Era teknologi internet membuat aktifitas berbelanja online sangatlah mudah. Setiap orang dapat melakukan belanja online. Barang apapun pastilah ada yang menjualnya di internet. Penjual online pun juga bukan lagi toko online yang menjual produk mereka. Individu personal juga dapat menjual produk mereka melalui internet. Tentulah berbagai keunggulan ini juga memiliki dampak buruk bagi kita yang ingin membeli berbagai produk melalui cara online ini.

Pricearea - Berbelanja Online

Banyak orang memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk melancarkan segala program penipuan mereka dalam bidang jual beli online. Kali ini, kami ingin membahas beberapa trik jitu untuk melakukan pembelian produk secara online yang nyaman dan tentunya aman bagi anda. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Aman dan Nyaman Berbelanja Online

1. Lakukan Riset Kecil-kecilan

Riset ini diperuntukkan bagi anda yang masih ragu akan toko online yang akan menjadi tempat anda membeli sesuatu. Ulik lebih dalam ke penelusuran Google demi mendapatkan berita terkini mengenai toko tersebut. Jika di hasil pencarian terdapat banyak ulasan yang mengatakan bahwa toko tersebut banyak kasus penipuan, maka lebih baik anda urungkan niat untuk membeli di toko online tersebut. Anda juga dapat melacak alamat, no telepon, website, dan identitas lainnya untuk memastikan keamanan dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko tersebut.

2. Pelajari dengan Seksama Tata Cara Pembelian dan juga Klaim Produk

Situs penjualan online yang profesional sudah pasti mengikutsertakan tata cara pembelian yang jelas. Selain itu, biasanya juga disertakan tata cara klaim produk jika terdapat kerusakan atau cacat diakibatkan kesalahan pengiriman. Dengan begitu anda tidak akan dirugikan sebagai konsumen. Selain itu, sebelum membeli ada baiknya anda membaca dengan seksama keseluruhan deskripsi produk. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan terhadap pembelian.

3. Jangan Mudah Tergoda Barang Murah

Barang bagus namun memiliki harga murah? Anda sebaiknya waspada akan modus penjualan seperti ini. Pastilah ada harga, juga ada rupa dan kualitas barang. Ketelitian anda dituntut di sini. Anda sebaiknya meminta identitas tambahan sebagai jaminan bahwa barang tersebut asli dan memiliki harga sesuai dengan yang tertera di website. Tanyakan kepada penjual alasan menjual dengan barang murah. Siapa tahu barang tersebut dijual murah karena bermasalah dalam pembiayaan atau masalah pajak. Jangan sampai anda mendapatkan barang murah, namun nantinya justru merugikan anda sendiri.

Jika anda membelinya melalui perorangan, ada baiknya anda meminta foto KTP penjual tersebut. Cocokkan dengan kode wilayah atau sesuaikan dengan data yang dimiliki oleh KPU. Anda dapat mengeceknya melalui tautan ini http://data.kpu.go.id/ss89.php. Meskipun situs ini belum sempurna 100%, paling tidak anda bisa mengantisipasi perbuatan nakal orang yang tidak bertanggung jawab dalam proses jual-beli atau berbelanja online.

Data KPU untuk mengecek keaslian KTP penjual saat berbelanja online

4. Pertimbangkan Cara pembayaran

Cara anda membayar barang juga menentukan keamanan berbelanja online anda. Cara paling aman dan terpercaya adalah dengan bertemu langsung atau sering disebut dengan Cash on Delivery (COD). Selain itu anda juga masih dapat mempertimbangkan penggunaan Rekening Bersama, Paypal, Kartu Kredit atau transfer. Namun perlu diingat, pastikan terlebih dahulu penjual tersebut benar-benar dapat dipercaya. Dengan begitu proses transaksi menjadi aman dan nyaman.

5. Lindungi Data Pribadi Anda

Jangan sembarangan memberikan identitas anda kepada penjual. Apalagi kepada penjual yang belum anda percaya. Jikalau sudah deal dan membuat kesepakatan tersendiri mengenai barang yang akan anda beli, barulah identitas anda dapat anda berikan kepada penjual. Dengan begitu, anda sudah meminimalisir terjadinya penipuan dari maraknya proses jual-beli atau berbelanja online melalui teknologi internet.

Itulah sedikit tips yang dapat anda gunakan dan juga pertimbangkan dalam membeli barang melalui toko online yang terdapat di dunia maya atau internet. Anda harus tetap berhati-hati dan jangan mudah tergoda dengan penawaran yang menggiurkan dari si penjual. Be a smart buyer, maka anda akan aman dalam melakukan belanja online. Selamat berbelanja.

Comments

comments