Berbagai makanan akan tersaji saat Hari Raya Idul Fitri. Bermacam – macam makanan berat seperti opor, rendang, dan lainnya akan tersaji di meja makan. Ada juga kue kering yang bisa kita sajikan untuk hidangan cemilan keluarga. Ada kue tradisional dan modern. Banyak menyukai kue jenis ini dikarenakan daya tahan nya yang lebih lama daripada kue basah.

Rasanya juga lebih renyah, pas sekali untuk teman di saat santai, acara lebaran, tamu dan yang lainnya. Hal ini dikarenakan mereka dibuat dengan cara oven, panggang ataupun digoreng. Pada umumnya memang kita membeli aneka kue kering tersebut apalagi saat mempersiapkan cemilan kue kering lebaran, seperti nastar, putri salju, kastangel, lidah kucing dan yang lainnya. Dibandingkan membeli aneka kue kering di toko atau di toko online yang menawarkan berbagai macam produk kue kering seperti Monde, Oreo, Good Time atau produk cemilan kue kering lainnya, membuat cemilan kue kering sendiri pasti lebih hemat dan terjamin mutunya.

Camilan kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Cemilan kue kering  memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu.

Berikut Ini  Resep Cemilan Kue Kering Yang Mudah Dibuat : 

RESEP KUE KERING COKLAT
Cara membuat dan Resep Kue Kering Cokelat

Bahan-Bahan:

  • 125 gram gula halus
  • 75 gram margarin
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 175 tepung terigu

Cara Membuat Kue Kering Cokelat:

  1. Resep kue kering yang ini cukup sederhana dan gampang diikuti. Pertama-tama, kocok margarin dan gula sampai merata.
  2. Tambahkan kuning telur ke dalamnya. Aduk hingga keluar busa.
  3. Tambahkan pula cokelat bubuk dan tepung terigu ke campuran yang tadi dibuat. Aduk kembali sampai merata.
  4. Setelah adonan memadat, bentuk calon kue cokelat sesuai selera. Tapi adonan jangan sampai terlalu keras, ya. Nanti sulit dibentuk.
  5. Nyalakan oven. Atur suhunya standar saja. Setelah itu tunggu hingga matang. Kemudian angkat dan sajikan. Kalau suatu hari Anda lupa cara bikinnya, tengok lagi resep kue kering ini.

RESEP KUE KERING NASTAR
resep dan cara membuat Kue Kering Nastar

Bahan-Bahan:

  • 700 gram tepung terigu
  • 4 kuning telur
  • 100 gram gula halus
  • 500 gram blueband
  • ½ ons wisman
  • 75 gram keju parut
  • 2 kuning telur campur 1 sendok teh madu (untuk olesan)
  • Selai nanas secukupnya (untuk isi)

Cara Membuat Kue Kering Nastar:

  1. Campurkan blueband, wisman, kuning telur, dan gula halus. Resep ini merupakan pondasi untuk kue kering buatan Anda nantinya. Kocok kurang lebih 5 menit saja.
  2. Masukkan keju parut ke campuran yang tadi. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan adonan ke wadah yang Anda siapkan. Campurkan tepung terigu ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai tangan. Tambah terus terigunya sampai dirasa pas dan kalis.
  4. Cuil adonan yang sudah memadat itu. Kemudian beri isi dengan selai nanas. Jangan lupa oleskan campuran kuning telur dan madu di atasnya. Tumpangi olesan kuning telur itu dengan parutan keju.
  5. Setelah semua siap, panggang mereka ke dalam oven yang terlebih dahulu sudah Anda panaskan. Tunggu sampai dirasa matang. Kemudian sajikan di ruang tamu agar menarik perhatian tamu yang singgah ke rumah Anda.

RESEP KUE KERING PUTRI SALJU
Cara membuat dan Resep Kue Kering Putri Salju

Bahan-Bahan:

  • ½ kilogram tepung terigu
  • ½ margarin
  • 35 gram keju
  • 2 butir kuning telur
  • 1 sachet susu bubuk putih
  • ½ tepung gula dingin

Cara Membuat Kue Kering Putri Salju:

  1. Pertama-tama aduk margarin dengan kuning telur sampai merata. Pelan-pelan saja, tapi pasti.
  2. Setelah teraduk rata, campurkan susu bubuk putih. Kemudian aduk kembali.
  3. Masukkan resep kue kering selanjutnya dengan tepung terigu seraya diayak-ayak agar bahan lainnya mudah tercampur ke dalamnya. Pemberian tepung sedikit demi sedikit saja biar pas hasilnya.
  4. Setelah adonan kalis, maka Anda tinggal membentuknya. Suka-suka Anda mau dibentuk seperti apa. Apakah mau bulan sabit, bulan purnama, atau bulan separuh. Sesuai selera saja.
  5. Kue Putri Salju itu salah satu dari kumpulan penganan kering Lebaran yang punya resep khas. Ketika dimakan rasanya akan nyes di mulut. Agar semakin lengkap, oleskan margarin di atas adonan yang sudah Anda bentuk tadi.
  6. Panggang ke oven kurang lebih selama 25-30 menit. Atur suhu standar saja biar bisa mengembang secara maksimal.
  7. Begitu sudah matang, tinggal angkat. Sajikan di atas piring atau stoples kesukaan Anda.

