Dampak perkembangan teknologi bagi kehidupan – Teknologi merupakan sarana yang disediakan untuk membantu kelangsungan dan kenyamanan hidup seseorang. Awalnya, penggunaan teknologi oleh manusia ialah dengan adanya pengubahan sumber daya menjadi lebih sederhana.

Pada jaman dulu, seseorang harus menggunakan kayu bakar atau bahan bakar padat seperti arang briket batu bara, dan sebagainya untuk memasak, kemudian berkembang menggunakan bahan bakar minyak dan pada akhirnya penggunaan gas LPG ataupun resistansi elektronik (dengan elemen pemanas) telah mampu mengubah pola cara memasak menjadi lebih praktis dan bahkan yang lebih praktis lagi adalah adanya makanan siap saji.

Perkembangan teknologi baru termasuk diantaranya ialah mesin cetak, telepon genggam dan internet, telah memperkecil hambatan seseorang dalam berkomunikasi dan emmungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi dapat digunakan untuk tujuan kebenaran yang positif dan dapat menjadi boomerang bagi kita yang tidak dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik dan benar.

Teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan sekitarnya dalam banyak cara. Di beberapa kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini). Berbagai macam aplikasi teknologi telah mempengaruhi nilai suatu masyarakat. Sebagai contoh, meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia.

Teknologi dapat dipandang sebagai kegiatan yang membentuk atau mengubah kebudayaan. Sebuah contoh modern yaitu adanya teknologi komunikasi yang mampu meminimalisir hambatan seseorang untu berinteraksi dengan sesama, dan sebagai hasil dari interaksi tersebut, telah melahirkan sub-sub kebudayaan baru: adanya budaya maya yang berbasis pada perkembangan internet dan komputer.

Ilustrasi Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Kehidupan
Ilustrasi Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Kehidupan

Inovasi Teknologi

Tidak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi masa kini telah berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi baru yang bermunculan yang telah dibuat di dunia ini. Dari sesuatu yang berbentuk sederhana hingga yang mampu menghebohkan dunia. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan akan terus berevolusi hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu menjadi lebih efisien dan cepat.

Sederhananya, kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau metode baru. Sebagai contoh dalam hal komunikasi, pada masa perang dunia pertama, manusia menggunakan burung merpati untuk berkomunikasi sebagai penghantar pesan karena burung ini di anggap memiliki daya ingat yang kuat.

Kemudian pada tahun 1837 alat untuk mengirim dan menerma pesan jarak jauh ialah telegraf yang di anggap lebih efektif. Di taun 1876 Alexander Graham Bell menemukan media telepon untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi yang semakin meningkat. Telegram dipopulerkan pada era 1920.

Telegram ini tariff pengirimannya lebih murah daripada telepon.  Perkembangan dari telegram adalah pager atau radia panggil yang merupakan alat komunikasi dengan pesan pendek. Tahun 1960-an sarana komunikasi menggunakan surat elektronik (email) yang kemudian muncul internet yang dapat diakses pada awal 1990-an di Indonesia.dan pada akhirnya digunakanlah telepon genggan yang di anggap lebih praktis dan efisien serta adanya mobile chat messenger seperti Blackberry Messenger, Whatsapp, Ebuddy, Line, dan sebagainya.

Kemajuan teknologi memang penting untuk kehidupan masyarakat di jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan seseorang. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah mampu membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan sebagainya. Tetapi, di lain sisi dampaknya juga dapat menghambat kemandirian yang lebih besar dalam proses pengembangan kemampuan teknologi Negara berkembang.

Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa teknologi sudah menjadi suatu kebutuhan di setiap sektor kehidupan. Terlebih setelah adanya penemuan komputer dan laptop yang pada saat ini hampir seluruh pekerjaan manusia berhubungan dengan komputer atau laptop. Sehingga jelas apabila komputer merupakan penemuan yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

 

ayu oktaviyani

Latest posts by ayu oktaviyani (see all)

Comments

comments