Sering lihat iklan di tv tentang produk yang memakai arang ? Arang itu ternyata bukan cuma sekedar arang biasa, namun arang tersebut bernama charcoal. Produk berbahan dasar ini sering sekali dipakai untuk produk pasta gigi, penawar racun, bahan pembuat makanan, dan masih banyak lainnya. Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, ada satu pendatang baru yang dikabarkan sangat ampuh untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat-zat berbahaya.

Pendatang baru tersebut adalah arang aktif alias activated charcoal. Namun, arang yang dimaksud di sini bukanlah arang yang digunakan untuk membuat bara api, melainkan karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami. Biasanya arang aktif ini tersedia dalam bentuk pil atau bubuk.

Freeman Polishing Charcoal Black Sugar Gel Mask + Scrub [175 mL] , BELI SEKARANG

Berbagai kegunaan arang aktif (activated charcoal)
Zat yang serbaguna ini tak hanya mampu mengikat dan membuang racun dalam tubuh. Ada berbagai manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. Manfaat-manfaat tersebut tercantum di bawah ini.

  1. Memutihkan gigi
  2. Gigi Anda akan menguning jika Anda merokok dan sering mengonsumsi kopi, teh, atau minuman beralkohol. Arang aktif mampu mengembalikan warna alami gigi yang cerah sekaligus menjaga kesehatan mulut. Zat ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar keasaman dalam mulut, mencegah gigi berlubang, mengusir bau mulut, dan meredakan penyakit gusi

Leivy Naturally Bamboo Chacoal with Natural Charcoal Shower Gel,
BELI SEKARANG

Basahi sikat gigi Anda dan oleskan pada bubuk arang aktif. Sikat gigi Anda seperti biasa, terutama pada bagian yang menguning atau bernoda membandel. Kumur sampai bersih dan pastikan Anda minum cukup air setelahnya.

  1. Meredakan perut kembung dan masuk angin
    Sebuah penelitian dalam American Journal of Gastroenterology membuktikan bahwa arang aktif bisa mengikat zat-zat yang bisa menghasilkan gas berlebih dalam sistem pencernaan Anda. Zat-zat tersebut biasanya berasal dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Anda bisa minum satu butir norit dan minum air sebanyak mungkin supaya bisa mempercepat proses pembuangan cairan atau gas berlebih dalam tubuh.
  2. Menawar racun
    Kegunaan arang aktif yang paling banyak dikenal umum adalah menawar racun. Tak heran jika arang aktif biasanya selalu disediakan di instalasi gawat darurat. Untuk menawar racun, arang aktif akan mengikat racun atau zat kimia seperti merkuri dan pestisida dalam tubuh. Namun, sebaiknya penawar ini segera dikonsumsi setelah racun atau zat kimia memasuki tubuh, sebelum masuk ke usus halus dan diserap oleh tubuh. Arang aktif tidak akan tertinggal dalam tubuh, sehingga setelah berhasil mengikat racun dan zat kimia, arang yang telah diaktifkan akan ikut terbuang dari tubuh bersama dengan urin atau feses. Perlu diingat bahwa tidak semua racun atau zat kimia bisa diikat oleh arang aktif. Keracunan alkohol, sianida, dan litium adalah beberapa contoh yang tak bisa diatasi dengan mengonsumsi arang aktif, jadi Anda harus segera mengontak layanan darurat.
  3. Mengusir bau badan
    Masalah yang menjadi penyebab bau badan atau napas tidak sedap adalah karena pembuangan racun dan toksin dalam tubuh. Untuk mengusir bau badan tak sedap, cobalah untuk rutin mengonsumsi pil arang aktif dan minum air sebanyak-banyaknya. Dengan memaksimalkan pembuangan racun, tubuh pun akan bersih dari berbagai bakteri dan sisa-sisa zat yang bisa menyebabkan bau badan.
  4. Mengobati jerawat
    Arang aktif juga ternyata ampuh untuk meredakan jerawat. Campurkan bubuk arang aktif dengan dua sendok teh gel lidah buaya dan oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat dan bilas hingga bersih. Zat arang yang telah diaktifkan mampu mengikat dan mengangkat kotoran serta bakteri yang bisa menimbulkan jerawat. Dapatkan produk charcoal lainnya yang bermanfaaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Denta Secret Charcoal Powder Pemutih Gigi [30 g] ,
BELI SEKARANG

Zat arang yang diaktifkan sudah lama dikenal sebagai pengikat dan penawar racun dalam tubuh. Zat ini biasanya dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua atau serbuk kayu. Zat arang akan kemudian diaktifkan untuk memperbesar luas permukaan dan meningkatkan daya ikatnya. Proses pengaktifan tersebut dilakukan dengan cara merendam zat arang dalam bahan-bahan kimia tertentu.


L’Oreal Paris Men Expert Pure & Matte Charcoal Black Foam Icy Effect ,
BELI SEKARANG

Kemudian arang aktif akan diolah dan dikemas dalam bentuk pil atau bubuk. Salah satu produk arang aktif yang bisa didapatkan di apotek atau toko adalah norit. Produk ini biasanya digunakan sebagai obat pelancar pencernaan.


Humphrey Charcoal Detox Set Perawatan Tubuh [Shampoo/ Facial Wash/ Body Wash], 
BELI SEKARANG

Baca Juga >> ICE COFFEE VIETNAM

Harga Jual Activated Charcoal (Arang Aktif) 100 Gr atau tepung charcoal (powder) dijual dengan harga Rp 45.000 cukup murah bukan. Hal ini menyebabkan arang charcoal menjadi salah satu produk yang paling laris saat ini. Dapatkan berbagai macam produk charcoal lainnya hanya di Pricearea.com sebagai mesin pencari belanja terbaik nomer #1 di Indonesia. Selamat Berbelanja.

Comments

comments