Kebutuhan akan alat komunikasi seperti handphone semakin penting saja di era modern seperti sekarang ini. Bahkan sekarang handphone tidak terbatas hanya menjadi alat komunikasi, akan tetapi juga gadget sebagai penunjang gaya hidup sehari-hari atau lifestyle. Dengan banyaknya produk ponsel atau yang lebih populer namanya smartphone, orang-orang jadi memiliki banyak pilihan untuk ponsel yang mereka inginkan. Ketika sudah memiliki smartphone yang diinginkan, hal yang harus dilakukan adalah merawatnya agar bisa terus digunakan dan tidak cepat rusak. Apalagi teknologi ponsel sekarang yang semakin canggih justru semakin rawan rusak sehingga pemilik harus menjaganya dengan penuh hati-hati.
Perbedaan feature phone dengan smartphone era sekarang memang sangat mencolok, dimana smartphone jauh lebih unggul dari segi teknologi dan kegunaan. oleh sebab itu, cara merawatnya pun berbeda antara ponsel jadul yang hanya bisa digunakan sms dan telfon saja dengan ponsel multi fungsi seperti era sekarang. Jika ponsel dulu tidak perlu ada treatment yang khusus, untuk smartpphone jaman sekarang justru membutuhkan perawatan yang sangat detail agar menjaganya tetap awet. Nah, bagaimana cara merawat smartphone anda agar tetap awet? Hal-hal berikut ini perlu anda lakukan demi menjaga ponsel anda tetap terawat.
1. Bagian Layar

Tips-merawat-smartphone-artikel.okeschool
Perawatan Layar Smartphone

Ada banyak bagian dari smartphone yang memerlukan proteksi lebih dan yang pertama adalah layar. Untuk sebuah smartphone, layar adalah elemen yang sangat penting. Semua pengoperasian smartphone anda berawal melalu layar (screen). Pertama, gunakanlah pelindung layar anti gores atau screen guard. Item ini tersedia banyak di toko penjual aksesoris handphone. Dengan memasang screen guard pada layar smartphone, maka layar ponsel anda akan terlindung dari kemungkinan tergores. Alternatif lainnya, Flip Cover juga akan membatu melindungi layar smartphone anda.
Kedua, Jangan menyimpan handphone pada ruangan yang sempit, misalnya saku celana ketat. Sebagian layar smartphone sangat rentan pecah sehingga anda harus menjaganya agar tidak terhimpit. Ketiga, Jangan terlalu sering meletakan ponsel ditempat yang terkena matahari langsung. Kualitas layar LCD smartphone akan berkurang jika terus menerus terpapar sinar matahari secara langsung.
2. Bagian Bodi
Beberapa smartphone mungkin sudah mengantongi sertifikat IPx5 maupun IPx6 yang berarti ponsel tersebut diklaim secara resmi anti air, anti debu, tahan banting dan lainnya. Namun tidak semua smartphone memiliki sertifikasi tersebutm terurama smartphone kelas menengah kebawah. Untuk itu, anda perlu menjaganya dengan ekstra hati-hati. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi bodi smartphone anda. Pertama adalah menggunakan case. Dalam hal ini case handphone bisa dibedakan menjadi dua, softcase dan hardcase. Keduanya memiliki keunggulan den kelemahannya masing masing. Softcase lebih elastic karena terbuat dari bahan karet atau silikon, sementara hardcase terbuat dari bahan plastic maupun metal. Selain kedua jenis case tersebut, ada pula jenis flip case yang biasanya terbuat dari material kulit sehingga banyak dikenal juga leather case. Perlindungan yang diberikan flip case lebih lengkap karena tidak hanya melindungi bodi bagian belakang akan tetapi juga bagian depan, termasuk layar smartphon anda.
3. Bagian Sistem atau Software
Merawat smartphone tidak hanya di bagain luarnya saja, akan tetapi juga bagian dalamnya atau software-nya. Setiap smartphone tentunya memiliki software dengan kemampuan dan spesifikasi berbeda-beda. Hal ini membuat perawatannya berbeda pula satu ponsel dengan yang lainnya. Yang pertama harus dilakukan demi menjaga software dan sistem tetap awet adalah meng-install aplikasi anti-virus. Kita tahu, teknologi smarphone sedikit banyak mirip dengan komputer sehingga rentan pula terjangkit virus. Apalagi kita sering menggunakan smartphone untuk berselancar di dunia maya. Program anti-virus akan melindungi anda dari virus ataupun aplikasi berbahaya (malware) yang mungkin terbawa ke handphone anda. Adanya virus dan malware bisa merusak sistem smartphone anda dan membuat kinerjanya lambat. Bahkan dalam kadar tertentu membuat handphone anda mati sama sekali.
Kedua, jangan memaksakan apa yang handphone anda tidak bisa lakukan. Contohya, menginstal game dan aplikasi berat yang jalas-jelas membutuhkan requirement lebih tinggi dari smartphone yang anda miliki. Mungkin aplikasi dan game tersebut bisa berjalan di smartphone anda tapi tentu saja tidak maksimal. Hal ini membuat kerja prosesor semakin berat akibatnya handphone jadi cepat panas. Jika berlangsung terus menerus bisa merusak seluruh perangkat mesin smartphone anda.
Ketiga, meng-install aplikasi optimizer. Banyak sekali aplikasi semacam itu yang bisa anda unduh melalui Playstore. Aplikasi tersebut biasanya digunakan untuk membersihkan file-file sampah (junk files) yang tidak berguna memenuhi memori anda yang membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Aplikasi semacam itu pun bisa membantu anda untuk menghemat daya baterai dengan modus hemat dan menambah performa handphone dengan modus performance.
4. Bagian Baterai

