Cara beli kamera digital – Anda pasti menginginkan sebuah kamera sebagai alat bantu pengabadi gambar, tapi mana yang paling tepat dan pas? Jangan bingung, karena PriceArea.com memiliki ulasan lengkap tentang panduan lengkap bagaimana cara membeli sebuah alat yang konon memiliki makna melukis dengan cahaya. Berikut ulasannya.

Ketika Anda memutuskan untuk bertandang ke pusat perbelanjaan terdekat di kota Anda, pasti ada sesuatu yang menarik Anda untuk melihat atau memustuskan untuk membelinya. Kamera adalah salah satu produk yang pasti akan masuk dalam daftar pembelian Anda, tapi masalahnya, dalam etalase sebuah toko ternyata di pajang puluhan tipe bahkan ratusan model hingga Anda bingung memutuskan mana yang harus Anda pilih.

Tapi sebenarnya jangan terkecoh dengan bentuk dan jenis, hanya ada dua jenis untuk kamera foto, yakni kamera DSLR dan kamera kompak atau pocket. Nah, menentukan jenis adalah hal utama yang harus Anda perhatikan, apakah Anda hanya ingin sebuah perekam gambar biasa saja, atau apakah Anda mengutamakan kualitas resolusi atau pencitraan, serta zoom yang Anda perlukan.

Panduan Lengkap Tentang Cara Beli Kamera Digital
Nikon 1 J3

Ada 5 kelas utama yang perlu Anda perhatikan guna memilih mana jenis kamera yang cocok untuk Anda pilih dan sesuai dengan keperluan. Mari Kita urai panduan lengkap tentang cara beli kamera digital dari urutan pertama;

1. Untuk Fotografer dan Para Traveler Pemula

Sebagai pemegang julukan pemula tentu tak memerlukan pengoperasian lebih banyak seperti tombol atur yang terdapat pada jenis kamera DSLR (digital single lens reflect), pengguna baru ini lebih mengutamakan kemudahan namun tetap memiliki kualitas hasil yang cukup baik.

Untuk memperoleh sebuah kamera point and shoot yang memiliki pengoperasian mudah serta punya kualitas hasil cukup baik tentu tak mudah, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah; Pencitraan atau resolusi megapixel yang dimiliki, fitur ISO serta kemampuan Panjang Lensa atau Zoom Rasio.

Beberapa hal ini cukup penting Anda perhatikan, mengapa? Karena banyak kamera memiliki bentuk yang canggih serta futuristik bahkan memiliki kemampuan tahan air dan benturan, namun resolusinya tak begitu kuat. Untuk itu, ada baiknya perhatikan ini, tak perduli apakah kamera tersebut berbentuk mini atau kuno, asalkan megapixel yang dimiliki tinggi dan didukung oleh fitur seperti peredam getar (image stabilizer) dan efek lainnya maka kamera tersebut sudah layak beli.

Menyinggung masalah fitur peredam getar maka cara beli kamera digital ini akan berpengaruh pada harga serta performa lensa yang dimiliki. Umumnya, kamera pemilik peredam getar akan lebih baik jika dipadankan dengan fokal lensa lebih panjang dan aperture besar seperti f/2.0 atau f/1.8 serta dilengkapi dengan harga yang juga tak murah.

Nah, untuk layanan ISO juga tak kalah penting, tak sedikit kamera yang memiliki pencitraan tinggi namun kemampuan ISO minim, tak ayal kemampuan mengabadikan momen dalam situasi minim cahaya akan kurang mumpuni. Jika seluruh fitur yang telah PriceArea utarakan tadi terdapat dalam sebuah kamera, maka jangan ragu untuk memboyongnya.

Hal lain yang juga tak bisa dihilangkan dalam mempertimbangkan cara beli kamera digital adalah mengetahui jelas performa LCD, pasalnya komponen ini juga cukup penting untuk mengetahui apakah hasil jepretan Anda cukup baik atau tidak. Jika mungkin, pilihlah dengan layar LCD yang berukuran agak lebih lebar atau minimal 2,7 inci dengan resolusi HD, agar saat menggunakan layanan fitur video akan lebih mengetahui jelas pancaran cahaya yang didapat.

2. Kamera Super Zoom dan Untuk Anda yang Mengutamakan Momen Candid

Untuk memenuhi ‘rasa’ ini maka ada dua hal yang perlu Anda ketahui tentang kamera super zoom, yakni jenis kompak dan standar. Untuk model kompak terdapat beberapa tipe yang bisa Anda coba lihat, Samsung WB250F dengan harga 200 dolar atau 2 jutaan lebih sedikit bisa jadi acuan Anda karena memberikan fitur 18X optical zoom.

Sedangkan untuk model standar adalah Super zoom, meski lebih besar dengan tipe kompak namun performa yang dimiliki untuk melakukan pengambilan gambar jarak jauh cukup baik, Panasonic Lumix DMC FZ200 dengan harga yang lebih mahal yaitu 4,5 juta mampu menghasilkan gambar lebih baik.

Agak lebih besar memang namun standar super zoom memang demikian, layanan ISO serta akselerasi shutter juga lebh meningkat dibandingkan dengan tipe kamera kompak yang ada. Tapi jangan salah, meskipun dipredikatkan dengan layanan zoom, tak sedikit juga kamera ini hanya omong besar, hal ini karena sensor dan lensa yang dimiliki tak cukup kuat untuk mendongkrak performa agar kualitas gambar lebih baik. Kelemahan banyak terjadi pada super zoom tidak dilengkapinya dengan fitur image stabilizer jika tak tersedia fitur ini maka urungkan niat Anda untuk beli kamera digital tersebut.

