Powerbank menjadi salah satu sarana bagi ponsel dan gadget anda untuk mendapatkan suplai energi tambahan selain berasal dari charger. Prinsip penggunaannya sama dengan charger handphone pada umumnya. Powerbank yang dijual dipasaran memiliki beragam kapasitas dan juga kualitas. Semakin besar kapasitasnya semakin mahal pula harga dari power bank ini. Jika anda adalah seorang yang memiliki mobilitas yang tinggi, ada baiknya anda menggunakan power bank supaya sewaktu-waktu anda dapat mengisi kembali daya baterai smartphone anda kembali maksimal.

Membuat Powerbank Sendiri

Namun begitu, menjamurnya power bank ini menyulut banyaknya powerbank abal-abal atau palsu yang dijual di pasaran. Dengan iming-iming harga murah, powerbank tersebut dijual dengan harga yang jauh dari harga pasaran. Daripada anda menghabiskan uang banyak dengan produk power bank aba-abal yang banyak dijual di toko online dan toko-toko lainnya, lebih baik membuat sendiri power bank anda dengan menggunakan baterai bekas. Hal ini tentunya lebih murah dan juga akan menambah wawasan dan juga kreatifitas anda.

Jika anda tertarik untuk membuatnya, maka siapkanlah beberapa alat-alat berikut ini:

-Tang

-Solder dan Timah

-Glue Gun (Lem Tembak)

-Obeng

-Baterai rechargeable

-Box untuk casing powerbank

-Tempat baterai

-Saklar

-Terminal Kabel

-Carport charger (charger mobil)

Skema Powerbank
Skema Powerbank

Cara pembuatan Powerbank Sendiri:

  1. Bongkarlah charger mobil handphone dan ambil rangkaian di dalamnya. Rangkaian PCB ini nantinya akan menjadi penurun tegangan (Trafo Step Down) untuk penerus dan konversi daya DC ke DC.
  2. Pasang rangkaian PCB tersebut ke dalam box atau casing power bank menggunakan Glue Gun.
  3. Selanjutnya proses wiring dilakukan untuk mendapatkan hasil rangkaian yang sesuai dengan skema.
  4. Hubungkan kabel-kabel tersebut sesuai dengan instruksi: Kabel biru (+) dengan kabel merah (-). Selanjutnya kabel kuning dengan label hitam.
  5. Pasangkan juga saklar pemutus arus di kabel merah tadi. Hal ini akan sebagai akses untuk mematikan dan menyalakan powerbank.
  6. Lakukan pengujian menggunakan ponsel anda. Hubungkan rangkaian dengan power supply DC 10V dan juga ponsel anda. Pastikan indikator baterai pada ponsel menunjukkan pengisisn. Jika tidak bisa anda cek lagi rangkaian yang sudah terpasang.
  7. Jika indikator baterai menyala, maka rangkaian awal power bank sudah berhasil dibuat.
  8. Gantilah power supply 10V tadi dengan baterai rechargeable yang suidah disiapkan di awal. Baterai yang digunakan bisa beragam. Anda dapat menggunakan lebih banyak baterai untuk meningkatkan kapasitas power bank tersebut, namun harus mempertimbangkan dimensi dari casing yang dibuat nantinya. Susunlah sama seperti proses penyusunan power supply. Kabel (+) ke rangkaian kabel merah. Dan kabel (-) untuk rangkaian kabel hitam.
  9. Tarik kabel tersebut menuju terminal kabel yang terletak di belakang baterai. Nantinya kabel ini akan berfungsi untuk mengisi baterai pada power bank tersebut.

Mudah bukan? Cara ini tentunya tergantung dengan tingkat ketelitian dan juga kerapihan anda sendiri dalam merangkai kabel dan rangkaian power bank. Tentunya harga yang harus dikeluarkan dalam proses pembuatan power bank ini jauh lebih murah daripada harus membeli powerbank berkualitas baru yang mencapai ratusan ribu rupiah bahkan hingga jutaan rupiah.

Anda dapat mengkreasikan bentuk casing power bank anda sendiri sesuai dengan kesukaan dan hal favorit anda sendiri. Itulah yang menjadi hal yang menyenangkan dalam proses pembuatan powerbank ini. Tentunya handphone anda tidak akan lagi kehabisan daya baterai akibat lupa mengecharge handphone.

Comments

comments