Kepanjangan mesin EDC adalah Electronic data capture. Mesin EDC adalah sebuah mesin yang sering kita jumpai dan biasanya tersedia di tempat loket pembayaran atau kasir yang disediakan oleh outlet-outlet, supermarket, mall, hotel dan lain sebagainya, untuk penggunaannya mesin ini memerlukan sebuah line telepon dan ada juga yang menggunakan kartu/sim card yang dikeluarkan oleh pihak provider seperti TELKOMSEL,INDOSAT dan juga XL.

Mesin ini bisa digunakan untuk jaringan Prima Debit yaitu jaringan kerjasama antara BCA dengan bank-bank lain sehingga dapat menggunakan fasilitas di Mesin EDC BCA walaupun di mesin tersebut hanya memiliki fasilitas Debit saja (tidak ada fasilitas untuk penggunaan kartu kredit), Jaringan Prima Debit berbeda dengan Jaringan Prima. Jaringan Prima itu adalah jaringan kerjasama antara BCA dengan bank lain dalam pemakaian fasilitas di ATM, sedangkan Jaringan Prima Debit dipakai difasilitas Mesin EDC BCA. Logo Prima itu yang berwana biru, sedangkan Jaringan Prima Debit yang berwarna hijau.

Pada saat membeli atau menjual mesin edc, membedakan logo jaringan  yaitu dengan cara melihat sisi dibelakang kartu ATM bank yang mengeluarkan kartu ATM tersebut bila ada logo kotak kecil di posisi bawah, bila berwarna biru maka itu menggunakan Jaringan Prima. Bila warnanya hijau maka itu bisa menggunakan Jaringan Prima Debit. Biasanya logo-logo tersebut ada yang berbarengan dengan logo-logo fasilitas lain, misalnya ATM Bersama, Alto, Cirrus, dan lain-lain. Untuk harga mesin edc berkisar Rp 1.000.000 samapi Rp 3.000.000.

Keuntungan dari jaringan ini adalah :

  • Merchant Discount Rate (MDR) = Debit Discount Rate (DDR) = 0% (tidak dikenakan biaya transaksi)
  • Transaksi berbasis PIN ( Nomor Identitas Pribadi) untuk kemudahan verifikasi kartu dan aman
  • Cara penggunaan yang mudah dan sama seperti Debit BCA
  • Mesin EDC BCA mempunyai kemampuan mendeteksi transaksi, oleh karena itu untuk selanjutnya Transaksi Prima
  • Debit dapat dipastikan dengan menggesekkan kartu ATM bank lain dan melihat jenis transaksinya, bila tertera switching maka transaksi tersebut adalah Prima Debit.

Cara penggunaannya pun tidak begitu sulit karena di dalam menu sudah menggunakan bahasa inggris yang mudah di mengerti dan juga sewaktu pemasangan pihak tehnisi memberikan training atau menjelaskan bagaimana cara penggunaannya,kunjungan rutin setiap beberapa bulannya juga di lakukan oleh pihak tehnisi untuk pengecekan/maintenance , dengan banyaknya objek wisata di Indonesia membuat banyak tamu mancanegara berkunjung ke Indonesia sehingga berbagai macam jenis kartu debit atau kredit yang dikeluarkan oleh bank bank mancanegara banyak kita jumpai seperti VISA, MASTERCARD, JCB,AMEX dan lain sebagainya.

Baca Juga >>  Promo Kredit HP 1 juta-an Tanpa Kartu Kredit

Jangan lupa kunjungi PriceArea.com sebagai mesin pencari belanja dan pembanding harga nomer 1 di Indonesia dan dapatkan promo menarik setiap harinya. Selamat berbelanja!

Summary
Harga Mesin Edc, Untuk Para Entrepreneur ppob
Article Name
Harga Mesin Edc, Untuk Para Entrepreneur ppob
Description
Mesin EDC didefinisikan sebagai perangkat yang bisa dipakai untuk bertransaksi dengan kartu debit/kredit/e-money di merchant atau toko.
Author

Comments

comments