tanda-tanda_anda_perlu_mengganti_baterai_smartphone_baru_140311_0
Perawatan Baterai

Baterai adalah elemen terpenting dari sebuah handphone sebagai pemasok daya guna membuat sebuah ponsel dapat beroperasi. Jadi, anda harus benar-benar serius untuk merawatnya. Pertama, yang paling berpengaruh untuk sebuah baterai adalah dalam hal pengisian ulang daya atau recharge. Biasakanlah mengisi ulang daya jika baterai sudah menunjukan level 10-15 %. Jangan sampai turun di bawah itu atau bahkan sampai handphone shut down otomatis karena itu lama kelamaan bisa menurunkan kualitas dan daya tahan dari baterai. Selain itu, pada saat pengisian daya dilakukan, jika sudah penuh 100% langsung cabut alat pengisi dayanya. Jangan sampai baterai penuh akan tetapi masih tersambung dengan konektor listrik. Hal ini pun akan membuat daya tahan baterai akan berkurang lama kelamaan.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan charger dari perangkat lain yang bukan asli bawaan dari handphone anda. Alasannya, bukan tidak mungkin perangkat lain yang anda gunakan tersebut memiliki input dan output daya yang berbeda dengan charger handphone anda. Perbedaan output charger dengan kebutuhan input daya dari baterai smartphone membuat baterai akan mengalami penurunan kualitas. Jika digunakan bisa saja cepat habis dayanya.
5. Bagian Kamera dan Speaker
Sebuah smartphone pastinya memiliki kamera dan tentu saja speaker. Bagian tersebut juga harus dilindungi dan dirawat dengan baik. Melindungi bagian kamera bisa dilakukan sekaligus dengan pelindung bodi menggunakan case. Ada juga alat yang khusus untuk melindungi lensa kamera agar tidak terkena goresan. Sementara itu, untuk merawat speaker, janganlah meletakan smartphone anda berdekatan dengan barang yang mengandung medan magnet, benda logam kecil dan air. Ketiga elemen tersebut bisa merusak speaker smartphone anda.
6. Bagian Keyboard dan Tombol
Sebagian smartphone saat ini masih menggunakan keyboard. Walaupun tidak membutuhkan perlindungan dan perawatan ekstra seperti touch screen, akan tetapi tetap saja keyboard harus dijaga. Debu biasanya adalah hal yang seringkali masuk melalui celah kecil diantara keyboard. Anda bisa membersihkannya secara rutin. Bisa juga anda memasang pelindung keyboard (biasanya stiker) agar tulisan huruf dan angka pada keyboard tidak hilang akibat pemakaian.

Comments

comments