Kadang kita sering terganggu dengan performa komputer yang lemot. Hal  seperti ini dihadapi oleh hampir semua orang yang menggunakan komputer. Seperti halnya sepeda motor, komputer juga membutuhkan perawatan berkala. Tentu saja tidak dalam sekala besar dan membongkar seluruh bagian komputer, namun ada hal yang bisa kita lakukan untuk “membersihkan” komputer kita supaya performanya menjadi lebih baik. Perawatan berkala pada komputer ini tidaklah serumit bayangan kita, ada banyak cara sederhana yang kalau kita lakukan secara berkala dan terus-menerus akan mampu menjaga performa komputer kita. Sebaliknya, jika kita cuek dan acuh dengan komputer kita, meskipun komuter kita adalah komputer atau laptop premium macam MacBook Pro terbaru sekalipun,  akan ada saat dimana performanya akan turun juga.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan performa laptop dan kompter yang kita miliki. Caranya cukup sederhana dan bisa kita lakukan sendiri. Cara untuk menjaga performa komputer dan laptop kita antara lain adalah:

  1. Mematikan Aplikasi Cecara Manual

Untuk melakukan hal ini, kita bisa masuk ke task manager dan klik tombol end task setelah menunjuk aplikasi mana yang mau kita matikan. Cara ini lebih efektif daripada hanya menutup aplikasi dengan cara biasa. untuk masuk ke task manager kita bisa menekan tombil “control”, “alt” dan “delete” secara bersamaan.

  1. Lakukan Disk Cleanup Secara Berkala

Hal ini tentu saja sangat penting untuk selalu menjaga komputer kita dalam performa terbaiknya. Untuk masih ke fitur disk cleanup, kita bisa masuk melalui tombol start – all program – accessories – system tool – dan Disk Clean Up. Fitur ini akan otomatis menghapus hal-hal yang sekiranya tidak diperlukan.

  1. Disk Defragment

Berbeda sifat dengan disk cleanup, disk defrag lebih kepada mengatur ruang yang ada di disk drive. Fitur ini merapatkan data yang kita simpan sehingga pada waktu mengaksesnya kembali, kita bisa membukanya dengan lebih cepat. Cara ini juga harus dilakukan secara berkala jika kita ingin komputer kita selalu dalam kondisi terbaik.

  1. Hapus Recent Places

Kita bisa masuk ke explore lalu cari tulisan “recent places” atau “my recent document”. Biasanya folder ini berisi ratusan file yang digunakan untuk back up kalau-kalau komputer kita mati mendadak. Kita bisa menelisik apa saja yang tadi kita buka disini. Jika memang tidak diperlukan, kita bisa menghapusnya dan memberikan ruang lebih untuk yang lain.

  1. Meminimalisasi Startup

Hal ini bisa dilakukan dengan membuka bagian “run” lalu ketik “msconfig”. Setelah masuk kepada fitur yang dituju, kita bisa memilih program apa saja yang akan kita jalankan atau tidak pada waktu komputer baru saja dibukan. Hal ini akan sangat membantu untuk mempercepat booting.

Comments

comments