Anda semua sudah tahu kehebatan dari gadget buatan Apple, bukan? Apple memang selalu sukses menggarap sebuah karya, baik dalam bentuk perangkat maupun software. Hanya saja untuk sejumlah fitur menarik di iPhone & Mac justru kurang begitu berhasil. Entah itu karena sulit ditemukan atau kurang menarik sehingga jarang digunakan oleh para penggunanya, berikut fitur menarik di iPhone & Mac yang jarang diminati:

PERANGKAT IPHONE

iPhone

  1. Tap to Talk (iOS)

Tap to Talk termasuk fitur baru iMessage yang dibawa iOS 8. Fitur ini sejatinya untuk mengubah cara orang berkirim pesan, dari sekadar berbasis teks menjadi voicemail. Untuk menggunakannya, Anda bisa membuka aplikasi Messages untuk membuat sebuah pesan. Tekan dan tahan ikon mikrofon, lalu ucapkan pesan. Pesen suara tersebut tidak diterjemahkan ke dalam teks, tapi merekam suara menjadi file audio untuk diputar ulang oleh si penerima.

  1. Reachability

Salah satu fitur baru iOS 8 ini dibuat untuk membantu pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mengoperasikan menggunakan satu jempol. Sayangnya baru sedikit yang mengetahuinya. Beberapa karena faktor tidak sengaja, dan saat ingin menggunakannya lagi malah bingung bagaimana caranya.

Untuk menggunakan fitur Reachability sebenarnya sangatlah gampang. Cukup tekan dua kali pada tombol Home, seketika tampilan layar menyusut sehingga bisa dioperasikan dengan satu jari.

  1. Draft in Mail (iOS)

Aplikasi Mail tampaknya tidak memberikan pengguna kemungkinan melihat inbox saat tengah mengetik sebuah email. Pengguna harus membatalkannya baru bisa kembali melihat inbox. Padahal aplikasi Mail dapat menyimpan draft email Anda.

Kemampuan tersebut memang banyak yang tidak mengetahui. Jadi jika Anda ingin melihat inbox ketika sedang mengetik email, cukup drag bagian atas popup penulisan email ke bagian bawah layar, seketika Anda dapat membuka daftar inbox. Nah, jika ingin kembali ke layar penulisan, cukup sentuh saja New Message di bagian paling bawah layar.

Jika Anda tidak sengaja menutup aplikasi Mail saat tengah menulis email, Anda tetap dapat melanjutkannya. Cukup tekan dan tahan ikon Compose di sudut kanan bawah, seketika akan muncul daftar draft email.

  1. AirDrop

AirDrop menyediakan alternatif untuk berkirim file berukuran besar tanpa perlu menggunakan USB ataupun email. Fitur ini tidak hanya tersedia di iOS tapi juga di Mac OS X. Cara menggunakanya cukup men-swipe ke atas dari bagian bawah iPhone. Sementara di Mac dengan mengklik AirDropd di jendela Finder. Meski memudahkan transfer file, tapi AirDrop tidak aktif secara default dan menguras baterai iPhone, membuat orang jarang menggunakannya. Pengguna lebih memilih cara yang lebih tradisional.

[adsense2]

Comments

comments