Setiap orang, terutama wanita, pasti mendambakan untuk mempunyai kulit mulus dan sehat tiap hari. Kulit putih mulus dianggap dapat membuat seorang perempuan terlihat cantik. Akan tetapi dalam melakukan kegiatan sehari-hari, perempuan seringkali harus bertemu langsung dengan sinar matahari. Seperti yang kita tahu, sinar matahari sendiri mempunyai kandungan UV yang tidak baik untuk kesehatan kulit. Dampak langsung dari terkena paparan sinar UV adalah kulit menjadi gosong. Yang lebih parah lagi adalah sinar UV bisa mengakibatkan kanker kulit. Cukup menakutkan bukan?

1363963684

Tapi dengan adanya bahaya tersebut, tidak berarti anda harus menghindari sama sekali kontak langsung dengan matahari karena terkadang kita juga butuh radiasi sinar matahari yang sinarnya mengandung vitamin D yang bagus untuk tulang. Tapi harus juga diingat bahwa terlalu lama kontak langsung dengan sinar matahari akan berakibat buruk. Kulit anda adalah bagian terluar dari tubuh anda. Jadi ada baiknya untuk selalu melindungi kulit dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Gunakan Tabir Surya

Gunakanlah selalu krim atau lotion tabir surya setiap akan melakukan kegiatan yang memaksa anda harus kontak langsung dengan sinar matahari. Sudah banyak sekali produk cream dan lotion tabir surya baik itu untuk laki-laki maupun untuk perempuan. Di dalam krim tabir surya biasaya mengandung SPF, semecam zat yang berfungsi untuk menangkal radiasi sinar UV masuk ke dalam kulit anda. Prosentasi kandungan SPF dalam krim atau lotion tabir surya berbeda-beda. Usahakan pakailah yang kandungan SPFnya minimal 15 atau bisa lebih.

tips-benar-gunakan-tabir-surya

2. Perbanyak minum air putih

Banyak sekali manfaat dari meminum air putih dan salah satunya adalah menjaga kelembaban kulit. Minum air putih cukup setiap harinya dapat membuat kulit anda tampak lembab dan sehat. Walaupun sering terkena sinar matahari, jika sering mengkonsumsi air putih, kulit anda tidak akan menjadi kering. Jumlah ideal minum air putih adalah 8 gelas per hari. Jumlah itu bisa kurang dan bisa lebih tergantung kebutuhan setiap orang. Namun yang jelas, jangan sampai kekurangan air putih tiap harinya.

manfaat-mengkonsumsi-air-putih-di-pagi-hari

3. Hindari beraktifitas di luar ruangan pada pukul 10 pagi sampai 4 sore.

Dalam rentang waktu tersebut, jika langit cerah, matahari sedang panas-panasnya. Selain itu jumlah radiasi sinar UV lebih banyak dari sebeumnya. Radiasi matahari pada jam-jam tersebut berbahaya untuk kulit. Jika anda terpaksa keluar ruangan karena tugas dan pekerjaan, maka pakailah lotion tabir surya dengan SPF lebih dari 15. Kalaupun sudah menggunakan tabir surya, usahakan jangan terlalu lama terpapar sinar matahari pada jam-jam itu.

tetap-keren-meski-panas-panasan

4. Konsumsi makanan yang dapat menutrisi kulit

Beberapa makanan ternyata mempunyai kandungan zat dan senyawa yang sangat baik untuk kulit. Bahkan senyawa tersebut dapat menghadirkan proteksi maksimal untuk kulit anda. Seperti Tomat. Sering mengkonsumsi tomat ternyata dapat menghindarkan kulit dari gosong akibat sengatan sinar matahari. Menurut Peneliti dari University of Michigan, Tomat mempunya senyawa yang disebut likopen. Likopen sendiri sangat ampuh untuk mencegah terbakarnya kulit akibat sinar UV.

cara-mengatasi-kulit-kering-dengan-mengkonsumsi-makanan-bernutrisi

5. Pakailah pakaian yang tertutup

Jika anda harus beraktifitas di siang hari, gunakanlah pakaian yang tertutup. Misalnya saja lengan panjang dan celana panjang. Jangan lupakan juga topi dan sepatu. Memakai pakaian tertutup bisa meminimalisir kontak langsung kulit anda dengan sinar matahari. Tidak perlu khawatir untuk tidak terlihat fashionable, karena kemeja lengan panjang ataupun celana panjang sudah menjadi trend fashion wanita saat ini.

Summer-Hotsale-One-Piece-Anti-UV-Diving-font-b-Wetsuits-b-font-font-b-Long-b (1)

Dengan melakukan hal-hal diatas paling tidak kulit Anda akan jauh lebih sehat, dan yang perlu diperhatikan iyalah jaga kebersihan badan, karena hal ini dapat berdampak munculnya jamur karena dari akibat kurangnya kebersihan pada tubuh kita.

Comments

comments