Salah satu tanda bahwa bulan puasa akan datang adalah naiknya berbagai barang kebutuhan, dari mulai kebutuhan pokok atau primer sampai kebutuhan yang sifatnya sekunder. Beberapa hari menjelang bulan puasa, harga bahan pangan pokok dan sembako mulai naik. Beberapa bumbu dapur pun ikut naik seperti cabai dan bawang merah. Nah, jika kenaikan harga kebutuhan pokok saat menjelang bulan puasa dirasa wajar karena permintaan meningkat (hukum ekonomi), maka apakah kenaikan barang elektronik yang sifatnya sekunder juga bisa terjadi? Ternyata bisa saja.

Sebenarnya, naik turunnya harga elektronik saat bulan puasa tidaklah terlalu signifikan. Fluktuasi harga barang elektronik banyak disebabkan oleh naik-turun nya nilai mata uang rupiah terhadap dollar. Kita tahu, hampir semua barang elektronik yang beredar di Indonesia adalah barang impor. Kalaupun dirakit di Indonesia, bahan bakunya dari luar negeri. menjelang bulan puasa ini ada beberapa barang elektronik yang mungkin bisa naik harganya. Apa saja barang elektronik tersebut? Berikut ini daftar barang elektronik yang naik saat bulan puasa.

1. HARGA PONSEL
Harga ponsel tampaknya akan semakin naik seiring dengan datangnya bulan puasa. Apa sebabnya? Pertama adalah loyonya rupiah terhadap US dollar. Hal inilah yang sebetulnya sangat mempengaruhi harga ponsel saat ini. Kurs rupiah saat ini berada di kisaran Rp. 13.300 per dollar. Penguatan dollar diperkirakan akan semakin menjadi memasuki bulan puasa. Selain faktor dollar, ada pula karena faktor pasar. Ya, setiap permintaan naik, harga pasti naik, itu sudah hukum ekonomi. Mengapa tingginya nilai dollar tetap tidak menghalangi pembeli untuk membeli ponsel baru di bulan puasa ini? Kebanyakan dari mereka ingin memiliki ponsel baru saat lebaran, jadi mereka berbondong-bondong untuk membeli ponsel baru. Selain itu, saat puasa menjelang lebaran daya beli masyarakat tinggi mengingat mereka yang bekerja banyak yang dapat THR dengan jumlah cukup besar.

Sepuluh-ponsel-cerdas-a
Ponsel

3. KULKAS
Kenaikan harga elekronik kulkas di bulan puasa tentu karena tingginya tingkat permintaan saat bulan puasa. Hal ini tidak bisa dipungkiri mengingat saat bulan puasa orang butuh kulkas untuk menyimpan bahan makanan agar tidak cepat basi. Minuman dingin juga sangat disukai masyarakat saat bulan puasa, terutama untuk berbuka. Dengan memiliki kulkas, mereka tidak perlu lagi membeli es atau minuman dingin lainnya di luar. Itulah sebabnya permintaan kulkas selalu naik di bulan puasa. Ini yang menyebabkan harganya juga ikut naik.

harga-kulkas-1-pintu
Kulkas

4. AC (air Conditioner)
Kenapa orang perlu AC? Tentu karena kepanasan. Saat bulan puasa, dimana kita harus menjaga untuk tidak makan dan minum di siang hari, hawa panas adalah ‘musuh’ yang selalu menggoda kita. Ketika udara panas, tubuh kita jadi cepat lelah dan haus. Oleh karena itu, saat bulan puasa, orang yang belum punya AC akan membeli AC yang dimaksudkan agar rumah mereka tetap dingin walau di siang hari yang panas. Selain itu, permintaan AC naik juga dari masjid-masjid yang membeli AC agar para jamaahnya merasa nyaman sholat di masjid. Saat bulan puasa, AC memang laris manis dan seperti hukum ekonomi, semakin banyak permintaan semakin naik juga harganya.

lg-anti-mosquito-ac
AC (air Conditioner)

5. TELEVISI
Di zaman sekarang, mungkin hampir setiap rumah sudah memiliki TV, entah itu di desa apalagi di kota. Biasanya kenaikan jumlah permintaan televisi terjadi saat bulan puasa. Apa sebabnya? Televisi adalah media hiburan rakyat yang bisa dinikmati secara murah. Saat bulan puasa, TV biasanya menemani saat berbuka puasa maupun sahur dengan acara-acara yang menghibur. Kalaupun orang sudah punya satu TV, biasanya mereka ingin menambah untuk diletakkan di kamar agar ketika siang hari tidak ada kegiatan bisa nonton TV seharian di kamar. Permintaan TV saat bulan puasa naik signifikan itulah sebabnya harganya pun ikut naik.

