Berbagai Cara Untuk Merubah Pengunjung Menjadi Pembeli | PriceArea.com
Home > Berita & Ulasan > Berbagai Cara Untuk Merubah Pengunjung Menjadi Pembeli

Berbagai Cara Untuk Merubah Pengunjung Menjadi Pembeli

Dalam dunia penjualan dengan sistim brick and mortar atau berupa toko fisik, hal utama yang perlu dilakukan adalah menarik pengunjung untuk datang ke toko kita untuk melihat barang yang kita jual dan kemudian setelah melihat-lihat dan memegang barang tersebut, si pengunjung akan berubah menjadi pembeli, makin banyak pengunjung makin besar kemungkinan terjadinya penjualan. Dalam bisnis online/e-commerce ada kesamaan dan ada juga perbedaannya.

Banyaknya pengunjung yang berupa banyaknya jumlah likes di fanpage dan besarnya kunjungan ke website tersebut bukan menjadi tolak ukur bahwa penjualan akan meningkat dan bisnis online kita akan berekembang baik, karena tidak sedikit pengunjung yang hanya sekedar window-shopping di toko online anda dan seringkali pengunjung akan segera keluar dari toko online anda karena merasa tidak nyaman untuk dikunjungi salah satunya karena tidak mendapat informasi produk yang baik. Oleh karena itu ada hal-hal lain yang sangat penting dibandingkan hanya menaikan jumlah pengunjung di toko onlineanda, yaitu bagaimana caranya mengkonversipengunjung menjadi pembeli, dan Informasi atau taktik apa saja yang perlu dilakukan untuk menaikan konversi rate pengunjung dan penjualan di toko online anda dan bahkan membuat pembeli menjadi loyal. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan:

Belanja Nyaman Tanpa Keraguan

Belanja Nyaman Tanpa Keraguan

  • Informasikan produk sedetil-detilnya dan keuntungan yang didapat oleh pembeli. Poin terpenting dari pemasaran adalah bagaimana Anda meyakinkan calon pembeli bahwa apa yang Anda tawarkan akan menguntungkan mereka. Jika calon pembeli  tidak dapat melihat bagaimana produk tersebut akan memberikan mereka keuntungan, mereka tidak akan membelinya. Dengan kata lain, Anda harus pandai memilah apa yang diinginkan calon pembeli sehingga ia merasa sebagai pihak yang diuntungkan.
  • Ciptakan kondisi urgensi. Anda harus mampu menggiring buyer agar melakukan pembelian saat ini juga, misalnya dengan menetapkan jangka waktu promosi sebuah produk. Buatlah kesan seolah-olah buyer akan dirugikan jika tidak membeli saat ini juga. Kebanyakan buyer tidak membeli produk karena mereka tidak memiliki alasan mengapa harus memilikinya saat ini. Mereka berpikir bahwa mereka bisa membelinya kapan saja di kemudian hari. Untuk itu, Anda harus “menciptakan” alasan mengapabuyer harus membeli saat ini juga, misalnya dengan melakukan penawaran bonus atau potongan harga yang akan didapat buyer jika membeli saat itu. Jika membeli di hari lain, bonus atau potongan harga tersebut tidak akan berlaku lagi.
  • Tawarkan promosi dan berikan merchandise.  Selain bertanya via telepon, ada juga buyer yang mengunjungi toko offline untuk memperoleh info produk yang mereka lihat di toko online. Menghadapi buyer semacam ini, Anda perlu membuat pengalaman buyer berkunjung ke toko offline menjadi berkesan. Meskipun tidak sampai membeli, Anda bisa memberikan merchandise atau suvenir kecil karena buyer telah datang ke toko offline. Souvenir ini tidak harus berwujud barang mahal. Pengunjung tidak akan menilai seberapa mahal suvenir yang Anda berikan. Poin pentingnya adalah betapa Anda menghargai kunjungan buyer ke toko offline Anda, meskipun pada akhirnya ia tidak membeli. Bukannya tidak mungkin pengalaman menyenangkan yang didapat pengunjung  ini akan membuatnya benar-benar melakukan pembelian di kemudian hari. Selain itu pula jangan lupa untuk memberikan promosi dalam bentuk kupon diskon pembelanjaan dikemudian hari, katakan juga bahwa promosi tersebut berlaku dalam jangka waktu tertentu.
  • Sediakan pilihan pembayaran sebanyak mungkin. Dalam hal ini opsi pembayaran menjadi cukup vital perannya, karena merupakan tahap akhir dari sebuah transaksi pembelian. Kesulitan dalam pembayaran akan membuat calon pelanggan anda berpikir kembali untuk menyelesaikan transaksinya. Dan bila dirasanya terlalu sulit atau merepotkan bukan tidak mungkin akan berujung pada pembatalan transaksi (tidak jadi membeli), oleh karena itu kita selaku penjual atau penyedia barang, wajib memberikan opsi pembayaran sebanyak mungkin untuk mempermudah pelanggan kita dalam melakukan pembelian di webstore kita. Hal ini tentunya akan berguna sekali untuk memperkecil tingkat kegagalan transaksi yang dikarenakan kesulitan dalam melakukan pembayaran.
  • Tawarkan jaminan keamanan bertransaksi. Dalam bisnis online, keamanan merupakan satu faktor penting yang sangat diperhatikan oleh para calon pembeli, hal ini dikarenakan banyak sekali terjadi penipuan dalam transaksi online. Untuk itu kita yang mempunya toko online, harus bisa meyakinkan para calon pembeli bahwa berbelanja/bertransaksi di toko online kita aman 100% . Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen untuk berbelanja di toko online kita adalah dengan meyediakan fasilitas pembayaran via escrow atau mungkin lebih dikenal dengan sebutan sebagai rekber (rekening bersama) . Salah satu perusahaan yg bergerak dibidang ini adalah Inapay.com yang merupakan produk dari PT. Indonesia Payment Solution.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menarik pengunjung dan mengubahnya menjadi pembeli, bisa juga dipadukan dengan strategi2 yang selama ini sudah dijalankan. Semoga bermanfaat bagi kalian-kalian yang berkecimpung di bidang ini.

Comments

comments

Read previous post:
8 Trik Headphone iPhone yang Jarang Diketahui

Saking canggihnya perangkat iPhone, ada banyak sekali trik-trik yang masih tersembunyi. Padahal sayang rasanya kalau pengguna tidak menggunakan secara maksimal...

Close