Libur panjang lebaran memang menyenangkan bagi semua orang, baik mereka yang merayakannya maupun yang tidak. Libur lebaran biasanya diisi untuk pulang kampung dan bersilaturahmi dengan keluarga. Tidak hanya itu, orang juga biasanya akan pergi berwisata ke suatu tempat bersama keluarga, sekadar untuk menghilangkan penat. Namun, bagi kamu yang tidak pulang kampung, tentunya liburan bisa jadi sangat menjemukan. Untuk mengisi liburan kamu agar tidak jenuh, ada baiknya melakukan hal-hal yang bermanfaat saat libur lebaran, salah satunya dengan membaca buku.

Ilustrasi Buku-buku
Ilustrasi Buku-buku

Jika kamu sudah membaca semua koleksi buku yang ada di rumah, berarti ada perlu tambahan koleksi untuk mengisi waktu senggang saat libur lebaran ini. Nah, untuk menambah koleksi bacaan kamu, berikut kami berikan 10 daftar buku untuk bahan bacaan kamu saat liburan lebaran yang diambil dari hipwee.com bukan hanya dari pengarang internasional, pengarang Indonesia pun ada.

Inilah Daftar Buku pilihan yang bisa Anda baca saat bersantai dihari libur

1. Dunia Mara oleh Sitta Kirana
Novel ini bercerita mengenai kehidupan dari tokoh utamanya, yaitu Mara Syadiran. Mara merasa bosan dengan perintah ibunya untuk segera lulus kuliah, mencari kerja, lalu menikah. Menurutnya, kehidupan yang diinginkan ibunya itu tidak seperti yang ia inginkan. Sehingga akan terjadi konflik dingin antara ibu dan anak. Konflik akan semakin kompleks ketika pacar Mara, namanya Arka, menghilang. Selanjutnya konflik akan mengalir dengan cukup natural sehingga sangat menarik untuk dibaca. Dengan narasi yang cukup rapi serta bahasa yang ringan, novel ini sangat pas untuk dijadikan pembunuh suntuk saat libur lebaran datang.

2. Petualangan Tintin: Lotus Biru
Kisah petualangan Tintin memang sudah dikenal terutama di daerah barat. Tapi Lotus Biru ini bisa dibilang merupakan cerita petualangan Tintin pertama yang ada di Asia Timur. Dengan mengambil seting di China pada saat pendudukan Jepang di sana, novel ini akan berkisah tentang Tintin dan Milo serta anjing peliharaannya. Mereka menghadapai sindikat pengedar opium yang berbahaya. Mereka memiliki racun Rajaijah yang akan disuntikan kepada mereka yang mencoba menggagalkan usaha peredaran opium mereka. Racun tersebut bisa membuat penderitanya menjadi gila. Banyak sekali kejutan yang ada dalam buku ini sehingga sangat cocok untuk menjadi bahan bacaan kamu ketika tidak ada kegiatan lain saat liburan.

3. Pertemuan Dua Hati Oleh NH Dini
NH Dini adalah salah satu penulis perempuan berbakat di Indonesia. Karya-karyanya sangat berkualitas dan dengan bahasanya yang ringan, enak dibaca. Novel ini berkisah tentang seorang guru baru disebuah SD namanya bu Suci. Saat itu, ia menghadapai masalah ketika salah satu anak didiknya tidak pernah masuk sekolah. Anak tersebut dianggap pengganggu oleh teman-temannya dan oleh guru lain di SD tersebut. Akan tetapi bukannya bu Suci tak acuh kepada anak tersebut, ia justru menaruh perhatian lebih kepadanya. Di saat bersamaan, anaknya harus terserang penyakit sehingga ia harus membagi dua tanggung jawab sekaligus, kepada murid dan anaknya sendiri. Kisah ini akan membuat pandangan kamu terhadap kaum perempuan menjadi lebih luas, bahwa perempuan tidak hanya fokus terhadap keluarga saja melainkan juga karirnya.

4. Notorious oleh Cecily von Ziegesar
Buku ini merupakan lanjutan dari seri pertama serial buku “the it girl”. Pengarangnya, Cecily von Ziegesar adalah penulis best seller buku “Gossip Girl”. Novel ini akan berpusat pada tokoh utama Tinsley Charmichael yang merupakan mantan queen bee. Latar belakangnya sebagian besar akan mengambil dari latar sekolahan. Di sini yang menjadi pokok persoalan adalah persaingan antara beberapa kelompok perempuan yang berkuasa di sekolah tersebut. Siapa yang menang? Tentu saja kamu harus membacanya sendiri agar mendapatkan keseruan dan ketegangan dalam membaca.

