burung-beo-1-1

Hobi memelihara burung memang telah menjadi kegiatan yang menarik. Jika anda salah satu yang hobi memelihara burung, maka anda harus tahu mengenai jenis kandang burung. Mungkin jenis sangkar burung yang anda pilih untuk burung peliharaan anda nampak tidak begitu penting, tetapi itu adalah anggapan yang salah. kandang  burung sangatlah penting, terutama bagi para penggemar burung ocehan.

Pentingnya Jenis Kandang Burung

Mengapa jenis kandang burung sangat penting? Karakter fisik burung peliharaan anda, semisalnya Burung Beo yang rata-rata memiliki perawakan besar, jika disimpan dalam jenis sangkar burung yang terlalu kecil akan menghambat pergerakannya. Hal ini dapat menimbulkan stres bagi burung peliharaan anda karena ruang geraknya yang terbatas. Begitu juga sebaliknya dengan burung yang memiliki fisik kecil, seperti Kenari, yang disimpan dalam jenis sangkar burung yang besar. Burung tersebut akan menjadi terlalu aktif dan akhirnya mempengaruhi performa suara kicauannya.

Bagi anda yang baru menggeluti hobi ini, ada beberapa jenis kandang atau kandang burung yang bisa anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan burung peliharaan anda. Di pasaran, terdapat beberapa jenis kandang burung dengan ukuran dan bahan yang berbeda. Material kandang burung antara lain terbuat dari kawat, kayu, dan bambu. Ada baiknya anda menyesuaikan material dengan desain dan bentuknya, karena bentuk sangkar untuk tiap jenis burung akan berbeda pula.

Macam-macam jenis bahan pembuat kandang burung beo

Kayu
Banyak sangkar burung yang terbuat dari kayu. Yang menjadi patokan harga kandang burung dari bahan ini adalah jenis kayu yang digunakan. Contohnya, kandang yang terbuat dari kayu pipih biasanya seharga seratus ribu rupiah saja, tapi kandang yang terbuat dari kayu ulin, kayu besi, kayu jati, kayu sungkai, ataupun kayu nyatoh rata-rata harganya cukup mahal. Bahkan beberapa kandang dari kayu sungkai dan nyatoh harganya bisa dimulai dari ratusan ribu rupiah.

Kayu Solid
Kandang dari kayu solid harganya cukup tinggi, karena penggunaan bahan ini untuk kandang pada prinsipnya adalah untuk menghindari adanya sambungan-sambungan. Kayu yang digunakan bisa berupa kayu gelondong asli yang nantinya diukir. Biasanya kerajinan sangkar dari kayu solid dapat ditemukan di beberapa pengrajin di Bali. Harga jual kandang bisa mencapai jutaan rupiah.

Besi
Besi termasuk salah satu logam yang aman untuk burung. Hindari logam seperti kuningan, tembaga, timah, dan seng. Tapi patut diperhatikan, besi yang tidak beracun untuk burung adalah yang tidak dicat anti karat. Harga kandang dari besi tergantung dari kelas-kelasnya, ada besi pipih dan besi solid.

Bambu
Meskipun bambu tergolong bahan yang murah dan mudah didapat, tapi pengerjaan kandang dengan nilai dan citra seni yang tinggi bisa memengaruhi harganya. Namun kebanyakan harga kandang dari bambu tidak dipatok terlalu tinggi. Kualitas yang terbaiknya saja masih bisa didapat dengan harga tiga ratus ribu rupiah.

Kawat
Jenis kandang yang terbuat dari kawat tergolong yang paling murah, karena hanya membutuhkan kayu pipih kecil sebagai kerangka kemudian diselimuti oleh kawat di badan kandangnya. Anda bisa memiliki kandang jenis ini hanya dengan lima puluh ribu sampai seratus ribu rupiah saja.

Baca Juga >> 4 Model Sangkar Burung Minimalis Terbaik di Indonesia

Untuk cek harga dan berbagai macam kandang burung lainnya anda bisa melihatnya di PriceArea.com , semua harga dari seluruh toko online di Indonesia tersedia , jadi anda tidak perlu repot membandingkan harga lagi, cukup klik PriceArea.com. Selamat berbelanja online.

Summary
Harga Jual Kandang Burung Beo
Article Name
Harga Jual Kandang Burung Beo
Description
Kandang burung bukan hanya sebagai tempat tinggal burung peliharaan, tetapi juga harus enak di pandang dan selalu dijaga kebersihannya.Kandang burung memang tidak bisa sembarangan, karena semuanya berhubungan dengan aktivitas burung peliharan.
Author

Comments

comments