Keyboard-Smartphone-Android
Keyboard-Smartphone-Android | http://thenextweb.com/

Untuk sebagian pengguna, kecanggihan fitur-fitur yang ada pada perangkat Android terasa kurang mantab karena keyboard virtual yang dimiliki dianggap kurang nyaman saat digunakan. Untungnya masalah tersebut bisa diatasi dengan menambahkan aplikasi tambahan atau third party berupa keyboard baru dengan tata letak huruf yang lebih baik.

Desain tata letak huruf keyboard dirasa sangat membantu pengguna untuk menopang mobilitas kerjanya pada perangkat handset mobile. Sayangnya, mencari keyboard yang tepat sering kali menjadi kendala, sebab tak jarang membuat aplikasi menjadi eror. Alasan lainnya adalah aplikasi baru yang di-install belum tentu bisa memuaskan penampilan, bahkan justru terkadang aplikasi keyboard tambahan tersebut membuat tampilan antarmuka menjadi lebih sempit.

Agar tidak salah install, inilah daftar 7 aplikasi keyboard Android terbaik yang bisa Anda pilih:

  1. Google Keyboard

Aplikasi papan ketik ini hadir untuk perangkat Android versi 4.0 dan di atasnya. Google Keyboard diklaim hadir dengan fitur yang sangat membantu, memiliki kemampuan pelacakan kata yang cukup baik, teks prediktif, speech to text, serta bisa memasukkan sejumlah kata baru sebagai kamus untuk perbaikan teks yang diketik penggunannya.

Google Keyboard hadir bebas tanpa adanya beban biaya untuk pengguna, sehingga mencoba dalam waktu berapa lama pun masih bisa digunakan dengan baik. Selain itu, keyboard ini hadir dengan personalisasi tema yang cantik, perintah suara, modus getar, juga autokoreksi yang tepat.

 

  1. Fleksy

Untuk mendapat proses pengetikan yang cepat, Fleksy merupakan aplikasi pihak ketiga keyboard virtual yang sangat disarankan. Tampilan tata letak huruf yang ada hampir sama dengan keyboard dari BlackBerry Q10. Pengetikan pun jadi lebih presisi dan cukup akurat untuk pengetikan cepat, sehingga mengurangi risiko kesalahan ketik.

Sayangnya, aplikasi gratis ini hanya untuk dicoba selama 30 hari. Selebihnya pengguna akan dikenakan biaya sebesar USD1,99 atau sekira Rp 25 ribu. Di dalamnya, pengguna akan mendapat tampilan keyboard yang minimalis, serta ada sebanyak 800 emoji, pengenalan lebih dari 40 bahasa untuk autokoreksi, serta pengaturan transparansi.

 

  1. Minuum

Aplikasi keyaboard pihak ketiga ini sepertinya cocok untuk digunakan bagi pengguna yang memiliki jari-jari yang besar. Dengan tampilan aplikasi dari Minuum, pengguna bisa bebas mengetik dengan cepat dan mengurangi resiko kesalahan mengetik.

Algoritma prediksi teks yang ada dalam sistemnya dikatakan mampu mengenali apa yang akan pengguna ketikkan. Ada hampir sebanyak 900 emoji tersimpan di dalamnya, serta shortcut untuk akses cepat ke dalam kamus bahasa dan situs Google. Namun, aplikasi ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, kiraannya adalah 3,99 dolar atau Rp50 ribu.

 

  1. type

Jika ada sebuah pertanyaan keyboard apa yang paling cerdas, Ai.type adalah jawaban yang dirasa cukup tepat. Pasalnya, aplikasi ini memberikan sistem pengetikan yang bisa dilakukan dengan dua cara selain menekan huruf digital yang tampil dalam layar. Cara lain yang dilakukan adalah dengan pengetikan sistem swipe. Mengenai harganya, aplikasi ini dibanderol dengan kiraan harga USD3,99 atau Rp50 ribu. Di dalamnya pengguna bisa mendapat fitur kuatomisasi tema, autokoreksi, serta emoji dengan 800 karakter unik.

 

  1. Swiftkey

Jika fitur swipe menjadi cara yang paling tepat untuk proses pengetikan yang nyaman, serta menginginkan aplikasi gratis, Swiftkey adalah aplikasi yang paling tepat untuk disarankan. Layaknya aplikasi keyboard basis swipe, pengguna hanya cukup menyapu barisan huruf pada layar untuk menyusun kalimat langsung.

Fitur yang dimilikinya memang standar, seperti tema, autokoreksi, prediksi, dan layout dengan tampilan yang tidak jauh berbeda dengan keyboard virtual bawaan. Aplikasi bisa didapatkan dengan gratis tanpa dikenakan biaya apa pun.

 

  1. Go Keyboard

Aplikasi papan ketik virtual yang satu ini menghadirkan sebanyak 10 ribu tema yang bisa dipersonalisasi sendiri oleh penggunannya. Selain itu, aplikasi Go Keyboard menyediakan kamus kata yang cukup kaya dengan tampilan yang cukup unik.

Pengguna akan memiliki tampilan layout keyboard Qwerty dan Qwertz, serta Azerty dan Numerik, untuk proses tampilan pengetikan yang dapat dipilih. Di dalamnya juga tersedia sebanyak 60 bahasa dari beragam negara sebagai kamus dukungan kata.

 

  1. Swype

Swype adalah aplikasi yang menggunakan sistem sapu jari untuk membentuk kalimat atau sistem swipe dengan lebih cepat dan efisien dalam menyusun kalimat. Berbeda dari aplikasi keyboard dengan sistem gesture yang ada, aplikasi ini bisa melakukan up-to date kata-kata dalam kamus. Tapi, untuk mendapatkan aplikasi secara penuh, pengguna akan dikenakan biaya sebesar 1 dolar atau sekira Rp12.500.

Comments

comments