Jogging adalah olahraga ringan yang sangat menyehatkan badan. Banyak penelitian yang membuktikan dengan hanya melakukan berlari rutin tiap pagi atau sore dapat menurunkan resiko penyakit mematikan seperti jantung, stroke, diabetes, dll. Berlari tidak hanya dilakukan oleh orang yang sudah berusia lanjut. Jogging juga banyak dilakukan oleh anak muda. Bahkan di beberapa kota besar, Jogging sudah menjadi gaya hidup atau lifestyle tersendiri. Melakukan lari tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Meskipun kelihatannya simpel, ada aturan-aturan yang harus dilakukan agar olahraga lari anda tidak menjadi sia-sia. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar jogging anda bermanfaat.

Cara Jogging yang Benar dan Menyehatkan

1. Menggunakan Perlengkapan Olahraga yang Sesuai

Dalam ber-jogging perlengkapan yang wajib digunakan adalah setelan kaos (outfit) dan sepatu lari. Pakaian lari yang baik harusnya terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, misalnya katun. Bahan ini dikenal mempu menyerap keringat. Ada pula kaos yang khusus untuk jogging. Biasanya kaos tersebut memiliki pori-pori di beberapa bagian sehingga memungkinkan udara untuk masuk ke badan anda. Hal ini membuat anda tidak cepat lelah.

Cara Jogging Secara Benar

Perlengkapan selanjutnya adalah sepatu lari. Meskipun terlihat sepele, namun menggunakan sepatu lari sangat penting pada saat anda jogging. Menggunakan sepatu selain sepatu lari, atau malah tidak menggunakan alas kaki, dapat mengakibatkan cedera pada kaki anda. Penggunaan sepatu lari bisa juga untuk meningkatkan peforma lari anda. Biasanya sepatu lari dibuat dengan desain khusus sehingga sehingga nyaman digunakan dan membantu peforma lari anda.

2. Pengaturan Nafas

Cara Jogging Secara Benar

Yang kedua adalah yang berhubugan dengan teknik berlari anda, terutama adalah teknik pernafasan. Jika anda salah melakukan pengaturan nafas bisa-bisa anda jadi cepat lelah sehingga mempercepat waktu lari anda. Teknik yang benar adalah jangan menarik dan mengeluarkan nafas terlalu cepat pada saat berlari. Aturlah irama nafas anda dengan hitungan. Misalnya 1-3 detik pertama anda menarik nafas, setelah itu di detik ke 4 keluarkan. Detik ke 5-7 tarik nafas lagi, lalu keluarkan. Begitu seterusnya. Lebih dianjurkan lagi menarik dan mengeluarkan nafas dari hidung bukan dari mulut.

3. Tapakan Kaki

Cara Jogging Secara Benar

Ada teknik tersendiri untuk penapakan kaki pada saat anda jogging. Teknik yang benar adalah menapakkan kaki seluruhnya ke tanah. Biasanya orang berjogging hanya menapakkan kaki bagian ujungnya saja ketanah. Hal ini membuat bagian kaki tertentu anda kelebihan beban dan memungkinkan untuk jadi cepat, resiko terburuknya adalah mengakibatkan cedera pada kaki.

4. Pemanasan dan Pendinginan

Cara Jogging Secara Benar

Pada saat anda akan memulai olahraga apapun, pemanasan adalah hal yang sangat penting. Pemanasan dilakukan untuk membuat otot-otot anda ‘panas’ sehingga siap untuk menerima beban lebih berat. Saat akan jogging, anda bisa melakukan pemanasan 3-5 menit. Lakukan stretching pada bagian tubuh anda dari atas ke bawah. Fokuskan untuk memanaskan otot kaki anda. Setelah anda selesai jogging, lakukanlan pendinginan. Caranya dengan berjalan lebih dahulu paling tidak 5 menit agar otot kembali rileks. Setelah itu lanjutkan dengan peregangan kembali.

5. Waktu Teratur

Cara Jogging Secara Benar

Yang terakhir agar jogging anda efektif adalah mengatur waktu berlari anda. Idealnya, olahraga lari dilakukan 150 menit per minggu. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kesibukan anda, misalnya 3 kali 50 menit atau 5 kali 30 menit. Saat anda tidak melakukan jogging secara teratur karena kesibukan atau apapun, janganlah melakukan aktifitas lari dengan waktu yang biasa anda lakukan. Mulailah dengan ringan, misalnya 5 menit jalan 5 menit lari, dst.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Sepatu Olahraga yang Perlu Anda Perhatikan

Dengan melakukan teknik lari di atas, resiko cedera dan kelelahan akibat jogging akan tereliminasi. Selain sehat, jogging juga dapat menenangkan pikiran anda dari segala permasalahan dan peliknya lalu lintas yang selalu menemani anda dalam menjalankan segala macam aktifitas. Keep Healthy Guys.

Comments

comments