Begitu banyak proyektor yang berbeda di pasar sangat mudah untuk menjadi bingung. Yang mana proyektor yang harus anda pilih padahal di pasaran ada lebih dari 300 model yang dijual. Proyektor biasanya dibandingkan dengan menggunakan empat faktor utama yaitu kecerahan, resolusi, aspek rasio, berat proyektor dan juga Fitur proyektor. Setelah faktor-faktor tersebut telah anda pertimbangkan, anda dapat mempersempit pilihan Anda lebih lanjut dengan faktor-faktor sekunder seperti rasio kontras, garansi dan lampu hidup kecerahan proyektor.

Sebagai referensi sebelum memilih proyektor ada baiknya mencari berbagai sumber di internet sehingga kita dapat memiliki wawasan dalam memilih Peralatan proyektor yang dapat dapat memenuhi tuntutan kebutuhan dalam aktivitas kerja. Berikut ini beberapa tips dan trik dalam memilih proyektor sebagai referensi yang perlu diperhatikan saat ingin membeli.

Illustrasi proyektor
Illustrasi Proyektor
  1. Pencahayaan atau Lumens,

Kecerahan diukur dalam ANSI (American National Standards Institute ) lumens yaitu semakin tinggi tingkat ANSI lumens maka semakin terang proyektornya.

Pengguna proyektor untuk di rumah disarankan untuk menggunakan Proy mereka di sebuah ruangan gelap untuk menikmati pengalaman bioskop rumah dengan nyaman.

Ukuran Lumens
Ukuran Lumens
  • Dot 1000-2000 Lumens

Mayoritas proyektor dalam kategori ini adalah untuk penggunaan pendidikan, di ruang kelas atau ruang pelatihan misalnya, atau untuk digunakan di rumah bioskop ketika pengguna ingin menonton televisi siang hari atau lebih memilih untuk menyimpan beberapa lampu pada saat menonton film.

Proyektor antara 1000 dan 1500 lumens

Proyektor ini memerlukan pencahayaan sedikit untuk hasil yang lebih baik sedangkan proyektor antara tahun 1500 dan 2000 lumens tidak memerlukan ruang benar-benar gelap atau remang-remang untuk memberikan gambar yang bagus.

  • Dot 2000-3000 Lumens

Proyektor ini cocok untuk ruang konferensi besar, ruang kelas dan penggunaan portabel. Kebanyakan proyektor dijual ke bisnis dan pendidikan pengguna milik rentang kecerahan ini. Mereka akan mampu mengatasi peningkatan tingkat ambient dan pencahayaan alami dan layar yang lebih besar.

  • Dot Lebih dari 3000 Lumens

Proyektor terang dari 3000 lumens biasanya digunakan di tempat-tempat besar seperti auditorium, gereja, konser dan lain-lain dimana layar besar diperlukan atau di lingkungan yang sangat terang.

 

  1. Resolusi atau jumlah Pixel

Sering digunakan sebagai jumlah pixel dalam pencitraan gambar digital, pengukuran resolusi ini sama dengan monitor PC semakin besar resolusinya semakin besar pula ukuran layar dan akan banyak detail yang bisa ditampilkan biasanya ukuran standar 800 x 600. Resolusi hanyalah jumlah piksel diproyeksikan ke layar. Semakin banyak pixsel yang Anda miliki, semakin dekat mereka dikemas bersama-sama, memberikan penampilan yang lebih halus untuk gambar Anda. Resolusi ditetapkan dalam hal jumlah piksel horizontal dan vertikal pada gambar. Konfigurasi yang paling umum memiliki nama seperti VGA dan XGA yang berfungsi sebagai cara singkat menyebut resolusi tersebut pixel. Mereka adalah:

Ilustrasi: Resolusi pada LCD Projector
Ilustrasi: Resolusi pada LCD Projector

VGA (640X480 piksel) SVGA (800×600 piksel) Standar. XGA (1024×768 piksel) resolusi tinggi, saat ini yang paling umum di laptop. SXGA (1280×1024) resolusi yang paling umum untuk CAD, GIS dan lainnya aplikasi grafis khusus. UXGA (1600×1280) format besar.

[listingterkait judul=’projektor’]

Pilihan terbaik adalah dengan membeli sebuah proyektor yang cocok dengan jumlah piksel layar di komputer laptop yang akan mengemudi proyektor.

  1. Contrast Rasio,

    Sistem ini biasanya ada pada settingan proyektor tersebut, tapi perlu mengetahui seberapa jelas contrast rasio ini berfungsi, mengukur bagian tergelap dan paling terang sehingga dapat memperkirakan tingkat cahaya proyektor apakah dapat disesuiakan sesuai dengan kondisi pencahayaan di ruangan.

  1. Bobot dari proyektor

    Hal ini penting karena kadang alat ini harus dibawa ketempat tujuan untuk melakukan presentasi. sehingga pemilihan bobot suatu proyektor dapat disesuaikan dengan fungsi dari alat tersebut dalam implementasi pemakaiannya nanti. Saat ini sudah banyak proyektor yang dapat dibawa dengan bobot ringan dan kecil, sehingga cocok untuk presentasi diluar ruangan.

  1. Fitur proyektor,

    Ini merupakan pilihan bagi anda yang membutuhkan proyektor multifungsi, proyektor saat ini telah berkembang sesuai kebutuhan pemakai, ada yang terkoneksi dengan jaringan internet secara Wi-Fi atau bluetooth. Penggunaan remote control dan proyektor yang hemat listrik akan menjadi nilai tambah dari proyektor itu sendiri.

Dari beberapa tips diatas maka anda bisa dengan mudah memilih proyektor mana yang bisa anda beli agar menghindari kekeliruan dan juga pemborosan biaya.

[adsense2]

Comments

comments