Pixel facebook
Home > Tips & Trik > Tips Belanja > Cara Tepat Untuk Tetap Belanja Saat BBM Naik

Cara Tepat Untuk Tetap Belanja Saat BBM Naik

Tetap belanja saat BBM naik – Banyak beranggapan bahwa saat bahan bakar naik beberapa waktu lalu maka aktifitas belanja tiap keluarga atau individu berkurang, bahkan terhenti. Bagaimana untuk tetap belanja saat bbm naik? Ikuti ulasan menarik ini.

Hal efisiensi akibat kenaikan tentu akan berpengaruh pada pendapatan yang dihasilkan oleh setiap orang, baik pemilik kendaraan roda dua ataupun roda empat. Tak hanya itu, bagi yang tak memiliki kendaraan juga terkena imbas, karena harga ongkos angkutan bisa dipastikan naik sekitar 30% dari sebelumnya.

Bisa jadi yang belum memiliki kendaraan akan mencoba membeli kendaraan lebih hemat ketimbang harus mengeluarkan uang tambahan setiap hari. Harga motor atau harga mobilĀ  baik baru atau bekas juga bisa Anda andalkan untuk merubah pola transportasi keseharian.

Untuk itu, efisiensi adalah satu-satunya cara untuk tetap bisa melangsungkan aktifitas harian. Jikapun tidak membeli, ‘menumpang’ adalah hal yang bisa dilakukan dan berbagi ketika membeli bbm.

Cara Tepat Untuk Tetap Belanja Anda Saat BBM Naik

Tetap Belanja Saat BBM Naik

Nah, cara yang paling tepat adalah hemat bbm untuk para pengendara motor atau pemilik kendaraan mobil. Caranya cukup mudah, tak perlu melakukan sesuatu yang mengeluarkan dana besar, mau tau lebih lanjut, berikut cara-cara mudah untuk Anda menghemat bbm;

1. Prilaku berkemudi

Tak ada aturan baku memang ketika mengemudi, yang diatur hanyalah skils dan kelengkapan surat menyuran bahwa Anda telah mendapat ijin dari pihak berwajib untuk mengemudi.

Tapi yang jelas, untuk menghemat ahan bakar ketika mengendara adalah jangan terlalu emosi apalagi menaik turunkan pedal gas ketika mesin menyala. Ini akan mengakibatkan sistem pembakaran akan bekerja lebih banyak karena konsumsi bahan bakar yang tersalurkan. Anda bisa mengunyah permen, memberikan aroma terapi yang disukai pada hel atau ruangan mobil.

2. Jaga Kestabilan Mesin

Usahakan jangan melakukan perpindahan transmisi saat mesin meraung atau gas terlampau rendah dengan kecepatan. Jika mobil, usahakan perpindahan pada 3000 hingga 4000 rpm.

3. Atur Sistem Rem saat Berkendara

Apa pangaruhnya rem dengan irit bahan bakar? Ternyata memang berpengaruh, prinsipnya konsumsi paling banyak terjadi pada kendaraan adalah pada saat awal melaju dari keadaan diam. Karena saat pertama melaju kendaraan akan memerlukan daya lebih besar untuk melaju atau bergerak.

Apalagi saat kendaraan bermuatan penuh, maka daya yang akan dibutuhkan juga semakin besar pula. Jadi semakin Anda banyak melakukan pengereman seperti kondisi macet itulah bahan bakar akan banyak terkuras.

4. Selalu Perhatikan Perseneling Netral

Usahakan perseneling selalu dalam keadaan netral, untukkendaraan roda dua maka ini cukup baik, tetapi untuk kendaraan roda empat dengan perpindahan otomatis usahakan jangan di P atau D, segera pindahkan ke N (netral).

5. Boleh Menggunakan Penghemat BBM

Anda bisa menggunakan ini, mulai dari mesin turbo atau upgrade ECU, yang lebih murah Anda bisa menggunakan alat yang mampu mendongkrak daya listrik baik yang dihubungkan ke Accu atau juga seperti 9Power untuk penyetabil arus listrik ke busi.

6. Pilih Jenis Bahan Bakar yang Tepat

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah dalam pemilihan jenis bahan bakar yang sesuai. Untuk kendaraan bermesin bensin injeksi dan memiliki kompresi mesin di atas 10:1 sebaiknya gunakan bahan bakar non timbal atau minimal pertamax. Ini baik untuk mobil ataupun motor baru dan bekas.

Walaupun harga lebih mahal dibanding premium, tapi manfaatnya bagi kendaraan begitu besar. Jika Anda ingin mengganti kebiasaan pengisian bahan bakar premium ke pertamax, kami sarankan melakukan dengan perbandingan awal minimal 15- 20 persen premium sisanya dengan pertamax. Hal ini juga berlaku untuk jenis solar.

7. Perawatan Berkala

Yang harus diingat oleh pemilik kendaraan adalah rutin melakukan servis berkala dengan disertai penggantian oli mesin. Selanjutnya perhatikan sektor kaki-kaki juga, yaitu ban. Kurangnya pengisian angin ban juga bisa menyebabkan boros bahan bakar. Untuk itu lebih baik menggunakan nitrogen untuk ban. Nah, tekanan nitro untuk mobil baru atau bekas juga cukup baik.

8. Numpang

Trik hemat BBM paling jitu dan diminati oleh banyak orang adalah menumpang dengan kendaraan teman. Cara ini lebih baik dapat dilakukan dengan rekan kerja yang memiliki tujuan searah dan bergantian tentunya.

Jika hal ini Anda lakukan, selain akan menghemat bahan bakar, Anda juga turut membantu pemerintah dalam usaha mengurangi kemacetan. Tapi Anda harus mengingat satu hal ini, yaitu jangan sering membiarkan kendaraan diamkan dalam garasi lebih dari 5 hari. Kendaraan yang jarang dipakai akan banyak masalah yang timbul pada sektor mesin kendaraan. Apalagi jika accu kendaraan terus terkoneksi pada kendaraan tanpa pemakaian. Hal ini akan mengakibatkan accu tekor dan dijamin kendaraan Anda tak bisa distart.

Cara Tepat Untuk Tetap Belanja Anda Saat BBM Naik

Antara-Naik-BBM-dan-Belanja

Bagaimana, apakah Anda bisa melakukan ini? Silahkan mencoba sebagai awal untuk melakukan efisiensi. Sebelum melakukan kendaraan Anda bisa coba di http://www.pricearea.com yang di dalamnya berisi beragam kategori produk termasuk kendaraan mobil atau motor, baik baru ataupun bekas.

PriceArea.com
PriceArea adalah situs banding harga dan mesin pencari belanja yang mewakili toko online di Indonesia dengan mudah, cepat dan akurat. Di halaman Artikel kami, temukan ulasan menarik seputar E-Commerce di Indonesia dan juga berbagai tips dan ulasan produk yang bermanfaat untuk kegiatan belanja Anda. Ikuti kami di media sosial: Google Plus Facebook Twitter Instagram
PriceArea.com
PriceArea.com
PriceArea.com

Latest posts by PriceArea.com (see all)

Comments

comments

Read previous post:
Uji Performa dan Spesifikasi Harga Yamaha Force 2013
Uji Performa dan Spesifikasi Harga Yamaha Force 2013

Kabarnya, dari uji performa spesifikasi harga yamaha Force 2013 bermesin injection ini mampu meneteskan bensin saat mesin berjalan 1 liter...

Close