Berolahraga saat puasa – Saat-saat berpuasa adalah waktu dimana kita, secara fisik, tidak memiliki stamina dan energi seperti hari-hari biasa. Oleh karena kita harus berpuasa makan dan minum dari subuh sampai maghrib. Otomatis kita tidak bisa melakukan kegiatan berat yang biasa kita lakukan sehari-hari, misalnya saja olahraga. Kalau kita misalnya biasa berolahraga paling tidak 1 -2 jam di hari-hari biasa, tentunya hal itu tidak bisa dilakukan saat puasa, apalagi di pagi hari. Tetapi, haruskah ketika berpuasa kita tidak berolahraga sama sekali? Sebaiknya tetap berolahraga. Justru saat bulan puasa, kondisi fisik kita harus prima, jangan sampai lemas apalagi sakit agar ibadah puasa kita lancar.

Olahraga apa yang bisa dilakukan saat berpuasa? Jawaban general-nya adalah olahraga ringan. Paling tidak kita mengurangi porsi dan waktu olahraga yang biasa kita lakukan sehari-hari. Kalau anda misalnya, melakukan olahraga jogging 3 – 5 jam per minggu, saat bulan puasa, waktunya dikurangi menjadi hanya 1 – 2 jam saja. Nah, selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga lain saat berpuasa. Apa saja itu? Berikut ini kegiatan Berolahraga saat puasa terbaik yang dapat anda lakukan.

Berolahraga Saat Puasa Justru Menyehatkan

Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan. Jika anda di kota-kota besar, misal Jakarta, biasanya bersepeda dilakukan pada saat car free day di pagi hari. Akan tetapi saat bulan puasa, berolahraga pagi hari tentu akan menguras energi dan stamina anda, mengingat waktu berbuka masih lama. Sebaiknya olahraga dilakukan saat sore hari menjelang buka. Tidak harus menunggu event CFD, anda bisa bersepeda keliling komplek rumah. Berputar-putar selama 30 – 60 menit tentunya sudah cukup untuk menjaga badan tetap sehat.

Berolahraga saat puasa

Jogging

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jogging adalah salah satu alternatif olahraga yang bisa dilakukan saat puasa. Waktu jogging saat puasa adalah sore hari, sekitar 1 jam menjelang berbuka. Jika ada waktu, sempatkanlah jogging untuk paling tidak 30 menit lari keliling komplek rumah ataupun di area olahraga seperti stadion. Kenapa menjelang buka? Karena sehabis berjogging tubuh anda pasti lelah dan rasa haus pasti ada. Jika dilakukan saat menjelang buka puasa, maka anda bisa langsung berbuka dengan minum air dan mengisi kembali stamina anda.

Berolahraga saat puasa

Bulutangkis

Apakah bulutangkis bisa dilakukan saat berpuasa? Tentu saja bisa. Waktu yang paling tepat sebenarnya adalah sore hari. Namun, anda juga bisa melakukannya di malam hari sekitar pukul 09.00 Tapi harus selalu diingat, porsi olahraga harus lebih sedikit daripada hari-hari biasa. Hal ini karena anda sangat membutuhkan stamina yang banyak saat menjalani puasa di siang hari. Sebaiknya, bulutangkis bisa dilakukan di dalam ruangan agar tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Kalau di luar, ada faktor angin yang membuat kita harus mengeluarkan tenaga lebih besar saat memukul kok.

Berolahraga saat puasa

Bowling

Jenis kegiatan berolahraga saat puasa selanjutnya yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah bowling. Meskipun kelihatannya enteng, tetap saja jangan terlalu berlebihan. Seperti biasa, lakukanlah olahraga di sore hari agar ketika selesai anda bisa langsung menenggak minuman untuk menghilangkan dahaga. Bowling biasa dilakukan di dalam ruangan yang sejuk dan ber-AC sehingga tidak terlalu menguras keringat.

Berolahraga saat puasa

Jalan Santai

Jalan santai juga bisa dibilang olahraga, karena tubuh kita bergerak selama itu. Berolahraga saat puasa dengan jalan santai bisa dilakukan kapanpun, baik pagi atau sore hari tergantung waktu luang anda karena jalan tidak terlalu menguras energi dan stamina. Di pagi hari anda bisa melakukannya saat sehabis subuh. Saat matahari belum keluar adalah yang paling tepat untuk jalan-jalan. Selain udara masih segar, tubuh anda juga tidak cepat capek akibat terkena matahari. Selain itu, jalan santai bisa dilakukan pula di sore hari menjelang buka puasa. Tidak usah berlari, jalan saja sejauh 1 – 2 kilometer bisa menjaga tubuh anda tetap fit dan sehat.

