Baik di dalam dunia fashion pria ataupun wanita, penampilan tidaklah datang dengan sendirinya. Gaya yang ditampilkan oleh orang-orang telah melewati beberapa proses yang tidak kalah penting. Salah satunya adalah proses mencuci pakaian. Mungkin banyak orang menyepelekanya dan menganggap bahwa mencuci adalah hal mudah, namun ada banyak sekali kasus dimana proses pencucian pakaian menjadi awal dari kerusakan baju yang Anda miliki. Banyak orang yang saat ini menggunakan mesin cuci dan hal itu kadang dianggap sebagai proses yang lebih mudah daripada mencuci dengan tangan. Memang benar hal ini lebih ringan dan lebih mudah, namun ada beberapa hal yang harus sangat diperhatikan dalam penggunaan mesin cuci supaya pakaian Anda tidak rusak.

Mencuci Dengan Mesin Cuci

Penggunaan mesin cuci ternyata harus diperhatikan dan tidak boleh asal jika Anda tidak ingin pakaian kesayangan Anda rusak. Ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam hal ini dan hal-hal tersebut antara lain adalah:
1. Segera Cuci Pakaian Kotor
Kadang banyak orang menunggu beberapa hari untuk mencuci pakaian mereka. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena semakin lama pakaian berada dalam kondisi kotor, makan akan semakin susah kotoranya dibersihkan.
2. Kapasitas Mesin Cuci
Hal lain yang sangat perlu diperhatikan saat akan mencuci menggunakan mesin adalah kapasitas mesin. Usahakan mesin tidak terlalu penuh dan sediakan ruang yang masih cukup lebar untuk pergerakana pakaian karena jika penuh, kinerjanya tidak akan maksimal dan hanya akan semakin cepat merusak pakaian Anda. Hal ini jarang diperhatikan namun sangatlah penting.
3. Kurangi Penggunaan Mesin Pengering
Mesin pengering adalah salah satu fitur utama dari mesin cuci namun usahakan kurangi penggunaan mesin ini karena sering kali pakaian mengalami kerusakan pada proses ini. Jika memang cucian tidak terlalu banyak, mengeringkan dengan cara diperas dan lalu di jemur adalah cara yang terbaik.
4. Perawatan Mesin Cuci Secara Berkala
Mesin cuci adalah alat untuk membersihkan, jadi alat ini akan tidak berguna jika alat ini tidak bersih. Oleh karena itu pastikan membersihkanya secara berkala. Jangn lupa cek panel-panel mesin dan sambungan-sambungan selang untuk menghindari kebocoran.

Mencuci Dengan Mesing Cuci

Menggunakan mesin cuci memang lebih mudah dan tidak semelelahkan mencuci menggunakan tangan, namun banyak dipercaya bahwa mencuci menggunakan tangan adalah cara terbaik dalam membersihkan pakaian. Meskipun demikian, kita bisa saja mengurangi dampak kerusakan pakaian yang ditimbulkan mesin cuci menjadi seminimal mungkin dengan beberapa langkah mudah. Pastikan langkah-langkah diatas dilakukan dengan seksama dan konsisten. Dengan demikian maka Anda akan mampu mengurangi daya rusak mesin cuci pada pakaian Anda secara signifikan. Memang salah satu tujuan utama penggunaan mesin cuci adalah untuk mempersingkat waktu dan meringankan pekerjaan, namun hal itu akan sia-sia jika pakaian Anda malah jadi rusak nantinya.

Comments

comments