Hidup dengan Kemajuan Teknologi – Perkembangan teknologi (elektronik) yang menyediakan barang-barang keperluan kehidupan kita saat ini bisa di katakan sebagai kebutuhan sekunder, yang tak pernah lepas dari pandangan mata. Contohnya saja handphone, yang selalu di bawa untuk berkomunikasi.

Ilustrasi Komputer
Ilustrasi Komputer

Komputer merupakan teknologi yang umurnya sudah sangat tua, tetapi masa kini terus berkembang tanpa kehilangan penggunanya. Sebuah contoh di masa kini, computer banyak di gunakan warnet agar kinerja dan kekuatan ketika main game online kuat. Dengan perkembangan yang pesat kini ada yang namanya laptop, sebagai anak dari komputer agar bisa di bawa kemanapun pergi tanpa harus memikirkan beratnya.

Kebebasan dalam memilih barang teknologi merupakan salah satu kenyamanan, anggap saja ketika menggunakan salah satu teknologi yang canggih akan tetapi kita tidak puas dengan kinerja barang tersebut. Sesuai dengan keinginan hati bukan tuntutan dari perkembangan zaman atau pengaruh dari lingkungan. Yang lebih penting lagi adalah manfaat teknologi itu sendiri, sebagai jaringan komunikasi tanpa harus berjabat tangan terlebih dahulu. Pertukaran data yang dilakukanpun cukup mudah dan hemat tenaga.

Kebutuhan manusia akan teknologi sangatlah penting, agar dapat mengetahui informasi baik dalam negeri maupun luar negeri. Dampak positif maupun negative dari kecanggihan teknologi pasti ada, tinggal bagaimana kita mengantisipasi akan kebutuhan terhadap teknologi.

Perkembangan yang sangat pesat dengan modifikasi yang unik untuk menarik perhatian konsumen, dengan harapan membantu agar semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan secepat mungkin tanpa terkendala komunikasi yang terbatas jarak.  Teknologi yang sering digunakan merupakan penunjang kehidupan manusia, yang awalnya sulit kini menjadi mudah dan cepat.

Penerapan teknologi itu sendiri agar efisien waktu, bagi kalangan bisnis melakukan transaksi lewat internet. Bagi pelajar lebih mudah mendapatkan refrensi saat ada makalah atau tugas, bisa dikumpulkan lewat internet ataupun langsung. Melakukan penyimpanan data di computer atau di handphone agar tidak susah lagi kembali mengerjakannya dan lain sebagainya.

Semua kalangan terus mengikuti perkembangan teknologi, setiap hari mendengar update barang ini itu. Berbagai penemuan terbaru terus bermunculan, dengan persaingan yang begitu ketat.

menciptakan teknologi merupakan keutama agar masyarakat dapat mencapai kenyamanan tanpa harus beranjak dari rumah. Sebagai sarana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia teknologi menerapkan berbagaimacam teknologi seperti Handphone, Komputer, Mobil, Motor, Bayi dan Anak, Fashion, Properti dan lain-lain. Yang meraja lela di masyarakat yaitu handphone, mulai dari yang jadul sampai dengan kecanggihan yang sangat pesat. Menjelajah (handphone) atau di jajah (handphone)?

Perkembangan handphone mulai yang jadul sampai sekarang sangat terkenal dengan berbagai macam fitur sangat banyak di pasaran, seakan menjadi saingannya bahan pokok pangan maupun sandang manusia.

Perubahan dari handphone

Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless).

Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI). (http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam)

Ilustrasi Jenis Handphone
Ilustrasi Jenis Handphone

Jenis Handphone Berdasarkan Fungsi

Ponsel bisnis

Ponsel jenis ini ditujukan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman anda, biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar (smartphone). Berbagai aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel ini dan dapat membuat pekerjaan kantor anda dapat dilihat dan dikerjakan dalam sebuah ponsel.

Ponsel hiburan

Ponsel jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel. Banyak Ponsel jenis ini yang memiliki variannya tersendiri, seperti ponsel musik, ponsel kamera, dan ponsel jejaring sosial.

Ponsel fashion

Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan sederhana. Tetapi dibalik itu semua, sebuah ponsel fashion dapat berharga berkali-kali lipat dari harga ponsel tercanggih. Dewasa ini dapat ditemukan ponsel yang berharga lebih mahal dari harga sebuah kendaraan, bahkan lebih mahal dari harga sebuah rumah.

Ponsel standar

Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang disematkan.

Dari beberapa fungsi Handphone diatas, yang paling diminati di masyarakat khususnya kalangan remaja adalah handphone yang hiburan. Dengan aplikasi music, camera dan tambahan aplikasi jejaringan social. Serba serbu dengan harga berpapun selama itu tidak menggunakan cara yang tercela.

Kebanyakan dari masyarakat kita masih adanya gengsi, saingan dengan sesama teman, tetangga. Saling memamerkan akan kemewahan dari handphone atau barang elektronik.

Seharusnya dengan canggihnya handphone dapat memajukan interaksi antara masyarakat, tidak terpaku di rumah dengan menikmati fasilitas, tetapi harus bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitar. Kita mendapatkan informasi dari handphone, alangkah baiknya membagi informasi kepada lingkungan kita yang mana mungkin mereka tidak mengerti akan teknologi. Dengan cara tersebut akan ada ikatan emosional, tidak adanya kesenggangan social apa lagi sombong.

Mendapatkan ide yang kreatif dari dunia teknologi, mendapatkan keuntungan, informasi dan lain-lain jangan membuat kita lupa akan kebutuhan interaksi sosial, hebohnya kemajuan teknologi tidak seheboh kehidupan nyata di masyarakat.

 

Ilustrasi Alat Elektronik
Ilustrasi Alat Elektronik

 

Novan Zunaldi

Latest posts by Novan Zunaldi (see all)

Comments

comments