Pada Tahun 2018 ini Samsung telah meluncurkan beberapa ponsel premium dengan teknologi terbaru seperti yang di bawa pada Samsung seri A8 dan A8+ yang mengguncang pasar handphone dengan kualitas terbaik dari Samsung. Kini di akhir bulan ke dua tahun 2018 samsung meluncurkan Smartphone terbaru dari seri Galaxy yang sudah tidak diragukan lagi apa yang ada di dalam smartphone ini. Pada saat peluncuran ya di Barcelona banyak mengundang decak kagum para pecinta Smarphone keluaran Samsung apa lagi kalau bukan seri yang telah banyak di rumorkan yaitu Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+.

Kini raksasa teknologi asal Korea Selatan (Korsel) itu akhirnya membuka misteri yang berbulan-bulan terpendam. Tidak lupa, sebagai ponsel flagship keduanya dibekali dengan spesifikasi yang gahar. Baik Samsung Galaxy S9 maupun Galaxy S9 Plus, keduanya sama-sama mengusung keunggulan kamera sebagai nilai jual yang paling ditonjolkan.

Berikut Perbedaan Antara Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+

1. Dimensi dan Layar

Sama dengan generasi sebelumnya, dimensi varian Plus lebih besar dari tipe reguler. Bagi mereka yang gemar menonton video atau memiliki tangan besar, Galaxy S9 Plus tentunya akan sangat digemari. Kedua perangkat memiliki resolusi layar sama 2.960 x 1.440 piksel namun dengan diagonal berbeda, 6,2 inci untuk Galaxy S9 Plus dan 5,8 inci untuk Galaxy S9.

Sementara terkait dimensi, Galaxy S9 Plus berukuran 10 mm lebih panjang dan 5 mm lebih lebar dari Galaxy S9. Keduanya memiliki ketebalan sama yakni 8,5 mm. Kedua perangkat juga memakai proteksi layar dari Corning yakni Gorilla Glass generasi kelima dan mengusung rasio layar kekinian 18,5:9. Sementara untuk kerapatan layar, Galaxy S9 unggul dengan 570 piksel per inci (ppi) sementara Galaxy S9 Plus hanya 529 ppi.

2. Baterai

Karena mengusung layar yang lebih lebar, Samsung membekali Galaxy S9 Plus dengan kapasitas baterai lebih besar, yakni 3.500 mAh. Sementara Galaxy S9 hanya mengusung baterai berkapasitas 3.000 mAh.

3. Memori

Galaxy S9 Plus unggul di komponen ini yang dibekali memori internal 64GB atau 256GB dengan RAM 6GB sementara Galaxy S9 hadir dengan kombinasi 4GB RAM dan 64GB ROM. Bagi pengguna yang tidak masuk kategori “multitasker” RAM 4GB sudah dirasa cukup untuk mengakomodir kebutuhan pemakaian. Sementara untuk kapasitas memori eksternal keduanya didukung slot microSD yang bisa diisi hingga 256GB.

4. Kamera

Galaxy S9 dan S9 Plus dibekali kamera utama dual-aperture f/1,5 dan f/2,4 untuk hasil foto memuaskan di kondisi cahaya normal dan low-light. Kedua perangkat itu juga memungkinkan mengabadikan video super slow motion 60fps resolusi 1080p dan 30 fps resolusi 720p. Meski memiliki kemiripan pada fitur kamera, Galaxy S9 Plus lebih unggul sebab memiliki kamera utama ganda 12MP sementara Galaxy S9 hanya satu. Pengguna Galaxy S9 dan S9 Plus menikmati fitur kamera sama, namun dibedakan pada jumlah kamera utama, single dan dual. Situasi ini serupa pada perangkat iPhone 8 dan 8 Plus milik Apple.

5. Harga Resmi

Di Indonesia, Samsung biasanya menggelar masa pre-order perangkat Galaxy S dan Galaxy Note Series di situs Galaxy Launch Pack. Sayang di website tersebut belum ada informasi detail berapa harga resmi Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Tanah Air. Apabila melihat harga jual Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ kedua perangkat itu di Amerika Serikat, Galaxy S9 dijual di harga 719,99 dolar Amerika atau sekitar Rp 10,2 juta (1 dolar Amerika = Rp 14.285 per 26 Februari) sementara Galaxy S9 Plus dijual 839,99 dolar Amerika atau sekitar Rp 11,9 juta. Situs Galaxy Unpack Indonesia sendiri telah menampilkan informasi bila kedua perangkat itu akan tersedia di Tanah Air mulai tanggal 27 Februari hingga 5 Maret mendatang melalui sistem pre-order.

Kesimpulan
Kedua perangkat masih membawa headphone jack 3,5mm, slot kartu microSD, sertifikat IP68 anti air dan debu, wireless charging, port USB type C, dan sensor sidik jari yang kini letaknya di bawah kamera utama. Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus juga mengadopsi chipset milik Qualcomm yakni Snapdragron 845 atau chipset milik Samsung yakni Exynos 9810 tergantung wilayah penjualan. Di Indonesia, Samsung Galaxy S9 tersedia di model 64GB sementara Galaxy S9 Plus di model 64GB dan 256GB yang keduanya hadir dalam varian warna Midnight Black, Coral Blue, dan Lilac Purple.

Baca Lainnya: Samsung Galaxy S9 Punya Fitur Tersembunyi. Keren Tapi Banyak yang Belum Tahu

Itu dia harga samsung galaxy s9 dan s9 plus. Anda pun dapat membeli Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ ini melalui platform e-commerce dan toko handphone terpercaya dengan mengunjungi pricearea.com sebagai mesin pencari belanja terlengkap nomer #1 di Indonesia. Selamat Berbelanja.

Comments

comments