Era Teknologi di Dunia yang Semakin Ringkas Dan Banjir Informasi – Dapatkah saat ini kita satu minggu saja tidak menggunakan handphone/gagdet? Dapatkah kita satu minggu saja sama sekali tidak menggunakan internet?

Mungkin jawabannya bervariasi, tapi saya yakin sebagian besar jawabannya adalah TIDAK. Mereka yang menjawab iya, bisa dikatakan yang lahir awal tahun 70-an. Bahkan pada mereka yang lahir pada tahun 80-an berada pada posisi ditengah, karena memang dampak teknologi mulai merasuki kehidupan kita pada tahun 90 akhir atau 2000 awal. Beda generasi ini di istilahkan dengan adanya generasi X, generasi Y dan generasi Z. …

Mereka juga pemakai media sosial yang fanatik dan kehidupannya sangat terpengaruh dengan perkembangan teknologi. Kita juga bisa melihat di setiap provinsi, bahwa mereka lebih terbuka dengan pandangan politik dan ekonominya sehingga mereka terlihat sangat reaktif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi di sekelilingnya…. sumber : http://manajemenppm.wordpress.com/2013/07/08/mengenal-siapa-itu-generasi-y/

Pada mereka yang lahir tahun 2000 bahkan ada lelucon bahasa inggris yang menyatakan, “Children are Learning to TEXT before they learn to CRAWL”, ya anak-anak lebih dahulu belajar bagaimana menulis dibandingkan merangkak, karena mereka sudah mengenal dan memegang gagdet sejak kecil. Mereka sudah mengenal istilah-istilah teknologi lebih cepat.

Dunia Teknologi Dunia Elektronik

Keberadaan teknologi tidak terlepas dengan elektronik. Definisi elektronik sendiri yang saya dapat dari artikata.com merupakan alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika; hal atau benda yang menggunakan alat-alat yang dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika. Jika definisi tersebut menunjuk pada suatu bentuk atau benda, maka bentuk tersebut dapat berupa perangkat seperti komputer, handphone, laptop, gagdet dan lain sebagainya. Negara-negara yang sudah melibatkan teknologi sebagai sistem pendukung atau pelengkap pada bidang-bidang aktivitas selalu memiliki tambahan kata electronic, seperti bidang pemerintah (e-government :  electronic government), bidang bisnis (e-business : electronic business), bidang jual beli (e-commerce : electronic commerce) dan lain sebagainya.

Saat ini perangkat elektronik berupa komputer pun berevolusi. Jika pada tahun 90-an komputer merupakan barang mewah yang hanya dapat digunakan dirumah atau dikantor, maka saat ini kemampuan seperti komputer atau bahkan lebih,  dapat kita bawa kemana-mana dengan mudah dalam bentuk yang lebih kecil dan ringan yaitu gagdet. Dunia Semakin Ringkas Namun teknologi bukan hanya berupa elektronik atau perangkat.

Kehadiran internet bisa dikatakan merupakan teknologi yang paling banyak membuat perubahan pada abad 21 ini.  Internet yang memiliki dasar teknologi jaringan (networking) memungkinkan semua orang diseluruh dunia untuk berkomunikasi, bertukar-pesan dan lain sebagainya. Kehadiran internet pun melahirkan teknologi lainnya berupa dot com atau www (world wide web) atau dikenal juga websites. Lalu websites pun melahirkan bentuk-bentuk teknologi berupa search engine (google), jual-beli (amazon, ebay), komunikasi (skype), jurnal (blog), video online (youtube), social networking (facebook, twitter) dan lain sebagainya.

Tentu dalam penerapan websites terdapat istilah-istilah teknis yang juga bagian bagian teknologi, seperti web 2.0, HTML5, web services, xml dan lain sebagainya. Begitu banyak perubahan atau perkembangan teknologi yang terjadi setelah lahirnya internet. Daya tarik internet dengan beragam teknologi dot com didalamnya telah mendorong teknologi-teknologi lainya berkembang pula, seperti storage, kecepatan, ukuran dan lain sebagainya.