5. Rules oleh Cynthia Lord
Tokoh utama dari novel ini adalah Catherine. Ia merupakan gadis remaja berusia 12 tahun yang dituntut menjadi seorang dewasa demi menjaga adiknya David. Pekerjaannya menjadi lebih berat mengingat adiknya tersebut adalah seorang autis. Untuk menangani adiknya yang berkebutuhan khusus, ia membuat beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh adiknya itu. Tidak ada yang peduli dengan david, termasuk kedua orang tuanya sendiri. Ditambah lagi teman-temannya yang sering mengejek David. Bagaimana usaha Catherine untuk mengurus adik yang sangat ia sayangi tersebut? Membaca novel ini akan membuat liburan kamu tidak terasa membosankan.

6. Serial Komik Hai Miiko! Oleh Ono Eriko
Membaca komik adalah kegiatan paling mengasyikan jika sedang merasa bosan. Selain karena isinya ringan, cerita yang disajikan pun pada umumnya menarik di baca. Komik ini bercerita tentang Miiko seorang siswa SD kelas 5 yang sangat periang. Tetapi dia tidak menyukai pelajaran di sekolah, termasuk dengan mengerjakan PR. Pelajaran yang dapat dipetik adalah ketika Miiko berkunjung ke Hiroshima dan bertemu dengan seorang hantu anak kecil yang menjadi korban bom puluhan tahun silam. Dengan pembawaan yang kocak, membaca Miiko akan sangat menghibur kamu yang sedang bosan.

7. Negeri 5 Menara oleh A. Fuadi
Novel ini sangat pas dibaca pada saat kamu mengalami deadlock dalam menghadapi sesuatu. Dengan kalimat terkenal yang ada di novel ini “man jadda wa jadda”, novel motivasi ini bisa menjadi mood-booster buat kamu. Novel karya Ahmad Fuadi ini bercerita tentang seorang anak bernama Alif yang ingin menjadi orang seperti Habibie. Namun, ia menerima kenyataan kalau orang tuanya lebih mengiginkan ia menjadi seorang seperti Buya Hamka. Akhirnya ia dimasukkan di pondok pesantren Madani di Ponorogo, Jawa Timur. Ia akan bertemu dengan teman-temannya yang nantinya akan terus mendampinginya dalam susah dan senang. Novel ini cocok buat mengisi libur lebaran kamu.

8. Padang Bulan – Cinta di Dalam Gelas oleh Andrea Hirata
Buku ini adalah dwilogi yang mulaya terpisah dalam dua bagian. Sekarang dalam bentuk satu jilid, kamu akan lebih mudah membacanya. Banyak sekali kisah inspiratif yang bisa diambil dari novel ini yang akan membuat hidup kamu jadi lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Salah satu kisah di novel ini bercerita tentang Enong yang sangat ingin bisa menguasai bahasa Inggris. Dengan bekal “kamus bahasa Inggris 1 Milyar Kata” pemberian almarhum ayahnya, ia sangat termotivasi untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik.

9. The Museum of Innocence oleh Orhan Pamuk
Orhan Pamuk adalah salah satu pengarang terkenal dari Turki yang telah di akui dunia. Ia pernah mendapat penghargaan Nobel. The Museum of Innocence yang berkisah tentang Kemal dan Fusun yang terlibat love affair. Dengan setting Turki 1970an, novel ini juga merupakan novel sejarah yang cukup informatif.

10. Tamal oleh Mal Peet
Novel ini cukup unik dengan dua plot cerita berbeda dengan rentang waktu yang cukup lama. Plot pertama tahun 1945 dan plot kedua tahun 1995. Bagaimana jalannya cerita kedua plot yang terpisah waktu yang tidak sebentar? Novel ini sangat pas untuk mengisi waktu kamu saat libur lebaran.

Bagi Anda yang hobi mengoleksi dan membaca Buku-buku, saat ini suda banyak berbagai Toko Online yang menyediakan Buku-buku pilihan, lengkap dengan pengarag, serta dengan harga yang terjangkau

Comments

comments