplikasi ini mudah digunakan, oleh karena itu kamu tidak akan mengalami kesulitan berarti dalam mengoprasikanya.

4.  Pengaturan Browser Laptop
Setelah handphone di set, saatnya mengatur laptop atau komputer yang kamu gunakan. Buka browser dan isikan alamat IP handphone kamu di bagian alamat browser. Alamat IP ini tertera jelas pada aplikasi IPCam yang kamu gunakan pada handphone kamu. Setelah kamu memasukan alamat IP-nya, maka browser akan langsung tersambung dengan handphone kamu dan menampilkan live feed yang diambil oleh kamera handphone kamu.

5. Perhatikan Koneksi
Koneksi internet adalah bagian utama dari prosess ini. Jika ada Wi-Fi maka kamu bisa menggunakanya, jika tidak ada, kamu bisa menggunakan jaringan seluler untuk mengirimkan sinyal tethering ke laptop kamu. Semakin baik sinyal yang kamu miliki, maka akan semakin baik pula hasil yang akan kamu dapatkan.

Langkah yang cukup mudah bukan? Memang ada beberapa langkah yang harus dilakukan namun dari petunjuk diatas, kamu bisa melihat bahwa untuk bisa mengubah handphone kamu menjadi kamera CCTV tidaklah terlalu sulit. Pastikan saja bahwa handphone kamu memiliki kamera yang bagus dan memiliki daya tahan baterai yang cukup tinggi jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini berlama-lama karena sinyal tethering akan sangat menguras tenaga handphone. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi membeli kamera CCTV yang sangat mahal jika kamu hanya ingin menggunakanya untuk sementara waktu saja.

Comments

comments