Ilustrasi-Rambut-Tak-Sehat
Ilustrasi-Rambut-Tak-Sehat

Rambut sebagai mahkota dan pelindung kepala kita, ternyata memiliki fugsi lain. Bagian tubuh yang paling atas ini juga bisa berguna untuk mendeteksi penyakit. Bagaimana caranya?

Faktanya, rambut itu mencerminkan kesehatan tubuh kita. Bila rambut kita sehat, berarti tubuh juga sehat. Mendeteksi penyakit lewat rambut sebenarnya bukanlah hal yang baru di dunia medis. Lebih dari 200 tahun lalu, sudah dilakukan pemeriksaan rambut, terutama untuk mengukur kadar arsenikum (zat kimia yang berbahaya). Misalkan pada pemeriksaan rambut jenazah Napoleon Bonaparte, menunjukkan adanya timbunan kadar arsenikum. Pemeriksaan itu memunculkan dugaan bahwa Kaisar Perancis itu telah dibunuh secara perlahan-lahan dengan cara diracuni tubuhnya dengan arsenikum.

 

ANALISA RAMBUT VS ANALISA DARAH DAN URIN

Cara kerjanya hampir sama dengan pemeriksaan darah dan urin, tapi hasil analisis rambut sanggup menunjukkan kondisi tubuh sampai sekitar 2 bulan terakhir. Sementara analisis darah dan urin hanya memperlihatkan kondisi tubuh selama beberapa hari terakhir saja. Walau ada tes urin yang secara cepat bisa mendeteksi cemaran logam berat dalam tubuh kita, tapi hasilnya kurang akurat. Sedangkan analisa rambut bisa secara akurat menunjukkan cemaran logam berat dalam tubuh kita. Proses ini juga bisa dengan tepat mendeteksi pola nutrisi pasien, dengan begitu Anda jadi bisa memperbaiki pola makan yang keliru.

 

CARA KERJA ANALISA RAMBUT

Mengecek kesehatan melalui rambut memang lebih untuk mengukur kadar mineral dan elemen racun di dalam tubuh. Cara ini mampu mendeteksi komposisi hingga 38 macam mineral, sedangkan analisis darah hanya bisa mendeteksi beberapa jenis mineral saja, seperti kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan natrium.

Komposisi mineral yang seimbang di dalam tubuh memang berpengaruh langsung pada kondisi kesehatan. Namun untuk mengukur seberapa akurat setiap jenis mineral yang bermanfaat (nutrient) dan harus kita konsumsi itu tidaklah mudah. Padahal bila kekurangan atau kelebihan mineral tertentu, sama-sama akan berdampak pada terganggunya kondisi kesehatan.

Misalnya tembaga, zat ini diperlukan dalam pembuatan hormon estrogen, tapi jika kelebihan akan menyebabkan sakit kepala. Seng sangat membantu produksi hormon yang bermanfaat untuk menangkal stres, tapi kalau berlebih bisa menimbulkan gangguan pada prostat. Ada pula serangan jantung yang ternyata berkaitan erat dengan keseimbangan kalsium dan magnesium di dalam tubuh.

Kelebihan mineral seperti itu antara lain bisa disebabkan oleh konsumsi suplemen makanan yang berlebih. Kondisi tidak seimbang itu masih ditambah pula dengan pencemaran mineral berbahaya dari lingkungan yang sangat sulit dihindari. Apalagi di Indonesia sebagai negara berpolusi terburuk ketiga di dunia, pasti ada timbunan elemen beracun seperti timbal, aluminium, merkuri, dan arsenik dalam tubuh yang cukup tinggi.

Sebuah uji telah menemukan adanya kadar aluminium, timbal, dan merkuri yang tinggi pada beberapa anak di Jakarta. Kasus tersebut tidak hanya disebabkan oleh pengaruh lingkungan, ibu hamil yang terpapar pun akhirnya bisa melahirkan anak-anak dengan keterlambatan gerak motorik. Contoh mudahnya saja adalah pencemaran timbal dari kendaraan bermotor misalnya, bisa membuat orang jadi agresif. Efek lain dari pencemaran seperti ini adalah sering sakit kepala, badan terasa lemas, dan sering terkena penyakit.

 

CARA PENCEGAHAN

Diperlukan langkah khusus untuk mecegah, atau paling tidak mengurangi kadar pemaparan zat berbahaya pada rambut. Terutama untuk Anda yang bekerja atau sering berada di lingkungan tidak sehat, seperti pabrik, proyek bangunan, laboratorium, dan jalanan. Caranya adalah dengan menggunakan pelindung kepala supaya menghambat masuknya paparan zat kimia berbahaya langsung ke rambut.

Di samping itu Anda juga harus rajin mencuci rambut agar kebersihannya selalu terjaga dan tidak menyebar ke tempat lain. Sesekali adakan pula pemeriksaan ke laboratorium untuk pemeriksaan adanya racun dalam tubuh Anda. Bila memang ada, Anda bisa menjalani program detoksifikasi untuk menghilangkan racun logam berat. Tak ada salahnya juga untuk mengonsumsi vitamin dari dokter untuk menjaga kesehatan.

 

Ternyata hidup di zaman serba modern dan canggih yang dikelilingi bangunan-bangunan tinggi serta asap polusi sekarang ini membawa dampak buruk bagi kesehatan. Bandingkan saja dengan kakek dan nenek yang hidup di desa, mereka lebih sehat dan panjang umur. Bahkan mereka masih sanggup melakukan aktivitas berat, dibandingkan kita yang masih muda dan memiliki fisik lebih kuat. Untuk dapat hidup sehat, Anda bisa mengonsumsi vitamin dari Pricearea yang ada di http://www.pricearea.com/harga/kesehatan-dan-kecantikan/vitamin-dan-obat. Dapatkan juga produk kesehatan lainnya melalui http://www.pricearea.com/harga/kesehatan-dan-kecantikan/produk-kesehatan.

Comments

comments