Baterai handphone merupakan komponen vital dalam sebuah ponsel. Jika baterai handphone yang ada sudah lama, biasanya akan terjadi penurunan kapasitas sehingga terasa baterai ponsel kita akan cepat habis. Semakin sering kita menggunakan handphone, semakin cepat juga usia baterai handphone tersebut habis. Meskipun dapat diisi ulang setiap waktu, namun kapasitas pengisiannya tidak akan kembali penuh seperti ketika masih baru. Hal ini menunjukkan bahwa baterai ponsel tersebut harus segera diganti.

Performa baterai handphone yang berkurang akan mengganggu produktifitas anda. Anda akan lebih sering mengecas handphone karena kapasitas penyimpanan baterai sudah mulai berkurang. Ketika anda merasa bahwa performa baterai ponsel anda sudah mulai menurun, maka ada baiknya jika anda mengecek kelayakan baterai handphone anda dengan menggunakan beberapa trik mudah berikut ini.

Mendeteksi Kelayakan Baterai Handphone

1. Lihat Baterai Kembung atau Tidak

Hal yang biasa dialami oleh pengguna handphone adalah baterai handphone yang kembung. Biasanya hal ini dikarenakan oleh terlalu sering menggunakan handphone ketika dicas. Sehingga cell-cell di dalam baterai mengalami overcharge. Jika baterai ponsel anda dapat dilepas, maka lakukan tes sederhana ini untuk mengetahui baterai ponsel anda kembung atau tidak.

Baterai Handphone Kembung

Caranya adalah dengan memutar baterai di atas permukaan kaca yang datar. Jika baterai ikut berputar, maka hal itu menandakan bahwa baterai sudah mulai kembung. Sebaliknya, jika tidak ikut berputar, maka baterai masih tergolong dalam keadaan baik.

 2. Amati Dengan Seksama

Selain melihat dimensi baterai, anda juga dapat melakukan pengamatan dengan seksama terhadap perubahan yang terjadi pada baterai. Dengan begitu anda dapat mengetahui tingkat kelayakan baterai ponsel tersebut. Amati noda dan juga bentuk yang tidak lazim seperti noda pada konektor baterai, dan noda hijau pada konektor baterai sehingga dapat mengetahui kelayakan baterai ponsel tersebut. Jika terdapat noda atau zat kimia tertentu, maka menandakan bahwa baterai handphone sudah mengalami kebocoran yang harus segera ditanggulangi dengan mengganti perangkat baterai dengan yang baru.

Baterai Handphone Bocor

[adsense2]

Comments

comments