Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna Android adalah sering dropnya baterai yang akhirnya akan sangat mengenggu penggunaan handphone. Hal ini memang selalu menjadi masalah utama dan seringnya orang menggunakan power bank sebagai solusinya. Penggunaan power bank sebenarnya hanyalah solusi singkat dan sementara yang tidak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh banyak pengguna handphone Android. Sebenarnya ada cara yang lebih bisa diandalkan untuk mengembalikan kualitas baterai Android Anda.

Meskipun tidak mudah dan hasilnya tentu saja tidak sama dengan kondisi baterai pada waktu masih baru, langkah-langkah ini akan sangat membantu Anda untuk meningkatkan life spend baterai handphone Android Anda.

Ada beberapa cara untuk bisa meningkatkan kualitas baterai yang Anda punyai dan salah satunya adalah dengan melakukan rekalibrasi baterai. Langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi ini antara lain seperti:

 

1. Pastikan Isi Baterai
Salah satu langkah pertama yang harus Anda ambil untuk melakukan kalibari baterai adalah dengan memastikan dahulu bahwa baterai Anda terisi 100 persen. Selain itu pastikan bahwa handphone Anda sudah di root terlebih dahulu. Hal ini akan meningkatkan hasil kalibrasi yang Anda lakukan.

2. Download Aplikasi Battery Calibration
Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Battery Calibration di Playstore. Aplikasi ini cukup ringan jadi Anda tidak perlu khawatir dengan ukuranya.

3. Proses Kalibrasi
Setelah memastikan bahwa aplikasi telah terinstal dan betarai Anda dalam kondisi maksimal, buka aplikasinya lalu tekan tombol Battery Calibration yang ada di tengah. Tunggu proses berjalan, biasanya memakan waktu agak lama, lalu setelah semuanya selesai klik tombol “OK”.

4. Penggunaan Baterai
Langkah terakhir yang tidak kalah penting dalam proses kalibrasi baterai adalah teknik penggunaan setelah baterai dikalibrasi. Setalah proses selesai, gunakan baterai Anda dengan normal sampai benar-benar habis. Lalu matikan handphone Anda dan charge handphone Anda dalam keadaan mati (offline charging) hal ini sangatlah penting karena jika tidak dilakukan maka efek dari proses kalibrasi tidak akan maksimal. Oleh karena itu perhatikan penggunaan handphone Anda setelah proses kalibrasi dan biarkan baterai sampai dalam keadaan kosong.

Setelah semua proses dilakukan, terutama proses offline charging, maka baterai handphone Anda sudah berada pada titik dimana baterai tersebut baru dikeluarkan dari pabrik. Tentu saja rasanya tidak akan sama dengan baterai pada saat masih baru, namun proses kalibrasi ini jelas mampu meningkatkan kualitas dan daya tahan baterai handphone Anda.

Sayangnya proses yang cukup mudah ini belum banyak orang yang tahu dan orang-orang justru menggunaka power bank yang dalam jangka panjang justru akan merusak daya tahan baterai yang mereka punyai. Oleh karena itu perhatikan langkah-langkah diatas dan Anda akan mampu memperbaharui baterai yang Anda miliki sehingga Anda tidak akan terganggu lagi dengan baterai yang gampang drop.

Comments

comments