Hindari Kesalahan Ini Saat Membuat Kue Kering

Cara membuat kue kering sebenarnya sama saja dengan kue kering biasa. Anda patut menghindari beberapa kesalahan berikut ini agar kue kering yang Anda buat semakin sempurna :

  • Menggunakan Gula Pasir Dalam Jumlah Banyak

Penggunaan gula pasir dalam jumlah banyak bisa membuat kue kering jadi mudah hangus. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan gula pasir sesuai takaran pada resep. Kalau masih terasa kurang, Anda bisa memperoleh rasa manis dari penggunaan susu bubuk, cokelat, madu, atau buah-buahan kering.

  • Adonan Yang Kekurangan Putih Telur

Adonan kue kering yang kekurangan putih telur pasti jadi mudah hancur ketika sudah matang. Karena putih telur berfungsi sebagai perekat yang menyatukan berbagai bahan dasar kue kering. Oleh karena itu, usahakan untuk menakar putih telur dengan jumlah tepat. Maka kue kering Anda pun akan terasa renyah ketika disantap.

  • Mengolah Adonan Kue Terlalu Lama

Jika Anda terlalu lama mengolah adonan kue, kemungkinan besar adonan kue jadi mengembang secara berlebihan. Hal ini bisa mengakibatkan kue melebar saat dipanggang. Bentuk kue pun jadi kurang menarik karena tidak sesuai dengan keinginan Anda.

  • Keliru Memilih Bahan Pengembang

Soda kue dan baking powder adalah jenis pengembang yang paling sering digunakan untuk kue kering. Jadi, jangan menggunakan bahan pengembang lain seperti SP atau ovalet karena karakteristiknya tidak cocok dengan kue kering. Siapkan soda kue atau baking powder sesuai takaran resep. Soda kue yang berlebihan bisa membuat kue kering jadi berwarna gelap. Sedangkan baking powder yang berlebihan dapat membuat tekstur kue terlalu kering dan bentuknya melebar.

  • Menggunakan Telur Dari Kulkas

Telur yang baru dikeluarkan dari kulkas harus dibiarkan terlebih dahulu pada suhu ruang. Sehingga telur tersebut dapat membuat tekstur kue kering menjadi renyah tetapi tetap lembut. Telur yang masih dingin tentu sulit mengembang ketika dicampur bersama adonan. Jadi, siapkan waktu selama kurang lebih 30 hingga 40 menit agar telur siap digunakan.

  • Lupa Memoles Permukaan Kue

Bukan cuma cita rasa kue kering yang wajib diperhatikan. Tampilannya pun harus menarik agar lebih menggugah selera. Biasanya, permukaan kue kering tanpa topping diolesi dengan egg wash (kuning telur, atau bisa juga dicampur dengan sedikit susu). Ulangi pengolesan sebanyak 2 hingga 3 kali agar permukaan kue kering benar-benar terlapisi dengan sempurna. Setelah matang nanti, warna kue kering pasti menjadi lebih kuning keemasan.

  • Kue Kering Langsung Disimpan Selagi Panas

Kue kering yang sudah matang bisa segera diangkat dari panci. Tetapi sebaiknya Anda tidak langsung menyimpan kue kering di dalam toples. Karena uap panas yang terdapat dalam kue kering bisa membuatnya menjadi lembab dan lekas berjamur. Anginkan terlebih dahulu kue kering yang baru matang selama kurang lebih 1 jam agar uap panasnya hilang. Selanjutnya, Anda bisa segera menyimpan kue tersebut pada wadah kedap udara yang tutupnya rapat.

Baca Juga >> Harga Jual Sirup Marjan di Bulan Ramadhan

Memasak bisa jadi salah satu hobi yang mengasyikkan untuk wanita dan kalau Anda suka memasak dan ngemil, Anda bisa buat cemilan kue keringmu sendiri di rumah. Selain lebih hemat, kualitas bahan yang Anda gunakan juga terjamin, sehingga Anda tak perlu takut mengkonsumsinya. Anda juga bisa mengkreasikan resep di atas dengan bentuk, rasa dan topping sesuai seleramu. Anda juga dapat membeli berbagai macam produk spesial ramadhan seperti parcel, aneka kue kering, sirup hingga fashion lebaran di Pricearea.com sebagai mesin pencari belanja terbaik no #1 di Indonesia. Selamat Mencoba.

Summary
Aneka Resep Camilan Kue Kering Anti Gagal
Article Name
Aneka Resep Camilan Kue Kering Anti Gagal
Description
Jual aneka camilan kue kering untuk lebaran di Hari Raya Idul Fitri. Temukan produk camilan kue kering unggulan yang bisa dibeli dengan mudah & aman. Temukan penjual camilan kue kering terbaik dari seluruh toko online di Indonesia hanya di Pricearea.com sebagai mesin pencari belanja no #1. Pembayaran mudah - gratis ongkos kirim - Cicilan 0% - Diskon hingga 70%.
Author

Comments

comments