Ilustrasi Manusia Purba
Ilustrasi Manusia Purba

Kehidupan manusia pada jaman dahulu identik dengan berburu dan berpindah tempat atau nomaden. Mereka bertahan hidup dengan membawa tombak dari kayu yang diruncingkan, api untuk memasak dari batu yang digesek, dan menjadikan daun sebagai pakaian. Mereka tidak kenal pistol, tidak juga kenal dengan kompor gas, bahkan mesin jahit. Jika aku tingga di masa itu, tak terbayang pasti, karena hidupku nyaman dengan tekologi canggih. Bagaimana dengan Anda?

Kembali pada masa purbakala, saat itu mereka sama sekali tidak mengenal teknologi, paling canggih adalah kemampuan membuat alat perburuan serta membuat api. Selebhnya tak ada, hidup di gua batu dan tak ada perkakas keseharian seperti saat ini.

Namun sekarang semua bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat. Jika lapar, maka Kita cukup membeli mi instan dan memasaknya dengan kompor gas. Jika kita ingin menyalakan api, tinggal membeli korek api di warung terdekat. Ingin memiliki baju pun cukup membeli di toko atau menjahitnya sendiri sesuai yang kita inginkan.

Segala hal dapat kita nikmati dengan mudah, hingga cuaca sekalipun bisa kita akali dengan kecanggihan tekhnologi yang ada.  Kita tinggal di daerah khatulistiwa yang merupakan daerah tropis dengan identiknya cuaca panas. Ibarat ada gula ada semut pun berlaku disini. Melihat kondisi tropism aka dimanfaatkan oleh vendor dengan menjual dan berpromosi untuk produk air conditioner (AC).

Apa yang jadikan hidupku nyaman dengan tekologi canggih?

Dahulu berpindah ke suatu tempat dengan berjalan kaki adalah satu-satunya pilihan yang ada. Hal yang sangat tidak mungkin dilakukan jaman sekarang. Karena terbantunya kita dengan kendaraan – kendaraan yang mampu membawa kita ke suatu tempat dengan lebih cepat. Melalui darat kita bisa menggunakan , ingin menyebrangi lautan cukup naik kapal,  dan ingin terbang seperti khayalan khayalan di masa lalu bisa kita wujudkan dengan menaiki pesawat .

Satu hal yang sangat penting dalam era sekarang adalah komunikasi .Beberapa manfaat komunikasi yang sangat penting di masa kini benar-benar Kita rasakan. Keadaan di belahan bumi lain bisa cepat kita ketahui melalui internet .

Berbicara dengan orang yang sangat jauh dengan lokasi kita cukup melalui . Tapi dari semua manfaat yang Kita peroleh, apakah Kita sadar akan kemunduran yang terjadi? Dahulu kita tidak mengenal kata polusi , kita tidak tahu kata macet , kata global warming, senjata api bahkan senjata nuklir.

Semua kemajuan tekonologi ini membawa dampak yang buruk ketika tidak diiringi dengan kemajuan dalam akhlak kita sebagai pemakai utama tekhnologi . Ibarat pepatah bagai pisau bermata dua.

Teknologi disamping membawa dampak positif tetapi juga memberi dampak negatif. Teknologi yang baik adalah ketika kita tau manfaatnya disisi lain kita mencegah sisi negatif yang akan ditimbulkan dari adanya teknologi tersebut.

Salah satu contoh umum yang mungkin kita sebagai orang yang tidak terlalu peduli dengan sisi negatif teknologi adalah masalah penyakit degeneratif . Kita tidak sadar, dengan segala kemudahan yang kita dapat, menjadikan Kita malas untuk berjalan, malas untuk berolahraga . Kebanyakan dari orang orang yang berduit akan menghabiskan waktunya untuk tidur ketika liburan , atau main game untuk menghabiskan waktu senggang . Karena itulah penyakit seperti diabetes, serangan jantung koroner lebih sering kita dengar menyerang orang orang kaya.

Pada sebagian orang yang belum bisa menjadi subyek pemakai teknologi , mereka hanya akan menjadi saksi bisu keberadaan teknologi. Semisal adalah tunawisma , orang yang kurang beruntung seperti mereka akan menjadi “jajahan” dalam era teknologi . Mereka tidak bisa memanfatkan teknologi yang ada demi kemajuan hidup mereka karena keterbatasan yang mereka miliki .

Dan kita sebagai pemakai atau subyek pun tak lepas dari “jajahan” ketika kita tidak ataupun kurang mahir dalam mengerti teknologi . Banyak kita temui kasus kriminalitas yang terjadi melalui social media online. Kebanyakan dari korban adalah usia remaja yang masih labil , mereka dimanfaatkan oleh orang yang memiliki ilmu lebih di bidang tersebut . Dan contoh lain adalah korban penipuan online. Mereka bisa ditipu  karena mereka kurang awas terhadap bahaya yang ada dalam penggunaan jual beli secara online .

Ilustrasi Pemimpin dalam Kelompok
Ilustrasi Pemimpin dalam Kelompok

Dari sekian banyak kemudahan dan bahaya dalam penggunaan tekhonologi sekarang ini , sudah sepatutnya kita  belajar dari kejadian yang sudah ataupun yang akan terjadi . Kita sebagai bangsa yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, kita harus mengerti cara mengolahnya dengan baik . Dan satu hal lagi , peperangan dalam era sekarang bukanlah berbentuk peperangan secara fisik saja .

Peperangan bisa terjadi melalui bidang teknologi . Janganlah kita menjadi jajahan teknologi negara lain , alias hanya pengimpor saja . Jadikanlah kita sebagai negara pemimpin dunia dengan teknologi kita yang maju . Karena pada masa depan , negara yang memiliki kekuasaan adalah negara yang telah menguasai teknologi dengan baik . Kemajuan negara kita , ada di tangan kita semua .

Comments

comments