Hal tersebut ternyata berdampak pada ekonomi dan harga, yang dimana nilai-nilai teknologi yang dulu dianggap mahal menjadi semakin murah. Dengan semakin murahnya teknologi, maka semakin banyak orang yang menggunakannya. Berdasarkan hasil riset Cisco keberadaan teknologi internet dan kawan-kawannya,  bahwa setiap tahun semakin banyak orang yang terhubung atau memiliki perangkat komputer (baik laptop atau gagdet) dan perlahan pertumbuhan kepemilikan perangkat tersebut lebih besar dari populasi dunia.

Internetlah yang membuat dunia semakin ringkas. Kita bisa terhubung dimana saja dan ke mana saja tanpa adanya batasan. Kita dapat mengetahui berita atau informasi yang berasal dari pelosok sekalipun dengan tanpa terhalang jarak. Kehidupan Sehari-hari dan Banjirnya Informasi Teknologi telah memberi banyak dampak kehidupan sehari-hari.

Teknologi meringkaskan aktifitas kita,bahkan memungkinkan kita untuk melakukan multi-tasking (banyak aktifitas) dalam satu waktu. Memang jika dilakukan dengan efektif dan baik maka akan meningkatkan produktifitas kita, tapi jika dilakukan tanpa perhitungan atau pertimbangan malah dapat berdampak buruk pada produktifitas kita.

Dengan semakin mudahnya mendapatkan data dan informasi. Dampak yang terjadi adalah banjirnya informasi yang masuk ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Padahal informasi tidak selalu berisi konten yang positif atau hal-hal berguna. Jika tidak dapat memilahnya, maka informasi menjadi hal yang sia-sia, buang waktu, tidak berharga atau bahkan sampah.

Oleh karena itu, pengguna teknologi yang cerdas adalah pengguna yang dapat memilah isi konten yang diperlukan sesuai kebutuhan. Informasi yang baik adalah informasi yang kita dapatkan yang membuat kita semakin “pintar” kita terhadap informasi tersebut. Bahkan semakin banyak lagi, maka membuat kita menjadi “bijak”.  Dengan semakin “bijak” maka kita bisa membedakan mana yang lebih penting dan kurang penting.

Misal dalam dunia ecommerce, kita bisa memilih produk berdasarkan perbandingan tertentu seperti harga, kesan, review mana yang lebih bagus. Untuk melakukan ini kita perlu menggunakan media teknologi memiliki tujuan meringkaskan pencarian terhadap produk yang ingin kita cari.

Salah satu contohnya adalah pricearea.com yang memiliki fitur meringkaskan pencarian bagi para pencari produk. Selain itu dalam ecommerce ada kalanya  mengkhususkan produk tertentu yang dijual dengan tujuan bahwa media teknologi tersebut memiliki spesialiasi pada produk tertentu, misal produk elektronik (makanja.com), produk busana atau fashion (pinkemma.com) dan produk bayi (bilna.com).

Namun banjirnya informasi juga bukanlah hal yang buruk selama informasi yang terkandung adalah hal yang bermanfaat. Misal dengan banyaknya pilihan informasi, kita bisa memilih informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Salah satu contoh media teknologi berupa web adalah sribu.com. Sribu.com menyediakan beragam pilihan desain bagi mereka yang mencari desain sesuai kebutuhan mereka. Semakin banyaknya pilihan, memudahkan pencari untuk memilih yang paling dekat dengan keinginan mereka. Dengan demikian dampak paling besar dari era teknologi adalah banjirnya informasi.

Hal tersebut menjadikan teknologi bagaikan pisau bermata dua. Selama informasi yang didapatkan merupakan hal yang bermanfaat maka teknologi tersebut menjadikan penggunanya semakin bijak. Namun jika banjirnya informasi adalah hal-hal yang tidak berguna atau berdampak buruk, maka berdampak buruk pula pada kehidupan sehari-hari.

Trend teknologi adalah teknologi yang semakin membuat penggunanya semakin bijak terhadap pilihan-pilihan yang menjadi kebutuhannya. Tentu pengguna akan lebih memilih menggunakan teknologi yang meringkaskan aktivitas  meningkatkan produktivitas dan efektivitas atau dalam kata lain mudah, ringan dan nyaman. Itulah mengapa berdasarkan riset dikatakan  bahwa  bentuk perangkat atau gagdet akan semakin kecil atau mudah namun berfitur banyak (ringkas).

The next wave of computing is “wearables” (or “drivables”, “flyables”, “scannables”). Source: Mary Meeker’s Internet Trends, 2013 Technology

Comments

comments