ISO yang dimiliki tetap memiliki peran utama untuk memberikan kualitas foto mantap, misalnya saja pada Fujifilm FinePix HS50EXR yang memiliki 42X optical zoom, sebagai panduan tentang cara beli kamera digital kelengkapan fitur yang dimiliki oleh vendor yang beberapa waktu lalu cukup serius mengembangkan seven eleven memang cukup baik dan pas dengan banderol harga sekitar 5,2 juta.

3. Sensor Besar Tanpa Zoom

Hal yang lain yang Anda perhatikan untuk mengetahui cara beli kamera digital adalah sensor. Ini ada beberapa tipe kamera yang bisa dijadikan sebagai referensi seperti yang tersedia pada Olympus XA, Rollei 35, Leica CM serta Ricoh GM, semua memiliki sensor besar namun berbadan kecil.

Semua kamera ini nyaris tak memiliki performa dari sisi zoom, namun begitu, sensor yang dimiliki cukup besar, kekuatan terbesar adalah dari sisi ini, untuk itu, kualitas hasil yang dimiliki cukup baik, bahkan lebih baik dengan kamera yang memiliki fitur zoom tinggi.

Hal ini tentu karena pertimbangan produksi pabrik yang mempertimbangkan ongkos produksi dan daya beli pasar. Jika banyak tipe diproduksi dengan komponen serta kualitas yang prima tentu harga yang dibanderol juga tak murah. Untuk itu, kombinasi fitur dengan menonjolkan salah satu fitur saja adalah pilihan bijak dari para vendor untuk bisa mengarahkan dan mempermudah cara beli kamera digital saat ini.

Sebagai perbandingan harga Anda bisa lihat beberapa jenis kamera ini yang disertai harga, untuk harga kamera digital Ricoh GR di toko online Amazon dibanderol sekitar 8 juta atau 7.99 dolar. Kemudian Fujifilm X100s juga tak mau kalah dengan memberikan harga cukup fatastis yakni 13 juta rupiah. Sony, lewat Cybershoot DSC-RX1 juga enggan hanya dipredikat sebagai produsen elektronik, kamera terbarunya ini dilansir dengan harga 28 juta.

Panduan Lengkap Tentang Cara Beli Kamera Digital
Mirrorless Olympus OMD EM5

4. Interchangeable System Camera

Kamera ini merupakan alternatif yang diperuntukkan pengguna amatir ataupun profesional, bagaimana tidak, pengoperasiannya yang mudah namun memiliki fitur serta ukuran yang jauh berbeda dengan kamera DSLR tentu membuat banyak orang kepincut dan ingin mengetahui cara beli kamera digital jenis ini.

Beberapa tipe yang telah hadir dipasaran dan saat ini sudah banyak dimiliki oleh pecinta fotografi adalah Sony lewat Alpha NEX3N dengan harga 4,5 juta, kemudian ada Samsung NX300 yang dijual sekitar 6,5 juta, lalu Nikon yang juga ikut meramaikan kamera mirrorless (tanpa ruang cermin) disusul oleh kamera Canon yang bisa dibilang agak terlambat.

Meski begitu ada hal penting yang harus Anda ketahui juga tentang bagaimana cara beli kamera digital jenis ini, lensa adalah hal yang cukup eksklusif, pasalnya, ukuran yang dimiliki lebih kecil dan tidak sama dengan beberapa lensa kamera DSLR, perlu sebuah converter lens atau penyambung lensa agar Anda bisa menggunakan dengan mudhah lensa yang telah tersedia atau milik DSLR.

5. Kamera DSLR Untuk Anda yang Ingin Kualitas serta Performa Mantap

Nah, inilah yang bisa dikatakan agak serius dalam memilih tipenya. Bagaimana tidak, meski secara keseluruhan memiliki kesamaan yakni memiliki shutter release cepat berikut pengaturan shutter speed dan diafragma namun fitur lain yang dimiliki setiap kamera tentu memiliki karakter yang berbeda.

Belum lagi dengan komposisi white balance yang dimiliki yang juga tak bisa lepas dari sensor dan pemroses gambar yang dimiliki, tentu saja masing-masing memiliki karakter yang sudah pasti berbeda. Di kelas entry level semua produsen kamera memunculkan, dan harga kamera tersebut juga beragam, namun yang pasti hampir memiliki kesamaan dengan jenis mirrorless. Sementara untuk kamera menengah serta profesional, jenis DSLR sudah pasti memiliki harga yang lebih tinggi, mulai dari 7 juta hingga 30 jutaan.

 

Panduan Lengkap Tentang Cara Beli Kamera Digital
Sejumlah Tipe Kamera Kelas Menengah Atas

Itulah 5 hal berikut penjelasan yang bisa PriceArea.com berikan untuk Anda yang ingin mengetahui cara beli kamera digital dengan baik dan tak mudah disodorkan promosi atau iming-iming ‘bagus’ penjual. Oya, untuk membenadingkan beberapa harga kamera bisa Anda lihat di http://www.pricearea.com/harga/kamera, mulai dari jenis pocket standar, profesional hingga entry level, semua itu bisa Anda temukan lengkap dengan harganya. Selamat memilih dan menikmati kamera pilihan Anda.

Comments

comments