Berolahraga saat puasa

Berkebun

Apakah berkebun termasuk olahraga? Jika yang anda maksud olahraga itu adalah mengolah raga agar tetap sehat maka jawabannya iya. Kalau kita punya kebun, paling tidak di halaman rumah, mau tidak mau kita harus merawatnya. Proses merawat itu adalah olahraga. Setiap saat anda harus menyirami tanaman di kebun anda. Kalau mau menanam tanaman baru, mau tidak mau sedikit-sedikit anda harus mencangkul tanah. Kalau ada gulma mengganggu, misalnya rumput, anda juga perlu mencabutinya. Itu sudah termasuk berolahraga, setidaknya olahraga ringan di bulan puasa agar tubuh tetap fit dan sehat. Berkebun adalah alternatif yang menarik. Selain sehat, halaman rumah anda juga akan terlihat lebih indah.

Berolahraga saat puasa

Senam

Senam biasanya dilakukan oleh kaum wanita saja. Akan tetapi, pria juga bisa melakukannya. Banyak jenis senam yang bisa dilakukan. Misalnya saja jenis senam ‘SKJ’ yang CD-nya bisa anda dapatkan di berbagai toko online dan offline. Melakukan senam jelas lebih praktis karena anda bisa melakukannya di dalam rumah sendiri bersama keluarga. Jika kebetulan keluarga sedang berkumpul, lakukanlah senam di sore hari menjelang buka puasa. Tidak perlu memanggil instruktur, anda cukup memutar CD senam lalu ikuti gerakannya. Kerapian gerakan tidak menjadi soal yang penting tubuh anda bergerak agar kelenturan otot-otot tetap terjaga hal ini sudah merupakan bentuk kegiatan berolahraga saat puasa yang sudah pasti sangat ringan untuk anda.

Berolahraga saat puasa

Treadmill

Jenis olahraga lain untuk menjaga kebugaran saat berpuasa adalah treadmill. Kalau anda malas untuk keluar rumah karena suatu hal, anda bisa tetap berolahraga di rumah dengan menggunakan treadmill. Itu sama saja dengan anda ber-jogging keliling komplek atau stadion. Aturlah kecepatan treadmill yang tidak terlalu cepat agar energi anda juga tidak terkuras habis. Sebaiknya lakukan olahraga ini dirumah saat menjelang maghrib, 30 – 45 menit.

Berolahraga saat puasa

Fitnes

Olahraga ringan lain yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah fitness atau bahasa kerennya nge-gym. Bagi anda yang sudah biasa melakukannya tentu itu tidak terlalu berat. Tapi alangkah baiknya kalau berpuasa kurangi porsi latihan nge-gym anda. Saat puasa tentu anda tidak punya energi sebesar hari-hari biasa. Misalnya, jika anda biasa mengangkat beban 20 kilo, kurangilah menjadi 10 sampai 15 saja. Bagi anda yang belum pernah fitness, mulailah dengan mengangkat beban yang ringan. Tidak perlu bernafsu untuk membentuk badan terlebih dahulu. Saat berpuasa yang penting badan tetap bugar. Dengan itu puasa lancar dan anda tidak mudah sakit.

Berolahraga saat puasa

Futsal

Mungkin agak aneh dan terlihat sangat ekstrim main futsal saat berpuasa. Apakah bisa? Jawabannya bisa tergantung dari masing-masing orang. Setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Futsal sebaiknya dilakukan di sore hari, 1 jam menjelang berbuka atau malam hari setelah sholat tarawih. Itu adalah waktu yang pas untuk bermain futsal. Tetapi harus ingat, harus membatasi waktu bermain tidak terlalu ‘ngotot’. Sebaiknya saat sore hari main satu jam saja. Sementara untuk malam hari jangan lebih dari 2 jam. Disarankan juga untuk bermain rame-rame. Minimal untuk satu tim berisi 10 orang agar bisa bermain bergantian.

Berolahraga saat puasa

Baca Juga: Tips Khusus Biar Bisa Tetap Olahraga di Kala Puasa

Berolahraga saat puasa justru dapat membuat anda semakin sehat. Dengan demikian puasa anda semakin terjaga karena tubuh anda tidak dibiasakan untuk bermanja-manja. Namun tentu saja porsi olahraga anda tidak bisa disamakan ketika anda sedang tidak berpuasa. Oleh karenanya, biasakanlah berolahraga ringan yang rutin untuk membuat anda selalu sehat dalam menjalankan puasa di bulan suci ini.

Comments

comments