LED4000--R30-with-image-jpg_095559
Televisi

5. KAMERA
Apa hubungan kamera dengan bulan puasa? Memang sekilas tidak ada hubungannya. Tapi dalam beberapa tahun terakhir penjualan kamera tertinggi justru terjadi di bulan puasa. Apa sebabnya? Kita tahu, momen yang paling ditunggu setelah sebulan puasa adalah lebaran. Saat itulah saat yang tepat untuk berkumpul bersama sanak keluarga di tempat tinggal. Momen saat berkumpul itu tentunya sayang untuk dilewatkan tanpa mengambil foto. Meskipun bisa menggunakan ponsel, namun dengan menggunakan kamera professional hasilnya akan lain. Itulah mengapa saat bulan puasa permintaan akan kamera cukup banyak yang mengakibatkan juga harga kamera semakin merangkak naik.

kamera-mirrorless
Kamera

6. LAPTOP
Mengapa laptop juga ikut-ikut naik saat bulan puasa? Sebenarnya kenaikan untuk tahun ini, khususnya barang-barang elektronik disebabkan oleh turunnya nilai mata uang kita terhadap dollar Amerika. Hal ini menyebabkan hampir seluruh barang-barang elektronik mengalamai kenaikan harga hingga  20%, termasuk juga laptop. Kebetulan sekali puasa tahun ini hampir berdekatan dengan penerimaan mahasiswa baru di semua perguruan tinggi se Indonesia. Sudah bisa ditebak apa yang sangat di inginkan oleh seorang mahasiswa baru, yaitu laptop. Bayangkan saja berapa jumlah mahasiswa baru seluruh Indonesia. Walaupun mungkin hanya 10% saja yang langsung membeli laptop, jumlahnya sudah sangat banyak. Ini dapat memicu kenaikan harga pula saat bulan puasa.

laptop
Laptop

7. DVD
Apakah benar harga DVD naik saat bulan puasa? Jika dilihat dari gejalanya, mungkin bisa iya. Kenaikan harga, selain karena dollar naik, bisa juga karena harga BBM juga baru-baru ini naik, terutama BBM yang non-subsidi. Biasanya harga naik karena permintaan pun naik. Tapi apakah benar permintaan masyarakat akan DVD naik saat bulan puasa? Mungkin di perkotaan tidak, tapi di desa dan kota kecil di daerah, jumlah permintaannya melonjak. Hal ini memicu kenaikan harga. Orang membeli DVD untuk memperoleh hiburan saat bulan puasa. Saat siang hari tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan, di samping itu bosan dengan acara TV, orang bisa menonton film atau mendengar music lewat DVD.

PHOENIX_mainlarge
DVD

8. MESIN CUCI
Harga mesin cuci naik saat bulan puasa. Faktornya seperti yang sudah disebutkan di atas, pelemahan nilai tukar rupiah, kenaikan harga BBM, dan terakhir kenaikan jumlah permintaan. Di bulan puasa biasanya orang malas mencuci. Kalau ibu-ibu biasanya mencuci, kesibukan bulan puasa jadi menunda pekerjaanya. Di siang hari, karena berpuasa mereka jadi seakan tidak punya energi lagi untuk mencuci. Sementara itu, ketika malam hari mereka tidak sempat karena kesibukan memasak dan lain-lain. Oleh karena itu ibu-ibu perlu mesin cuci. Mencuci dengan menggunakan mesin tentu jauh lebih praktis dan ringan dari pada manual menggunakan tangan. Selain itu, mencuci dengan mesin cuci juga bisa ditinggal sehingga dapat dibarengi untuk mengerjakan yang lain, seperti memasak atau bikin kue. Untuk toko mesin cuci, bulan puasa biasanya kedatangan banyak pembeli. Nah, oleh sebab itu harga mesin cuci naik saat bulan puasa.

Perawatan-Mesin-Cuci (1)
Mesin Cuci

Beberapa produk elektronik diatas umumnya akan mengalami kenaikan harga, baik di supermarket, mall atau di toko online, saat menjelang bulan puasa, pasalnya pada bulan – bulan ini banyak para rumah tangga kecil membutuhkan elektronik untuk menunjang aktivitas di bulan puasa dan lebaran, alasan lainnya, adapula orang yang beranggapan bahwa menjelang lebaran banyak promo promo tersedia, padahal tidak tentu akan terjadi. Jadi buat kamu yang lagi mau beli berbagai perlengkapan elektronik, khususnya di online shop jangan lupa kunjungi PriceArea.com untuk memantau harga  produk dan promo – promo yang tersedia dari berbagai toko online di Indonesia.

Summary
Kenaikan Harga Elektronik merupakan hal yang umum terjadi, apalagi saat bulan puasa kebutuhan, hal ini dikarenakan melonjaknya para pembeli yang mencari beragam kebutuhan khususnya kebutuhan sekunder dan primer
Article Name
Kenaikan Harga Elektronik merupakan hal yang umum terjadi, apalagi saat bulan puasa kebutuhan, hal ini dikarenakan melonjaknya para pembeli yang mencari beragam kebutuhan khususnya kebutuhan sekunder dan primer
Description
Kenaikan Harga Elektronik merupakan hal yang umum terjadi, apalagi saat bulan puasa kebutuhan, hal ini dikarenakan melonjaknya para pembeli yang mencari beragam kebutuhan khususnya kebutuhan sekunder dan primer
Author

Comments

comments