Laptop besutan Apple yang satu ini memiliki spesifikasi yang sangat baik. Selain harga Macbook Pro terbaru yang sekarang ini masih cukup tinggi, cara ini jauh lebih meringankan kantong anda. Anda tidak perlu membeli laptop baru demi mendapatkan spesifikasi dan juga kemampuan yang setara dengan laptop baru. Hal ini pastilah akan menguntungkan anda dari berbagai sisi bukan?

Anda hanya perlu menginvestasikan uang anda pada dua perangkat atau hardware laptop saja. Kedua hal tersebut juga tidak memiliki harga yang fantastis hingga menguras is kantong anda. Cukup keluarkan sekitar Rp 2 jutaan rupiah saja, maka laptop Macbook Pro lama anda menjadi baru kembali. Lantas, apa sajakah piranti yang perlu diganti untuk meremajakan laptop Apple kesayangan anda? Nah, yang anda butuhkan adalah upgrade pada sisi RAM dan juga memori. Seperti yang diketahui banyak orang bahwa batas ideal upgrade laptop atau notebook hanya sebatas penggantian RAM dan memory saja. Selebihnya akan mengganggu performa dari laptop itu sendiri.

Apple Macbook Pro
Macbook Pro

Yang pertama pada penggantian RAM, anda bisa menggantinya menggunakan RAM berkapasitas 8 GB. Tentunya RAM yang digunakan ini menyesuaikan dari frekuensi dari Macbook Pro itu sendiri. Anda dapat menyesuaikan ada RAM lama anda namun dengan sedikit upgrade pada kapasitas penyimpanannya saja. Dengan RAM yang lebih besar, maka system di laptop anda dapat berjalan dengan lebih smooth dan mulus.

Selanjutnya, penggantian pada Hardisk konvensional menggunakan hardisk yang memiliki teknologi Solid State Drive (SSD). SSD yang akan dipakai adalah yang memiliki kapasitas 256 GB. Dengan teknologi SSD ini, laptop dapat berfikir jauh lebih cepat karena tidak terdapat system mekanis di dalam penggunaan hardisk. Selain itu, laptop anda nantinya juga akan jauh lebih tahan terhadap guncangan. Dua keuntungan akan anda dapatkan dengan menginstal hardisk jenis ini. Tentunya ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan upgrade hardware tersebut. Untuk biaya pembelian RAM anda harus menyediakan sekitar Rp 780.000 untuk menebus RAM 8 GB tersebut. lain halnya dengan hardisk SSD, anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi yakni mencapai Rp 1.260.000 untuk mendapatkan hardisk jenis SSD berkapasitas 256 GB. Jika dijumlah, kedua hal tersebut hanya akan menghabiskan Rp 2.040.000 saja.

Apple Macbook Pro
Macbook Pro

Tentu saja harga di atas merupakan harga perkiraan tertinggi. Bisa jadi anda mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga yang tertera di atas. Apalagi jika anda berniat untuk memasang kedua komponen tersebut dengan tangan anda sendiri. Anda tidak perlu membayar orang lain lebih hanya untuk jasa pemasangan RAM dan hardisk SSD pada laptop kesayangan anda. Namun perlu diingat, jika membongkar laptop sendiri tanpa bantuan tenaga ahli resiko haruslah ditanggung anda sendiri, termasuk resiko gugurnya garansi. Jika anda menemui kesulitan dalam pemasangan komponen tersebut, anda dapat mencoba mengaplikasikan cara mudah ini dengan mengunjungi situs CNET yang akan membantu anda dalam proses pemasangan hardisk SSD.

Dengan begitu, Macbook Pro lama anda akan berubah menjadi lebih baru lagi. Tentunya dengan performa yang jauh lebih cepat dan efisien dari sebelumnya. Proses booting dan juga membuka aplikasi akan jauh lebih cepat dibandingkan sebelum mendapatkan upgrade.

Comments

comments