Hoverboard adalah suatu papan yang dapat dikendarai mirip skateboard, bedanya skateboard menggunakan roda, sedangkan hoverboard melayang di udara. Teknologi hoverboard dimulai pada tahun 1950 ketika perusahaan Hiller Aircraft membuat semacam alat mirip hoverboard yang dinamai Flying Platform. Teknologi hoverboard benar-benar maju setelah seorang Prancis bernama Nils Guadagnin membuat hoverboard yang menggunakan daya tolak menolak antara kutub magnet yang sama.Hoverboard buatan Nils juga dilengkapi teknologi laser untuk membantu menjaga kestabilan. Namun hoverboard ini belum mampu menerima beban bobot manusia. Kemudian pada tahun 2014, Greg Henderson menyempurnakan kekurangan tersebut.

Dia menggunakan prinsip kerja kereta supercepat yang menggunakan daya levitasi magnet. Hoverboard buatannya mampu membawa beban 150 kg saat melayang satu inci di atas tanah. Empat mesin kecil dijalankan untuk menghasilkan daya levitasi magnet seperti pada kereta cepat. Selain itu, mesin-mesin tersebut dapat menghasilkan daya dorong. Hoverboard yang dibuatnya ini dinamakan Hendo. Ternyata Hendo sangat diminati pecinta skateboard. Namun ternyata proyek ini hanya sebuah cara Greg untuk memperkenalkan idenya, yaitu menciptakan gedung yang menggunakan levitasi magnet agar dapat menjadi gedung yang tahan guncangan saat gempa. Sehingga idenya tersebut lebih dapat diterima pasar.

Hoverboard belakangan ini dirancang minus pegangan, persis seperti yang Anda lihat di video tadi. Makanya ada pula yang menyebut dengan istilah electric handfree scooter. Harga hoverboard tervaru pun bervariasi mulai 300 dolar hingga di atas 1.000 dollar. Beberapa perusahaan telah memproduksi, salah satu di antaranya adalah Xiaomi. Kami pilihkan empat brand hoverboard papan atas :

1. PUNKEEDUCK

Chris Brown dan Kendall Jenner adalah dua artis yang pernah menggunakan hoverboard ini. Phunkeduck adalah start up yang telah merilis lima varian warna scooter handsfree ini. Panjang hover sekitar 55 cm, dengan lebar dan tinggi sekitar 17 cm. Beratnya mencapai 8 kg.Kecepatan maksimalnya mencapai 19 km per jam. Kapasitas angkutnya maksimal seberat 136 kg. Punkeduck memiliki kemampuan menembus jarak hingga 16 km, tetapi dengan catatan jika baterai diisi penuh selama 6-7 jam. Harganya sekitar Rp 21 jutaan.

2. SWAGWAY

Bodinya terbuat dari Hard ABS, sementara roda dari aluminium dengan ban karet. Swagway yang terdiri dari satu varian mampu berlari hingga kecepatan 16 km per jam. Daya tampungnya lebih ringan dari Punkeeduck, maksimal untuk pengendara bertubuh 100 kg. Namun scooter minus handle ini bisa menembus jarak 22 km.Bodinya sepanjang 58 cm dengan tinggi dan lebar 18,5 cm. Swagway jauh lebih murah ketimbang Punkeeduck, hanya seharga paling mahal sekitar Rp 7,7 jutaan. Kalau mau dikreasi dengan aksesori kulit, satu paket seharga Rp 600 ribuan. Selain itu Anda juga bisa beli backpack untuk membawa seharga Rp 560 ribuan.

3. IO HAWK

Desainnya keren dan futuristik. Berbobot 9.9 kg. IO Hawk dirancang untuk mampu membopong penumpang seberat 120 kg. Selain itu hoverboad satu ini sanggup mendaki asal sudut elevasi jalanan tak lebih dari 15 derajat. Kecepatannya di jalan lurus hanya 9 km per jam saja.Daya jelajah maksimal mencapai 28 km, artinya setelah itu Anda harus isi ulang baterai kembali. Panjang IO Hawk tak beda jauh dengan hoverboard lainnya, sekitar 58 cm, dengan tinggi dan lebar 17 cm. IO Hawk tersedia dalam empat pilihan warna, harga per unit sekitar Rp 25 jutaan.

4. RAZOR HOVERTRAX

Razor dikenal sebagai produsen perangkat kendara alternatif. Sudah banyak produk inovatifnya. Hovertrax hanyalah salah satu jenis produk hoverboard. Bahannya terbuat dari plastik polymer yang kuat. Daya angkutnya maksimal hanya mencapai 99 kg saja. Namun untuk keperluan bermanuver, Hovertrax jagonya. Sebab, ia dilengkapi dengan motor dua buah yang saling terintegrasi dan disertai sensor gyro.Selain itu ditambahkan pengontrol kaki serta anti selip. Rodanya sendiri terbuat dari aluminium yang dilapis oleh ban karet. Harga hoverboard yang hanya boleh dikendarai oleh pengguna di atas 13 tahun ini di bawah IO Hawk, hanya Rp 8,4 jutaan.

Baca Juga >> Sepatu KicKers Casual Terbaru 2017

Intinya, saat anda telah menaiki alat ini, kontrol untuk bergerak maju, kanan kiri, belakang itu terletak diujung kaki alias tumit dan jari-jari kaki, juga bisa dibantu oleh kemiringan badan kita, apabila ingin maju kita bisa menekan jari kaki kita kanan dan kiri kedepan secara bersamaan, bisa juga dengan mencondongkan badan ke depan. Sangat sederhana. Jangan lupa kunjungi PriceArea.com sebagai mesin pencari belanja dan pembanding harga nomer 1 di Indonesia dan dapatkan promo menarik setiap harinya. Selamat berbelanja PriceHolic!

Summary
Banding Harga HoverBoard
Article Name
Banding Harga HoverBoard
Description
Hoverboard adalah suatu papan yang dapat dikendarai mirip skateboard, bedanya skateboard menggunakan roda, sedangkan hoverboard melayang di udara.
Author

Comments

comments