woll-baner

Dalam kegiatan jahit menjahit atau merajut, keberadaan benang memegang peranan penting. Pada umumnya benang digunakan untuk menjahit pakaian. Namun untuk benang dengan jenis tertentu biasanya digunakan sebagai hiasan atau pemanis pakaian. Dalam menjahit pakaian, pemilihan benang hendaknya disesuaikan dengan serat bahan, ketebalan bahan, serta setikan yang diinginkan. Wol adalah serat yang diperoleh dari rambut hewan dari keluarga Caprinae, terutama domba dan kambing, tetapi bisa juga berasal dari rambut mamalia lainnya seperti alpaca bisa juga disebut wol.

Wol

Serat wol tumbuh dari kulit domba dan merupakan serat yang relatif kasar dan berkerut dengan sisik pada permukaannya. Serat wol terdiri dari protein. Tampilan serat bervariasi tergantung pada jenis domba. Serat yang lebih halus, lebih lembut dan lebih hangat cenderung memiliki lebih banyak sisik dan lebih halus. Serat yang lebih tebal dan kurang hangat memiliki lebih sedikit sisik dan kasar. Biasanya, serat wol yang lebih baik dengan sisik yang lebih halus tampak kusam daripada kualitas serat berkualitas buruk yang memiliki lebih sedikit sisik.

Benang wol dapat dibuat banyak benda seperti:

  • Pakaian, Jaket, Jas, Celana, Baju hangat, Topi dan lain – lain
  • Selimut, Karpet, Bulu kepang dan Pelapis
  • Karpet kuda dan Kain pelana

Wol berbeda dengan serat lain karena struktur kimianya. Struktur kimia ini mempengaruhi tekstur, elastisitas, dan formasi kerutannya. Wol merupakan serat protein, yang terdiri dari lebih dari 20 asam amino. Asam amino ini membentuk polimer protein. Wol juga mengandung sejumlah kecil lemak, kalsium dan sodium. Harga benang wol, cukup terjangkau di semua kalangan, mulai dari ribuan hingg yang berkualitas bagus mencapai ratusan atau puluhan juta. Tergantung jenis wol yang ingin kamu gunakan.

Wol atau wool memiliki sifat elastis, mampu meregang sekitar 50% ketika basah dan 30% saat kering. Dapat di bent sekitar 20,000 kali tanpa patah atau rusak. Bahan ini juga tidak mendukung penyebaran api saat terbakar (ini dikarenakan oleh kandungan air dan nitrogennya yg tinggi). Ketika banyak serat buatan melumer dan menempel pada kulit ketika terbakar, wol biasanya akan hanya menyala dan hangus bukannya meledak terbakar menjadi api.

Wol secara alami aman karena tidak menyebabkan alergi serta tidak mendukung pertumbuhan bakteri. Serat ini juga memiliki tingkat perlindungan UV yg tinggi – jauh lebih tinggi daripada kebanyakan fiber sintetis dan kapas.

Baca juga >>  Jual Kebaya Anak Murah dan Modern

Kegatalan yg disebabkan oleh wol dikaitkan dengan diameter seratnya. Serat yg lebih tipis memberi kenyamanan yang lebih baik (seperti Merino wol yg murni). Batas kenyamanan untuk bahan kain yang dikenakan pada kulit adalah 28 mikron. Beberapa orang mengalami ketidaknyamanan jika lebih dari 3-4% dari serat yang dikenakan lebih dari 28 mikron tebalnya. Untuk mengurangi faktor gatal, kadang-kadang wol diperlakukan dengan bahan kimia atau dicampur dengan serat tertentu lainnya. Jangan lupa mengunjungi situs pencari belanja nomer 1 di Indonesia, yaitu PriceArea.com di jamin kamu tidak akan kehilangan moment berbelanja online yang murah dan terpercaya.

Summary
Harga Benang Woll Untuk Kebutuhan Merajut
Article Name
Harga Benang Woll Untuk Kebutuhan Merajut
Description
Wol adalah serat yang diperoleh dari rambut hewan dari keluarga Caprinae, terutama domba dan kambing, tetapi bisa juga berasal dari rambut mamalia lainnya seperti alpaca bisa juga disebut wol.
Author

Comments

comments