Pixel facebook
Home > Lomba Menulis > Era Teknologi dan Globalisasi

Era Teknologi dan Globalisasi

Keterkaitan antara era teknologi dan globalisasi dapat diartikan seperti simbiosis mutualisme. Karena tidak lah mungkin sutu globalisasi itu dapat menjarah keseluruh pelosok negeri tanpa adanya suatu tegnologi. Sebaliknya, tidaklah mungkin suatu teknologi dapat berkembang pesat dan canggih tanpa ada bantuan informasi dari globalisasi, misalnya saja dengan era globalisasi saat ini kita dapat membandingkannya dengan jaman purba dahulu kala, maka terlihat sangatlah berbeda sekali.

Ilustrasi Era Teknologi dan Globalisasi

Ilustrasi Era Teknologi dan Globalisasi

Tak harus belama-lama menjelaskaan mengingat sebuah tegnologi pada era globalisasi seperti ini sudahlah sangat sangat canggih. Berikut adalah ragam teknologi yang diadopsi serta digunakan oleh masyarakat pada umumnya:

1. Televisi

Perkembangan televisi dari jaman ke jaman sangat lah kontras dan begitu cepat, dari tv hitam-putih sampai jenis berwarna, dari tv berlayar cembung sampai jenis layar datar, kemudian evolusi bentuk dari ukuran inci kecil hingga besar. Bahkan, sekarang televisi berkembang manjadi LCD disertai fitur visual 2 dimensi serta 3 dimensi.

2. Telephone

Tak ubahnya sebuah teknologi perkembangan telephone, wartel serta telepon rumah awalnya sangat digandrungi, hal ini tentu sebagai kemudahan pengguna dan masyarakat berkomunikasi. Ada lagi saat itu adalah pager, perpesanan satu arah yang diciptakan untuk notifikasi invidu yang sibuk. Seiring perjalanan waktu, perkembangan jaman globalisasi meningkatkan kelas komunikasi dengan kehadiran sebuah telepon genggam yang bisa dibawa kemana-mana (mobile), handphone.

Jika kemunculannya diawali hanya dengan data suara dan perpesanan serta sistem operasi yang terbatas, maka saat ini hal itu telah tertinggal, mulai dari suara dering, sistem data hingga visual serta konekstifitas yang dimiliki menghadirkan kecanggihan. Kini, kehebatan teknologi tersebut semakin kuat dengan munculnya fitur revolusioner yang mana dengan menggengam sebuah telepon seluler maka Anda telah memiliki lebih dari satu perangkat, misalnya; dalam sebuah ponsel terdapat alat perekam, kamera, video serta pemutar musik bahkan radio. Keren kan?

Fenomena Globalisasi di Dunia

Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.

Sumber lain yang Penulis dapatkan tentang arti kata tersebut adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara.

Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.

Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia;

Selalu Mudah dan Cenderung Manja

Begitu banyak dampak pisitif yang dapat kita rasakan dari perkembangan teknologi dan globalisasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini kita merasakan betapa mudahnya kita memperroleh info-info perkembangan dunia. Dan kita dapat menikmati betapa nikmatnya kecanggihan-kecagihan  alat elektronik yang dapat memanjakan kita.

Kita dapat berbagi informasi dengan hanya tidur dikamar dangan laptop atau handphone yang memiliki jaringan internet tanpa harus bersusah payah.

Psikologi Massa

Jika ada issue kebanyakan tentang sesuatu dan menimbulkan gejolak gaya hidup, maka inilah yang terjadi saat ini, secara tak langsung kecenderungan pemikiran penonton atau masyarakat yang dijejali dengan pemberitaan, informasi serta banyak hal lain akan ikut dan secara tak langusung ‘dipaksa’ untuk ikut dalam penyelarasan psikologi issue yang tengah menjadi tren.

Alhasil, kreatifitas yang dimiliki setiap orang akan menjadi terikis atau bahkan tumpul karena secara perlahan dihadapkan dengan magnet inklusif yang tak terlihat hingga pemikiran menjadi terjerumus pada dogma yang tak perlu diikuti meski hati individu tersebut menolak.

Misalnya dengan adanya ternologi yang canggih dan internet seharunya kita dapat berbagi info pasitif, namun, ditengah hegemoni gaya hidup, maka  justru digunakan sebagai penyebaran situs-situs video porno atau hal-hal yang berbau sara. Efeknya, terjadinya pemerkosaan, cabul dan lain sebagainya. Dalam era teknologi dan globalisasi, apakah Anda ingin dan menjadi bagian dari kecenderungan ini?

Stanislaus Sandy

Latest posts by Stanislaus Sandy (see all)

Comments

comments

Read previous post:
Ilustrasi Kemudahan Teknologi Bagi Orang Kampung
Kemudahan Teknologi Bagi Orang Kampung

Pengalaman pertama menyelenggarakan siaran langsung terjadi saat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Kalimantan Tengah di Kuala Kapuas. Dengan bantuan...

Close