Bagi para penggemar jam tangan mungkin sudah tidak asing lagi dengan masalah mencari jam tangan asli dan palsu. Yah, bisa dibilang hal ini tidaklah mudah. Meski sudah membeli jam tangan dengan harga yang cukup mahal bukan berarti jam tangan tersebut asli. Pasalnya, hampir sebagian besar jam tangan palsu cukup sulit dibedakan dengan jam tangan asli.

Namun, bagi kamu yang hobi beli jam tangan tak perlu khawatir, karena meski demikian beberapa jam tangan palsu tetap memiliki perbedaan yang mudah dilihat jika kita lebih teliti. Nah, agar tidak mudah tertipu berikut cara membedakan jam tangan original dan palsu.

1. Memperhatikan detikan jam tangan

Pada umumnya jam tangan yang di desain dengan baik memiliki ratusan komponen kecil yang kemudian dibentuk menjadi bagian jam tangan sehingga dapat bergerak sangat halus bahkan hampir tidak terdengar. Hal ini merupakan indikator yang membedakan jam tangan palsu dengan jam tangan original. Bagaimanapun jam tangan asli mempunyai kualitas yang lebih baik. Kamu bisa membandingkannya dengan jam palsu lewat cara mendengarkan detikan di masing – masing jam tangan. Hasilnya pasti akan terbukti, mana yang asli dan palsu.

 

2. Memperhatikan Detail Kecil Pada Jam

Jam tangan original di desain dengan kualitas tinggi, sehingga memiliki standar kualitas yang sangat ketat. Dalam arti, sekecil apapun kesalahan dalam komponen pada jam tangan maka jam tangan tersebut tidak akan lolos uji. Jika kamu sudah mengetahui hal ini, tentu saja kamu dapat membandingkan jam tangan palsu dengan original cukup dengan melihat sedikit kesalahan dari tulisan goresan atau pun ketidak sesuaian dalam penempatan logo jam. Dengan cara ini kamu bisa memastikan kalau jam tangan tersebut imitasi atau asli.

 

3. Berat Jam Tangan Juga Mempengaruhi

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan berat jam tangan, dengan mempertimbangkan poin-poin sebelumnya kamu pasti sudah bisa mengira-ngira bahwa jam tangan yang di desain dengan komponen kecil dan berkualitas pasti memiliki berat yang cukup maksimal, dalam arti tidak terlalu ringan. Jadi dapat dipastikan kalau jam tangan asli pasti mempunyai berat yang cukup besar jika dibandingkan dengan jam tangan palsu yang cenderung ringan.

 

4. Lakukan Riset Sebelum Membeli

Hal sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jam tangan asli adalah dengan riset terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan riset dengan mengunjungi situs resmi pembuatnya, kemudian kamu bisa mengetahui berbagai detail jam tangan seperti material jam tangan, penempatan logo, dan komponen maupun spesifikasi lainnya. Jika sudah mengetahui semua detail jam tangan sebelum membeli, pasti kamu tidak akan tertipu dengan jam tangan palsu.

 

5. Nomor Serial

Pastikan nomor serial jam tangan yang kamu beli sesuai dengan nomor serial dari produsen resmi jam tangan tersebut. Pastikan juga nomor serial pada gelang jam tangan cocok dengan nomor serial pada kotak jam tangan tersebut.

Beberapa jam tangan original juga bahkan menempatkan nomor serial yang tertempel pada stiker di belakang jam tangan. Berhati hati dalam membeli jam tangan tanpa kotak jam tangan maupun serial number yang tertera di dalamnya, bisa di pastikan itu jam tangan palsu.

Baca Lainnya: 5 Merek Jam Tangan Paling Disukai Pria Karena Elegan dan Murah

Demikian langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam memilih jam tangan asli. Selain cara di atas sebenarnya masih banyak beberapa aspek yang dapat diteliti kembali saat membedakan jam tangan original dengan jam tangan palsu. Dengan cara ini kamu tak perlu takut tertipu, meski harga jam tangan yang kamu beli mahal.

Selain itu, untuk mencari jam tangan tak perlu harus pergi ke toko – toko di mall, karena di berbagai toko online pun sudah banyak yang menjual jam tangan original dari beragam merek resmi. Salah satunya di Tokopedia.com disini kamu bisa mencari berbagai merek jam tangan original yang kamu suka. Lebih hemat, praktis, dijamin enggak bakal salah pilih.

Summary
Description
Cara membedakan jam tangan asli dengan yang palsu sebenarnya cukup mudah, namun terkadang banyak yang tidak tahu pasti. Karena harga jam tangan murah maupun mahal tidak mempengaruhi keaslian jam tangan tersebut

Comments

comments