Tak bisa dipungkiri lagi bahwa produk impor masih mendominasi pasar dalam negeri, dalam hal ini khususnya fashion, baik itu fashion pria maupun fashion wanita. Hal ini menunjukan rasa tidak percaya masyarakat kita terhadap produk dan brand lokal. Padahal secara kualitas, jika dibandingkan dengan produk impor, produk lokal kita belum tentu lebih jelek. Mungkin faktor prestige masih menjadi alasan utama kenapa masyarakat kita hari ini masih menyukai produk impor dari pada yang lokal.

Perlu diketahui, untuk urusan fashion, produk kita juga tak kalah kualitasnya dengan produk impor. Selain itu, harganya pun jauh lebih murah. Sekadar untuk menambah referensi untuk anda, berikut ini produk fashion lokal terbaik yang tak kalah dengan kualitas produk impor.

1. League – Sepatu Lari

Buat anda yang hobi olahraga, terutama lari, sepatu tentunya menjadi perlengkapan yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan sekarang ini, sepatu lari tidak hanya digunakan untuk perlengkapan olahraga, tetapi juga perlengkapan fashion sehari-hari. Produk sepatu lari lokal yang tak kalah kualitasnya dari produk luar adalah League. Merk sepatu yang juga mensponsori beberapa klub sepakbola di Indonesia ini memiliki desain yang bagus dan kualitas terjamin. Tersedia pula untuk model pria dan wanita. Dibandingkan dengan produk impor, semisal Nike dan Adidas, sepatu League tak kalah dari segi kualitas. Bahkan harganya jauh lebih murah dari kedua merk impor tersebut.

BzZgO7hCUAEZk9n
League – Sepatu Lari

2. EIGER – Perlengkapan Outdoor

Bagi kamu pecinta alam yang suka berpetualang, pasti sudah tak asing lagi dengan brand yang satu ini. Siapa sangka kalau Eiger adalah brand lokal tepatnya di bawah naungan PT. Eigerindo Multi Produk Industri. Eiger memproduksi beberapa perlengkapan outdoor seperti jaket, sandal, tas ransel, dll. Sekadar informasi saja, nama Eiger diambil dari sebuah gunung di Bernese Alps, Swiss. Sampai saat ini Eiger adalah brand perlengkapan outdoor paling sering dipakai di Indonesia.

eiger-adventure-indonesia-online-bisa-anda-dapatkan-e1327329333286
EIGER – perlengkapan Outdoor

3. Giant Flames – Sepatu Kulit

Produk sepatu kulit dari Indonesia memang terkenal akan kualitasnya yang bagus. Kebanyakan sepatu kulit lokal masih asli buatan tangan alias handmade sehingga detail dan kerapiannya masih terjaga. Salah satu brand yang berkualitas adalah Giant Flames. Brand ini meliputi sepatu kulit untuk pria dan wanita. Harganya tidak mahal namun kualitasnya tinggi. Berbagai tipe sepatu dari casual sampai formal pun tersedia atas brand ini. Tak salah jika Giant Flames adalah produk fashion lokal yang mempunyai kualitas internasional.

giant-flames-shoes-original-handmade-from-bandung_f-113689-184619
Giant Flames – Sepatu Kulit

4. Iwearzule – Celana Pria dan Wanita

Jika anda sedang mencari celana pria maupun wanita buatan lokal dengan kualitas tak kalah dengan produk impor, celana dari Iwearzule bisa jadi pilihan anda. Brand ini memproduksi berbagai jenis dan gaya celana yang up to date, baik celana pendek dan celana panjang. Bahan yang digunakan pun beragam, seperti jeans dan kain. Harga celana Iwearzule tentunya jauh lebih murah dari celana buatan impor.

x7r6USSW
Iwearzule – Celana Pria dan Wanita

5. Damn! I Love Indonesia – DILI

Produk fashion lokal terbaik yang terakhir adalah DILI (damn! I love Indonesia). Brand ini memproduksi berbagai macam perlengkapan fashion mulai dari kaos, kemeja, jaket, sweater, hingga topi. Kualitas produk memang sangat bagus dan tidak diragukan lagi. Model dan desain dari produk DILI ini juga sangat up to date, menurut tren fashion yang sedang hits. Harganya jika dibandingkan dengan produk impor tentunya lebih murah karena produk lokal tidak kena pajak bea masuk dan lain-lain.

054152600_1432027162-Daniel_Mananta-9
Damn! I Love Indonesia – DILI

Sebagai warga negara Indonesia kita patut berbangga karena berbagai produk Indonesia yang sudah bisa dikatakan setara dengan kualitas produk impor buatan luar negeri. Daripada membeli produk impor, lebih baik kita melestarikan produk dalam negeri dengan membeli produk-produk buatan Indonesia.

Comments

comments